Ruangan luas dapat dicapai dengan beragam cara, salah satunya dengan menciptakan ilusi visual. Cermin banyak digunakan untuk menciptakan ilusi tersebut pada ruangan berukuran terbatas, memberikan nuansa lega dan lapang pada ruangan yang tadinya sumpek. Apabila Anda mendambakan kesan ruang yang lebih luas, terapkan beberapa tips & trik berikut ini:

Penggunaan Dinding Full Cermin

Cermin dengan lebar dan menjulang dari lantai hingga langit-langit menciptakan proporsi sempurna yang mengarahkan pandangan orang pada kemegahannya. Ruang tamu adalah salah satu lokasi ideal untuk menghadirkan cermin karena biasanya ruangan ini cenderung memiliki ukuran minimal. Selain itu, tentunya juga bermanfaat untuk mengecek penampilan Anda sebelum meninggalkan rumah.

Kaca untuk Memperluas Ruangan

Foto: Verde ©A+A Architecture Interior

Kaca untuk Memperluas Ruangan 1

Foto:press-my-cards

Dinding cermin juga dapat diterapkan pada kamar tidur untuk menciptakan kesan luas, terutama pada kamar tidur apartemen dengan luasan terbatas.

Kaca untuk Memperluas Ruangan 2

Foto: Scandinavian Apartment ©2-Quadran Studio

Menjadi bagian dari Panel Lemari

Lemari baju yang besar tersembunyi di belakang panel-panel cermin ini. Di samping fungsional untuk melihat tampilan Anda setelah berpakaian, cermin pada pintu lemari baju juga menambah kesan  luas pada kamar tidur secara signifikan. Selain itu, cermin juga merefleksikan cahaya dari luar jendela dengan sangat baik membuat kamar tidur menjadi lebih terang.

Kaca untuk Memperluas Ruangan 3

Foto: keystonehomeproduct

Kaca untuk Memperluas Ruangan 4

Foto: interiorfans

Artikel lainnya: 6 Langkah Mengatur Layout Ruang

Cermin sebagai dinding Backsplash Dapur

Peletakaan cermin pada tempat-tempat yang tidak biasa dapat membuat area tersebut lebih menarik. Cerahkan dapur Anda yang gelap dengan pengunaan dinding backsplash cermin. Pantulannya dapat memastikan pencahayaan yang cukup untuk mempersiapkan masakan atau mencuci perlengkapan dapur Anda. Pastikan Anda senantiasa membersihkan area ini agar tidak mudah kotor dan kusam.

Kaca untuk Memperluas Ruangan 5

Foto: squarespace

Kaca untuk Memperluas Ruangan 6

Foto: decophotoblog

Susunan Cermin Dekoratif pada Dinding

Sebagai desain elemen, instalasi beberapa cermin secara rapi dan terorganisir di dinding dapat menciptakan efek modern minimalis. Kuncinya ada pada susunan dan penggunaan tipe, ukuran, serta warna kaca untuk menghindari disorientasi.

Kaca untuk Memperluas Ruangan 7

Foto: savvyhomeblog

Kaca untuk Memperluas Ruangan 8

Foto: realsimple

Menciptakan Kesan Jendela

Bentuklah cermin menyerupai jendela Anda, tempatkan secara berseberangan sehingga dapat meniru fitur-fitur pada jendela Anda dengan pantulannya. Tambahan pula bingkai kayu pada cermin untuk melengkapi tampilan tiruan jendela asli. Keberadaan jendela palsu seolah menambah bukaan pada tembok solid di belakangnya.

Kaca untuk Memperluas Ruangan 9

Foto: centsationgirl

Kaca untuk Memperluas Ruangan 10

Foto: wellstyledhome

Foto sampul: Case Grande ©SVE Interior

Artikel lainnya: Rumah Torrina – Representasi Gaya Hidup Urban

Pastikan untuk berkonsultasi dengan Desainer Interior Anda untuk penggunaan cermin yang maksimal. Temukan ribuan inspirasi desain lainnya di bluprin.com. Anda dapat juga menghubungi kami untuk konsultasi gratis dan dapatkan rekomendasi desainer interior sesuai  lokasi dan kebutuhan Anda.

 

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista