Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Sebagian orang mengeluh kalau dapurnya terlalu kecil dan tidak muat untuk menyimpan segudang alat masak. Belum lagi barang-barang yang tidak tertata dengan baik.

Dapur yang berantakan tentu tidak akan menyenangkan dan hanya membuat tidak nyaman. Lebih dari itu, dapur yang tidak rapi dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Lebih baik kurangi kondisi dapur yang tidak rapi tersebut dengan meyiapkan berbagai tempat dan ide penyimpanan yang mudah dijangkau sehingga memudahkan aktivitas di dapur. Apa saja yang bisa dilakukan? Ini dia 5 ide penyimpanan benda-benda di dapur agar tertata rapi!

Buat Rak Khusus untuk Appliances

Kelompokkan benda-benda sejenis dalam satu rak sehingga Anda tidak akan kesulitan saat akan menggunakannya sekaligus mempermudah untuk meletakkannya kembali. Kelompokkan semua bumbu pada satu tempat dan peralatan penunjang masak, seperti panci, wajan, dan blender juga pada satu tempat.

desain dapur dan ruang makan minimalis

Foto: marthastewart

desain dapur dan ruang makan minimalis 2

Foto: designbrainy

desain dapur dan ruang makan minimalis 3

Foto: marthastewart

Beri Sekat pada Laci

Meletakkan semua peralatan dapur dalam satu tempat hanya akan membuat Anda kesulitan saat mencari atau akan memakainya. Karena itu, beri sekat pada laci sehingga semua peralatan dapur dan memasak dapat dipisahkan.

desain dapur dan ruang makan minimalis 4

Foto: kevinandamanda

desain dapur dan ruang makan minimalis 5

Foto: flymaxfilms

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Camping Pemanis Rumah

Gantung Saja di Dinding!

Menggantung panci, wajan, dan semua peralatan pada dinding tidak hanya memudahkan aktivitas memasak, tetapi juga dapat membuat dapur mungil terasa lebih luas serta menghemat tempat untuk menyimpan.

desain dapur dan ruang makan minimalis 6

Foto: goodhousekeeping

desain dapur dan ruang makan minimalis 7

Foto: s-media-cache-ak0

Memiliki sebuah area khusus untuk menggantung benda pasti dapat lebih memudahkan. Namun, jika di dinding terlalu sulit atau Anda tidak ingin dinding rumah rusak, siapkan sebuah papan yang dapat Anda gunakan sebagai area untung menggantung. Selain lebih rapi, tampilan dapur dapat lebih menarik.

desain dapur dan ruang makan minimalis 8

Foto: pics.design

desain dapur dan ruang makan minimalis 9

Foto: homedit

Manfaatkan Kaleng Bekas

Sendok, garpu, atau peralatan memasak lainnya juga dapat dikelompokkan saat disimpan. Agar lebih mudah, letakkan peralatan tersebut dalam satu tempat, seperti kaleng bekas atau gelas. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan saat mengambilnya.

desain dapur dan ruang makan minimalis 10

Foto: kevinandamanda

desain dapur dan ruang makan minimalis 11

Foto: s-media-cache-ak0

Tata Rapi di Ambalan

Bumbu dan bahan masakan yang bisa disimpan dalam toples pun perlu dirapikan penempatannya. Anda dapat menyiapkan rak ambalan di dinding lalu susun semua toples di sana. Selain lebih mudah untuk diambil, memajang toples tersebut dapat menjadi aksen tersendiri dalam dapur.

desain dapur dan ruang makan minimalis 12

Foto: vignaiolidilanga

Artikel lainnya: Ide Penyimpanan Kamar Mandi Mini

 

You May Also Like

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Banyak orang menginginkan rumahnya didekorasi dengan kolam. Ada yang menempatkan kolam untuk mendapatkan fengsui yang baik. Ada juga yang merancang kolam untuk alasan kesehatan karena air membawa suasana relaks dan juga menjaga temperatur ruangan untuk tetap sejuk.Umumnya, orang-orang berpikir elemen air hanya ditempatkan dalam bentuk kolam di teras atau halaman rumah. Berikut ini adalah beberapa variasi menarik penempatan kolam bagi rumah Anda.

7 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista