Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Sebagian orang mengeluh kalau dapurnya terlalu kecil dan tidak muat untuk menyimpan segudang alat masak. Belum lagi barang-barang yang tidak tertata dengan baik.

Dapur yang berantakan tentu tidak akan menyenangkan dan hanya membuat tidak nyaman. Lebih dari itu, dapur yang tidak rapi dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Lebih baik kurangi kondisi dapur yang tidak rapi tersebut dengan meyiapkan berbagai tempat dan ide penyimpanan yang mudah dijangkau sehingga memudahkan aktivitas di dapur. Apa saja yang bisa dilakukan? Ini dia 5 ide penyimpanan benda-benda di dapur agar tertata rapi!

Buat Rak Khusus untuk Appliances

Kelompokkan benda-benda sejenis dalam satu rak sehingga Anda tidak akan kesulitan saat akan menggunakannya sekaligus mempermudah untuk meletakkannya kembali. Kelompokkan semua bumbu pada satu tempat dan peralatan penunjang masak, seperti panci, wajan, dan blender juga pada satu tempat.

desain dapur dan ruang makan minimalis

Foto: marthastewart

desain dapur dan ruang makan minimalis 2

Foto: designbrainy

desain dapur dan ruang makan minimalis 3

Foto: marthastewart

Beri Sekat pada Laci

Meletakkan semua peralatan dapur dalam satu tempat hanya akan membuat Anda kesulitan saat mencari atau akan memakainya. Karena itu, beri sekat pada laci sehingga semua peralatan dapur dan memasak dapat dipisahkan.

desain dapur dan ruang makan minimalis 4

Foto: kevinandamanda

desain dapur dan ruang makan minimalis 5

Foto: flymaxfilms

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Camping Pemanis Rumah

Gantung Saja di Dinding!

Menggantung panci, wajan, dan semua peralatan pada dinding tidak hanya memudahkan aktivitas memasak, tetapi juga dapat membuat dapur mungil terasa lebih luas serta menghemat tempat untuk menyimpan.

desain dapur dan ruang makan minimalis 6

Foto: goodhousekeeping

desain dapur dan ruang makan minimalis 7

Foto: s-media-cache-ak0

Memiliki sebuah area khusus untuk menggantung benda pasti dapat lebih memudahkan. Namun, jika di dinding terlalu sulit atau Anda tidak ingin dinding rumah rusak, siapkan sebuah papan yang dapat Anda gunakan sebagai area untung menggantung. Selain lebih rapi, tampilan dapur dapat lebih menarik.

desain dapur dan ruang makan minimalis 8

Foto: pics.design

desain dapur dan ruang makan minimalis 9

Foto: homedit

Manfaatkan Kaleng Bekas

Sendok, garpu, atau peralatan memasak lainnya juga dapat dikelompokkan saat disimpan. Agar lebih mudah, letakkan peralatan tersebut dalam satu tempat, seperti kaleng bekas atau gelas. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan saat mengambilnya.

desain dapur dan ruang makan minimalis 10

Foto: kevinandamanda

desain dapur dan ruang makan minimalis 11

Foto: s-media-cache-ak0

Tata Rapi di Ambalan

Bumbu dan bahan masakan yang bisa disimpan dalam toples pun perlu dirapikan penempatannya. Anda dapat menyiapkan rak ambalan di dinding lalu susun semua toples di sana. Selain lebih mudah untuk diambil, memajang toples tersebut dapat menjadi aksen tersendiri dalam dapur.

desain dapur dan ruang makan minimalis 12

Foto: vignaiolidilanga

Artikel lainnya: Ide Penyimpanan Kamar Mandi Mini

 

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin