Bagi arsitek yang sedang merintis biro arsitekturnya sendiri, membentuk brand dalam biro arsitekturnya menjadi pekerjaan yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena brand dapat menunjukkan siapa Anda, apa visi Anda dalam mengembangkan praktek arsitektur dalam biro, dan bagaimana biro Anda akan dikenal. Berbeda dengan marketing yang strateginya dapat berubah sewaktu-waku sesuai kebutuhan, brand merupakan dasar yang mendefinisikan biro Anda sejak awal dibangun. Berbagai biro arsitektur terkemuka, contohnya LABO, telah membuktikan bagaimana membentuk identitas biro arsitektur sangat penting dalam membangun biro arsitektur yang sukses. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh arsitek dalam membentuk brand identity dari biro arsitektur yang dimilikinya.

1.     Nama

Salah satu keputusan pertama dan paling penting dalam merintis biro arsitektur Anda sendiri adalah menentukan bagaimana publik akan menyebut biro arsitektur Anda. Banyak biro arsitektur dinamakan sesuai dengan nama arsitek prinsipal. Banyak juga biro arsitektur yang memilih menciptakan nama baru yang mudah diingat, misalnya dengan menggunakan singkatan atau kata yang unik.  

Deddy Wahjudi, arsitek prinsipal LABO, pernah menceritakan bagaimana ia menentukan nama biro arsitekturnya dalam acara ARCHINESIA Academy yang digelar di Surabaya, 6 April 2017. Menurut beliau, nama LABO diambil karena maknanya sebagai laboratorium, sesuai dengan visi awal pendirian biro arsitektur ini untuk mengkorelasikan karya arsitektur dan riset. Kata-kata ‘labo’ juga sering digunakan di biro arsitektur Jepang, sehingga cocok dengan keinginan prinsipal LABO yang ingin membawa unsur Jepang dalam praktek arsitekturnya.

Nama dapat secara langsung mempengaruhi persepsi calon klien terhadap suatu biro arsitektur bahkan sebelum ia melihat karya biro tersebut. Oleh karena itu, nama yang dipilih untuk suatu biro arsitektur harus orisinal, mudah diucapkan, mudah diingat, dan merepresentasikan karakter biro arsitektur tersebut.

2.     Logo

Logo merupakan suatu bagian yang sangat lekat dengan pembentukan identitas sebuah perusahaan. Sebagai arsitek, Anda tentu menyadari peran logo sebagai representasi karakter dari suatu biro arsitektur. Kekuatan logo sangat dipengaruhi pemilihan bentuk, geometri, warna, dan jenis tulisan. Logo harus dirancang sehingga pesan mengenai citra biro arsitektur yang ingin disampaikan biro arsitektur kepada klien dapat tersampaikan.

Logo merupakan salah satu unsur penting untuk branding biro arsitektur

Foto: Logo merupakan salah satu unsur penting untuk branding biro arsitektur. ©rawpixel

Disamping mengandalkan kemampuan pribadi arsitek dalam mendesain, kolaborasi pembuatan logo dengan desainer grafis perlu dipertimbangkan. Kolaborasi dengan desainer grafis dalam pembuatan logo dan promotional tools lainnya, seperti kartu nama, dapat membantu seorang arsitek untuk mempertegas citra biro arsitektur kepada klien. Logo dengan proses studi yang lebih mendalam dan proses perancangan yang seksama akan bertahan lama dan memberikan identitas yang lebih kuat dalam membentuk brand identity suatu biro arsitektur.

3.     Keunikan

Identitas dapat dibentuk dengan mengekspos keunikan yang ada dalam suatu biro arsitektur. Keunikan yang dengan mudah dapat membedakan suatu biro arsitektur dengan biro arsitektur lainnya adalah keunikan yang berasal dari orang-orang yang bekerja dalam biro tersebut. Menggunakan latar belakang atau karakter khas dari orang-orang yang bekerja dalam biro dapat menunjukkan bagaimana pola pikir, integritas, dan cara kerja suatu biro arsitektur.

Ada berbagai pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengangkat suatu karakter sebagai brand identity biro arsitektur. Kita dapat menemukan banyak biro yang menjadi besar dengan membawa nama prinsipalnya sebagai persona yang menjadi perwakilan karakter biro secara keseluruhan. Ada juga biro-biro yang menunjukkan eksitensi dalam bentuk tim. Biasanya biro yang melakukan pendekatan ini adalah biro yang dibentuk dari kerja sama lebih dari satu arsitek prinsipal. 

4.     Karakter desain

Berbagai hal dapat membentuk identitas biro arsitektur, namun karakter desain menjadi salah satu aspek yang dapat dengan jelas membedakan berbagai biro arsitektur yang berdiri saat ini. Letak geografis biro beroperasi dan pedekatan perancangan dapat menjadi aspek yang membedakan karakter desain biro arsitektur Anda dengan pesaing lainnya.

Beberapa biro arsitektur menjadikan arsitektur tropis sebagai pendekatan khas yang dilakukan dalam praktek arsitekturnya. Biro Arsitektur Das Quadrat di Surabaya adalah salah satu biro yang memilih pendekatan modern tropis dan modern minimalis  dalam perancangan proyek yang dikerjakan. Desain yang compact atau mengacu kepada prinsip-prinsip desain tertentu juga dapat menjadi karakter desain yang menarik untuk membentuk identitas biro arsitektur Anda.

Arsitek ternama seperti Frank Gehry memiliki karakter desain yang dikenal semua orang

Foto: Arsitek ternama seperti Frank Gehry memiliki karakter desain yang dikenal semua orang. ©Anthony Menecola, unsplash

5.     Tipologi dan skala proyek

Mengarahkan fokus biro arsitektur pada proyek-proyek dengan tipologi tertentu dapat menjadi salah satu cara membentuk brand identity. Proyek khusus seperti konservasi, rumah sakit, atau urban design sering menjadi pilihan proyek yang dijadikan spesialisasi suatu biro arsitektur. Proyek-proyek ini biasanya memiliki kriteria dan syarat khusus yang memerlukan pemahaman lebih serta belum banyak dikerjakan oleh biro lainnya. Spesialisasi terhadap proyek-proyek berskala lebih kecil, contohnya rumah tinggal, juga dapat menjadi ruang eksplorasi suatu biro arsitektur untuk membentuk brand identity yang kuat.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam membentuk brand identity suatu biro arsitektur. Seiring dengan berjalannya waktu, identitas biro akan menjadi lebih kuat. Tentunya, dengan memberikan identitas khusus pada awal sebuah biro arsitektur dirintis akan sangat membantu proses perkembangan biro arsitektur tersebut.

Penulis: Catharina Kartika Utami

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

17 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Alasan Anda Memilih Menjadi Seorang Arsitek

Memilih untuk berkarir dalam dunia arsitektur merupakan keputusan bagi sebagian orang yang memang mendambakannya. Tentunya dibalik keputusan itu, pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendasari hingga seseorang benar-benar ingin berkecimpung di dalam dunia arsitektur—sebuah bidang yang dikenal akan memakan banyak jam tidur untuk menyelesaikan berbagai macam gambar atau maket. Buku Architect: A Candid Guide to the Profession karya Roger K. Lewis memuat beberapa alasan-alasan yang banyak membuat orang tertarik untuk mendalami profesi ini.

3 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Event Highlights - IYA Exhibition 2017 - 1 Are House

Pada tanggal 28 Oktober lalu, pameran Rumah 1 Are oleh Indonesian Young Architect dibuka. Berlokasi di Uma Seminyak Bali, pameran konsep arsitektur oleh 40 tim arsitek ini bertujuan untuk memberi pemahaman bahwa lahan yang terbatas pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi dan skenario. Pameran Rumah 1 Are akan berlangsung sampai pada tanggal 12 November 2017. Rangkaian kegiatan seperti Architalks, project visit, dan presentasi karya juga akan terus diadakan di setiap akhir minggu sampai pameran ini berakhir.

31 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

4 Tips Memaksimalkan Komunikasi Dalam Proyek Arsitektur

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi yang berlangsung secara dua arah. Prinsip umum komunikasi yaitu bagaimana menyampaikan pesan agar dapat diterima tanpa ada salah paham di antara kedua belah pihak yang terlibat. Jika terjadi kesalahpahaman, maka dapat dipastikan bahwa ada yang salah dengan proses komunikasi yang berlangsung. Komunikasi menjadi suatu hal vital dalam sebuah proyek yang ditangani oleh arsitek. Sebagai seorang konseptor, arsitek harus mampu mengomunikasikan gagasan desainnya dengan baik tanpa terjadi salah paham dengan pihak stakeholder seperti klien, kontraktor, atau tukang. Dengan begitu, desain yang nantinya terbangun akan sesuai dengan konsep awal arsitek.

30 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio