Foto: Simprug Residence ©Helloembryo

Hunian cantik menjadi impian banyak pemilik rumah. Sebab itulah mereka gencar berselancar di internet dan mengulik berbagai media cetak untuk mencari inspirasi desain interior. Jika dirasa sudah menemukan satu inspirasi yang pas di hati, para pemilik rumah cenderung langsung menerapkannya. Bahkan, bila ada furnitur yang dirasa kurang pas, tidak sedikit yang rela untuk membeli baru agar tampilan rumah lebih indah.

Namun, banyak pula penerapan yang berakhir tidak sesuai harapan. Apakah Anda juga pernah mengalami pengalaman tersebut? Jika ya, mari cek 7 kesalahan yang biasa terjadi ketika mendekorasi rumah berserta penyelesaiannya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

1. Hunian Serba Gelap

Pajangan menjadi terlihat di tengah background yang berwarna hitam dengan adanya lampu sorot yang dipasang di atasnya.

Foto: Pajangan menjadi terlihat di tengah background yang berwarna hitam dengan adanya lampu sorot yang dipasang di atasnya. Puri Indah ©Dlux Interior

Rumah dengan dominan warna monokrom memang masih booming. Namun, jika Anda hanya sekadar menerapkan warna hitam di salah satu sudut rumah tanpa memikirkan aspek lainnya, hunian Anda malah tampak kelam. Anda dapat menambahkan permainan cahaya dengan memasang lampu sorot untuk memperkuat suasana rumah Anda.

2. Tak Ada Fokus

Penataan yang pas membuat sudut baca ini tampil cantik

Foto: Penataan yang pas membuat sudut baca ini tampil cantik. Rumah Torrina ©studio by TITE HOME

Banyak sekali media yang membahas tentang rak terbuka yang bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus memajang. Anda pun tergiur juga menggunakan furnitur tersebut untuk menampilkan beragam koleksi pribadi Anda. Namun, perlu diingat agar pajangan tidak ditampilkan tanpa pengaturan. Anda perlu memilah untuk menciptakan satu tema. Misalnya, Anda dapat menyusun rak yang satu untuk buku-buku koleksi dan yang lain untuk pajangan.

3. Ruang Keluarga yang Tak Bersahabat

Beragam jenis kursi bisa ditampilkan untuk meningkatkan kenyamanan masing-masing pemilik rumah

Foto: Beragam jenis kursi bisa ditampilkan untuk meningkatkan kenyamanan masing-masing pemilik rumah. Interior Pomentia Residence ©Ranah Project

Setiap pemilik rumah ingin agar para tamu terkesima dengan desain ruang dalam sehingga faktor kenyamanan sering dilupakan. Masalah ini biasanya terjadi pada posisi furnitur. Tempat duduk seharusnya diatur untuk mendorong interaksi sosial di dalam keluarga. Saat memutuskan posisi sofa, bayangkan bagaimana orang akan saling berkomunikasi satu sama lain. Untuk itu, posisi antar sofa sebaiknya terletak saling berdekatan.

4. Posisi Wall Decor yang Salah

Penerapan foto di ukuran yang tepat membuat lebih enak dipandang

Foto: Penerapan foto di ukuran yang tepat membuat lebih enak dipandang. San Juan Show Unit ©Centris Adhikarya

Lukisan, pajangan, dan foto merupakan objek yang paling sering diterapkan untuk mempercantik rumah. Pasalnya, objek tersebut mudah didapatkan dan mudah dipasang. Walaupun terkesan mudah, sebenarnya ada banyak kesalahan yang sering terjadi dari penerapan dekorasi dinding tersebut. Kesalahan umumnya adalah posisi menggantung yang terlalu tinggi. Jika ingin memajang secara horizontal, usahakan tingginya sejajar dengan rata-rata tinggi mata manusia  agar nyaman saat dipandang.  

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Cermin di Kamar Tidur

5. Tidak Memiliki Focal Point

Open storage ini menjadi focal point di dalam ruang keluarga ini. Setiap benda yang memiliki kenangan bisa dipajang di sini

Foto: Open storage ini menjadi focal point di dalam ruang keluarga ini. Setiap benda yang memiliki kenangan bisa dipajang di sini. Puri Indah Residence ©STUDIO PIU

Sebuah ruangan yang polos tanpa dekorasi atau terlalu banyak dekorasi membuat ruangan tersebut tidak memiliki fokus utama atau focal point. Focal point penting dihadirkan di rumah karena ini dapat menarik perhatian seseorang. Anda bisa memulainya dengan memutuskan fitur mana yang ingin dijadikan fokus, kemudian furnitur yang ada di sekitar dapat diatur untuk mengarahkan perhatian ke focal point tersebut.

6. Terlalu Banyak Bantal di Sofa

Hanya berjumlah dua di setiap sudut sofa membuat ruang keluarga ini terlihat pas dan tak berlebihan

Foto: Hanya berjumlah dua di setiap sudut sofa membuat ruang keluarga ini terlihat pas dan tak berlebihan. #414 Singapore ©Helloembryo

Aksesori pemanis berupa bantal di sofa dengan gambar dari cover-nya yang cantik memang sering dihadirkan untuk mempermanis hunian. Namun, Anda jangan tergiur dengan tampilannya yang cantik sampai lupa bahwa sudah terlalu banyak bantal di sofa. Batasi penempatan bantal, misalkan dua, di setiap ujung sofa agar terlihat harmonis.

7. Tak Bertema

Tak banyak aksesori, di atas meja bufet ini hanya terdapat pot tanaman untuk menambah kesan manis di ruangan ini

Foto: Tak banyak aksesori, di atas meja bufet ini hanya terdapat pot tanaman untuk menambah kesan manis di ruangan ini. Above ©SPASIUM

Menciptakan karakter hunian bisa dilakukan dengan memajang barang pajangan di atas meja bufet. Untuk mendekorasi meja bufet tentunya ada aturannya. Jangan memasukkan semua barang yang ingin dipajang karena dapat membuat meja terkesan padat dan tidak memiliki konsep. Sederhananya, pilih barang dekorasi dengan jumlah tone warna yang sedikit agar tidak terlihat berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Foyer Tampak Cantik

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Tren Warna: Warna Lembut dengan Aksen Kontras Mendominasi

Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, membuat orang cenderung lebih mudah merasa lelah, stres, dan capek. Saat pulang ke rumah, mereka butuh sesuatu yang membuat rileks dan nyaman sebagai penyeimbang dari padat dan beratnya aktivitas yang telah dijalani seharian. Salah satu yang dapat membuat seseorang nyaman tinggal di dalam rumah adalah pemilihan warna yang tepat.

7 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

7 Alasan Mengusung Interior Bergaya Skandinavia

Siapa yang tidak ingin huniannya tampil indah? Hunian yang baik secara visual tentunya dapat memberikan rasa betah kepada pemilik rumah. Ada banyak cara untuk mempercantik rumah, salah satunya dengan menerapkan gaya interior hunian. Dari tampilan “kasar” dengan gaya rustik, tampilan feminin dengan gaya shabby chic, sampai tampilan simpel namun tetap cantik dengan gaya Skandinavia, bila diterapkan dengan baik tentu akan memperindah interior rumah.

6 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Tren interior dan material selalu mengalami pergantian dari tahun ke tahun. Melihat tren interior tahun ini, pengolahan ruang dengan aksen tipografi dan pola-pola geometris tampak mendominasi beberapa area kafe dan hunian. Dari sisi gaya, Skandinavia amat berjaya di tahun 2017. Lantas, bagaimana tren interior tahun mendatang?

30 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin

4 Pilihan Material Meningkat Rumah

Ada berbagai macam material yang bisa Anda pilih untuk menambah lantai atau meningkat rumah. Material yang paling sering digunakan adalah dak beton. Material ini banyak digunakan karena kekuatannya. Tapi risikonya, pengerjaan dak beton membutuhkan area yang cukup luas untuk aktivitas pencampuran material dan akan membuat area rumah Anda kotor.

23 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin