Foto: ©publicdomainpictures

Bila pada artikel sebelumnya dibahas mengenai hal yang berhubungan dengan desain website biro arsitektur, artikel kali ini membahas mengenai konten dan informasi apa saja yang harus ada di website biro arsitektur Anda. Tidak hanya desain, konten dalam suatu website resmi biro arsitektur juga penting untuk diperhatikan. Selain mencerminkan kredibilitas biro arsitektur, konten dalam website biro Anda juga merupakan informasi esensial yang dicari oleh para calon klien di luar sana. Untuk itu, website Anda harus memuat konten-konten yang informatif. Percuma saja jika website yang sudah didesain dengan baik namun hanya menampilkan konten-konten yang kurang informatif.

Saat ini, banyak sekali ditemukan website biro arsitektur dengan konten yang kurang informatif. Misalnya hanya menampilkan foto-foto proyek tanpa penjelasan desain yang bermanfaat bagi orang awam. Dengan begitu, calon klien yang kebanyakan orang awam dalam dunia arsitektur akan lebih sulit untuk menangkap ide desain yang ingin Anda sampaikan. Hal-hal sederhana seperti ini harus Anda perhatikan dalam memuat konten pada website biro Anda. Berikut beberapa konten yang wajib ada dalam website biro arsitektur Anda:

1.     Cantumkan keterangan singkat mengenai biro arsitektur Anda

Masyarakat sebagai calon klien perlu mengetahui secara garis besar biro arsitektur Anda. Apakah biro anda merupakan biro yang condong kepada arsitektur berkelanjutan, biro yang khusus menggunakan material tertentu, fokus kepada desain rumah murah, atau justru merupakan spesialis rumah mewah? Dengan adanya informasi demikian, calon klien dapat mengetahui apakah arah desain sebuah biro sejalan dengan yang mereka cari atau tidak.

Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa website biro arsitektur Anda bukanlah blog pribadi. Untuk itu, hindarilah untuk membahas tentang diri Anda. Sedikit tentang biografi dan latar belakang Anda sebagai prinsipal boleh dicantumkan, asal jangan sampai mendominasi konten website.

2.     Cantumkan juga kontak dan alamat kantor yang jelas

Informasi dasar mengenai biro Anda yang tidak boleh ketinggalan untuk dicantumkan adalah kontak dan alamat kantor yang jelas. Kontak berupa nomor telepon dan alamat e-mail akan memudahkan calon klien untuk menghubungi biro arsitektur Anda lebih lanjut. Dengan mencantumkan alamat kantor biro arsitektur Anda, akan memudahkan calon klien yang ingin berkunjung. Alamat kantor yang terbukti tidak fiktif juga menjadi sebuah indikasi bahwa biro arsitektur Anda merupakan biro yang profesional, tidak abal-abal.

3.     Jangan lupakan info utama dari setiap proyek di website Anda

Beberapa website biro arsitek ternama terkadang lupa untuk mencantumkan info-info utama dari proyek yang bersangkutan. Info utama penting untuk diketahui oleh mereka yang mengakses website biro arsitektur. Beberapa hal yang harus dicantumkan misalnya nama proyek, lokasi, luas lahan, completion date, dan status proyek terbangun, sedang dibangun, atau berupa konsep. Selain info utama tersebut, cantumkan juga deskripsi singkat masing-masing proyek yang menceritakan latar belakang, ide dasar, dan hasil desain.


Foto: Website biro arsitektur Wahana Architects menampilkan informasi yang jelas di setiap proyek ©Wahana Architects

4.     Website dengan suatu added value akan lebih baik

Website biro arsitektur akan lebih baik jika berisi tidak sekedar gambar proyek, namun memiliki suatu added value berupa keunikan khusus atau karakter yang membedakannya dengan website lainnya. Added value bisa berupa karakteristik gambar seperti sketch drawing atau bisa juga berupa desain website yang unik dari segi pilihan warna, interface, dan navigasi website. Anda juga bisa menambahkan fitur interaktif pada website biro arsitektur Anda, seperti yang dilakukan oleh biro arsitektur milik Andy Rahman. Dalam website-nya, tersedia fitur live chat consultation. Hal ini tentu saja menjadi sangat menarik bila calon klien dapat berkomunikasi langsung dengan biro arsitektur pilihannya.

Baca: 5 Tips Untuk Desain Website Biro Arsitektur Yang Baik

5.     Hubungkan website dengan official account media sosial biro arsitektur Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini sebagian besar pengguna smartphone menghabiskan waktu lebih lama untuk mengakses sosial media daripada hal lain. Maka itu, website biro arsitektur Anda sebaiknya terhubung ke berbagai media sosial yang dimiliki biro arsitektur Anda. Dengan adanya media sosial yang terhubung, jumlah pengunjung website biro arsitektur Anda tentu akan meningkat. Hal ini dapat berguna sebagai strategi marketing dan promosi biro arsitektur Anda.

6.     Cantumkan juga prestasi-pretasi biro arsitektur Anda

Untuk meningkatkan impresi calon klien, Anda dapat mencantumkan berbagai prestasi yang pernah diraih oleh biro arsitektur Anda. Tidak hanya prestasi dalam hal sayembara arsitektur, Anda juga bisa mencantumkan berbagai prestasi-prestasi lainnya seperti proyek yang pernah mendapatkan penghargaan tertentu, proyek yang pernah masuk dalam publikasi arsitektur ternama, atau proyek yang pernah mengikuti pameran arsitektur tertentu. Dengan mengetahui sederet prestasi yang pernah diraih, tentunya klien dapat lebih menghargai biro arsitektur Anda.

7.     Selalu perbaharui konten-konten dari biro arsitektur Anda

Ini merupakan hal yang sering terlewat oleh banyak biro arsitektur dalam mengelola website. Website biro arsitektur dengan desain yang menarik dan konten yang informatif tentunya tidak efektif jika jarang di-update. Memperbaharui konten sesering mungkin berguna agar para pengunjung website bisa mengetahui perkembangan biro arsitektur Anda.

Tidak melulu tentang desain sebuah website, ternyata konten website juga harus benar-benar Anda perhatikan. Terlepas dari desainnya, konten tersebut merupakan inti sari yang esensial dari informasi yang ingin disampaikan melalui sebuah website. Dengan tips mengenai konten website di atas dan juga tips mengenai desain website biro arsitektur yang telah diunggah sebelumnya, cobalah untuk mengombinasikan kedua aspek tersebut agar website biro arsitektur Anda bukan hanya baik secara visual, namun juga informatif bagi calon klien di luar sana. 

Penulis: Raudina Rachmi

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

3 Masalah yang Perlu Dihindari Arsitek Dalam Menangani Proyek Korporat

Bagi arsitek, merancang proyek korporat dapat menjadi milestone yang mampu mengangkat nama biro arsitektur. Selain bergengsi, proyek korporat pada umumnya bernilai tinggi dengan skala yang besar. Pada proyek korporat, khususnya di Indonesia, proyek semacam ini melibatkan banyak pemangku kepentingan yang memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kompleksitas proyek yang tinggi memberikan beban pekerjaan yang tinggi pula dan perlu dipahami oleh arsitek, terutama bagi yang baru mulai merintis praktik profesinya.

25 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

5 Tips Meningkatkan Peluang Menang dalam Mengikuti Sayembara Arsitektur

Kata sayembara pada umumnya digunakan untuk menyebutkan sebuah kompetisi dengan keterlibatan penyelenggara dalam menentukan pemenang. Dalam praktik arsitektur, sayembara merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan. Adapun jenis-jenis sayembara arsitektur adalah seperti sayembara yang terbuka untuk umum dan sayembara yang sifatnya tertutup (hanya diikuti oleh invited architecture firm saja).

22 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

4 Tips Jitu Membuat Portofolio yang Menarik Bagi Calon Klien

Sebagai salah satu marketing tools, portofolio dapat dijadikan andalan untuk mempromosikan kemampuan biro arsitektur dan menunjukkan kesiapan sebuah biro dalam menangani proyek yang akan datang. Bagi Anda yang berprofesi sebagai arsitek, portofolio akan meningkatkan bargaining position Anda di hadapan klien saat melakukan negosiasi mengenai sebuah proyek. Portofolio dapat membuka berbagai peluang bagi arsitek, mulai dari mendapatkan proyek yang sejenis, maupun proyek-proyek yang lebih menantang.

18 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

5 Unsur Penting untuk Membentuk Brand Identity Biro Arsitektur

Bagi arsitek yang sedang merintis biro arsitekturnya sendiri, membentuk brand dalam biro arsitekturnya menjadi pekerjaan yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena brand dapat menunjukkan siapa Anda, apa visi Anda dalam mengembangkan praktek arsitektur dalam biro, dan bagaimana biro Anda akan dikenal. Berbeda dengan marketing yang strateginya dapat berubah sewaktu-waku sesuai kebutuhan, brand merupakan dasar yang mendefinisikan biro Anda sejak awal dibangun. Berbagai biro arsitektur terkemuka, contohnya LABO, telah membuktikan bagaimana membentuk identitas biro arsitektur sangat penting dalam membangun biro arsitektur yang sukses. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh arsitek dalam membentuk brand identity dari biro arsitektur yang dimilikinya.

15 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio