Seiring dengan banyaknya mahasiswa atau pegawai yang terkendala jarak ataupun jam kerja, rumah kost menjadi salah satu bentuk usaha yang menjanjikan. Anda bisa berinvestasi menyediakan hunian sewa dengan desain kamar kost yang tidak perlu mewah. Efisiensi dan kenyamanan justru menjadi kunci ketertarikan para pengguna kost. Lalu, seperti apa desainnya? Berikut tipnya!

Efektifkan Ruang Penyimpanan

Area kamar kost menjadi tempat yang minim untuk menyimpan seluruh kebutuhan dalam satu ruang. Ruang atau lemari penyimpan pada kamar kost menentukan kerapihan kamar. Nah, compact furniture menjadi solusinya. Penggunaan kolong tempat tidur yang mengefektifkan ruang penyimpanan dapat diterapkan ke dalam kamar kost.


Foto: ©blogspot


Foto: ©pinimg

Artikel lainnya: Tip Memilih Meja Belajar Anak yang Nyaman

 

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Siasati Layout Furnitur Sesuai Luas dan Kebutuhan

Selain menjadi tempat beristirahat, kamar kost dapat juga berfungsi sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Oleh karena itu, kebutuhan ini harus diperhatikan kenyamanannya. Tidak perlu khawatir jika luas kamar kost tidak terlalu besar, karena Anda dapat mensiasatinya dengan meletakkan tempat tidur di level lebih atas. Serupa dengan mezanin, area bawah dapat dimanfaatkan maksimal untuk ruang bekerja atau belajar, bahkan dapat ditambah dengan ruang nonton dan bersantai.


Foto: ©hgtvhome.sndimg


Foto: ©pinimg

Begitu juga sebaliknya, jika diperkirakan penghuni kost akan kurang nyaman untuk tidur pada ketinggian mezanin, Anda dapat menukar posisinya. Area belajar atau bekerja ditempatkan pada bagian atas, sedangkan kasur berada pada level lantai. Untuk ruang yang tetap luas, Anda dapat mengaplikasikan kasur geser untuk efisiensi ruang.


Foto: ©pinimg


Foto: ©pinimg

Apabila ruang yang Anda punya sangat terbatas dan tidak memungkinkan aplikasi meja belajar atau meja kerja pada kamar, maka dapat diaplikasikan meja belajar lipat yang dapat digunakan di atas tempat tidur Anda. Cara ini efektif untuk mengurangi ruang untuk kursi pada meja belajar atau meja kerja.


Foto: ©digsdigs

Artikel lainnya: Pasangan Ini Berinteraksi dengan Bangunan melalui Fotografi. Hasilnya Menakjubkan!


Foto: ©digsdigs

Anda juga dapat memaksimalkan kapasitas penghuni dalam satu kamar. Dengan luasan area yang sama atau sedikit lebih luas, dua tempat tidur dapat tetap disediakan seperti desain ranjang tidur lipat pada rumah DJ House di bawah ini.


Foto: DJ House ©Sontang M Siregar


Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Untuk desain dan layout hunian sewa (kost-kostan) yang optimal, pastikan Anda memilih jasa arsitek dan desainer interior yang tepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan furnitur dan layout pada kamar kost agar pengguna dapat nyaman dan betah di kamar kost. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©hgtvhome.sndimg

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin