Foto: CIU ©Ellyana Tse

Koridor merupakan lorong dalam bangunan yang biasanya menghubungkan ruang yang satu dengan yang lainnya, serta umumnya koridor diapit oleh dinding solid. Jika tidak didesain dengan baik, koridor akan menjadi tempat yang gelap dan menekan karena diapit oleh dua dinding. Padahal, koridor dapat menjadi tempat yang menarik untuk dilewati dan memberi karakter pada ruang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensiasati lorong dalam rumah agar lebih cantik dan menarik untuk dilewati.

Pemandangan


Foto: Anthony's House ©simon+dhoni studio

Ciptakan koridor yang memiliki pemandangan ke luar agar kesan lorong panjang yang membosankan dapat dihindari. Usahakan agar koridor tidak dibatasi dua dinding solid. Taman ataupun pandangan ke ruang lain dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemandangan menarik sambil berjalan menuju ke ruang berikutnya.


Foto: Rumah Bidang ©Raul Renanda Design

Dekorasi Ruang


Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Agar kesan monoton pada lorong koridor dapat dihindari, maka dekorasi ruang pada dinding ataupun sudut koridor dapat dihadirkan. Pemakaian dekorasi pada dinding yang menarik dapat mengalihkan perhatian ketika melewati lorong panjang. Penggunaan dekorasi bingkai foto atau lukisan juga menjadi solusi agar pengguna koridor dapat menikmati foto ataupun lukisan lewat jajaran bingkai foto sepanjang koridor.


Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Artikel Lainnya: PORO (CITY): Pemenang Sayembara FuturArc 2017 -Kategori Mahasiswa

Motif Dinding


Foto: Lighting Showroom ©Koerie Design

Motif yang menarik dapat diterapkan pada dinding lorong untuk mengurangi kesan membosankan pada lorong. Selain dengan wallpaper, motif dinding juga dapat dihadirkan dengan efek bayangan pada ruang yang membentuk motif yang dinamis sesuai dengan sinar matahari, sehingga motif pada koridor dapat berubah sepanjang hari.


Foto: White Box House ©Indra Tata Adilaras

Pencahayaan


Foto: CIU ©Ellyana Tse

Pencahayaan yang terang pada koridor menjadi solusi terhadap kesan lorong gelap yang menekan. Pencahayaan menarik dapat memberikan efek yang cantik dan futuristik. Motif pada lorong juga dapat diciptakan melalu desain pencahayaan yang atraktif dan menarik.


Foto: Ted's ©Ellyana Tse

Artikel Lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Efek Garis Melintang


Foto: Cahaya Hotel ©Aezar Architect

Penggunaan garis-garis melintang pada lorong dapat mengurangi kesan panjang yang menerus pada koridor. Garis melintang dapat seolah membantu membagi lorong dengan segmen horizontal tersebut. Garis ini dapat dihadirkan melalu ekspos balok pada langit-langit ataupun dengan pencahayaan yang membentuk efek garis melintang pada lantai.


Foto: Patra Jasa Bandung Pool & Cafe ©Hepta Desain

Beberapa tip tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang pada koridor Anda. Untuk desain koridor yang baik dan efektif dapat Anda diskusikan dengan jasa arsitek dan interior yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Saat Bingkai Berbicara

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin