Foto: Mekar Wangi House ©TJarchitect

Material unfinished semen atau beton ekspos kini semakin digemari masyarakat. Coba saja tengok sejumlah restoran, kafe, salon dan bahkan gaya desain hunian masa kini sebagian besar menampilkan semen ekspos pada bidang-bidang arsitektur seperti dinding, lantai dan plafon.


Foto: Calibrate Coffee ©MILE Atelier

Kata 'unfinished' sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar belum selesai. Sebab jika diperhatikan lebih detil, bidang unfinished tersebut sudah diberi sentuhan akhir berupa pelapis atau cairan khusus (coating) yang membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan.


Foto: RumahMiring ©Andyrahman Architect

Material unfinished yang satu ini semakin populer di kalangan masyarakat seiring dengan berkembangnya tren bangunan bergaya industrial. Gaya industrial banyak ditampilkan dengan mengekspos jaringan utilitas di area plafon, penggunaan material metal/besi dan kayu, serta dinding dan lantai yang dibiarkan polos dengan plester semen tanpa dicat ataupun ditutup keramik.

Artikel lainnya: Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian


Foto: BBDOIndonesia ©Delution Design


Foto: RumahMiring ©Andyrahman Architect

Selain teknik, dekorasi juga tak kalah penting. Material unfinished ini akan terlihat 'menonjol' jika dipadukan dengan warna dan elemen tertentu. Misalnya warna, karena warna dari material finishing ini berwarna abu-abu, maka padukan dengan warna-warna cerah seperti kuning atau merah pada elemen interior yang lain seperti cermin, bingkai foto, armatur lampu atau bahkan finishing furnitur.


Foto: ST. ALI ©Assembly Design Office

Namun, usahakan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar dalam konsep gaya industrial yaitu abu-abu (semen), hitam (besi), dan cokelat (kayu) tetap mendominasi dalam ruangan.


Foto: Spotten ©Studio AKU

Agar lebih tahan terhadap kelembapan dan cuaca ekstrem, pengaplikasian semen ekspos juga hendaknya diberi coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accent wall pada satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

Selamat bereksperimen dengan material semen ekspos!

Artikel lainnya: Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

#tanyabluprin tanpa biaya!

 

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin