Surabaya, “An Attention Grabbing Building”- Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

Foto: fasad rumah ©pandyapraditya

Foto: siang dan malam ©pandyapraditya

Sebaliknya, secara kontras dari para tetangga, Ahouse didesain secara khusus agar menjadi “minimal” dan “modern”. Kotak-kotak disusun bertumpuk untuk menghasilkan komposisi massa yang dinamis. Desain bangunan yang "baru dan asing" ini diharapkan memberikan energi baru kepada lingkungan sekitar.

Foto: double height ©pandyapraditya

Foto: ruang keluarga ©pandyapraditya

Foto: pencahayaan alami ©pandyapraditya

Pemilik, sepasang suami istri muda, menginginkan sebuah rumah yang dapat mengakomodasi aktivitas komunal. Maka dari itu, area makan dan ruang keluarga pada lantai dasar didesain secara terbuka dengan langit-langit yang tinggi (double height). Hal ini dimaksudkan agar dapat menghadirkan suasana ruang yang nyaman untuk kegiatan komunal tersebut.

Foto: kamar tidur utama ©pandyapraditya

Foto: ruang belajar ©pandyapraditya

Pencahayaan alami juga dimaksimalkan untuk menjaga suasana rumah tetap terang sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah?

Foto: koridor lantai dua ©pandyapraditya

Foto: area dapur ©pandyapraditya

Di lantai dua, letak kamar tidur utama bersebelahan dengan ruang belajar. Tujuannya agar orang tua dapat lebih mudah berinteraksi dengan sang buah hati. Ruang belajar ini memiliki jendela dengan view yang unik: desain disesuaikan untuk ketinggian anak atau orang dewasa yang sedang duduk.

Foto: area tangga ©pandyapraditya

Pada ujung dari setiap area tangga, penghuni rumah dapat melihat ‘sekilas’ view daripada ‘Roh Kudus Church’ yang berada tidak jauh dari lokasi rumah.

Foto: area balkon©pandyapraditya

Foto: area balkon ©pandyapraditya

Kamar tidur anak terletak di lantai tiga. Setiap kamar tidur memiliki balkon privat dengan view yang unik. Pada saat cuaca baik dan cerah, Gunung Arjuno Welirang dapat terlihat dari balkon rumah. Ruang doa terletak di antara dua kamar tidur. Kemudian, terdapat juga area keluarga untuk melakukan aktivitas barbeque dengan view area perumahan sekitar.

Foto: kamar mandi ©pandyapraditya

Sebagai tambahan, terdapat area-area di setiap lantai rumah yang dapat dieksplorasi. Hal ini dengan sengaja didesain agar penghuni rumah, terutama anak-anak, dapat dengan aktif berinteraksi dengan rumah itu sendiri.

Gambar potongan ©studiopapa

Artikel lainnya: Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Gambar denah ©studiopapa

More about the project:

bluprin.com/project/ahouse

 

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

SUB Office - SUB

SUB Office yang berlokasi di Bintaro di area perkampungan warga memiliki akses jalan yang sempit dari perumahan besar Bintaro Jaya. Kaveling kecil dengan pemandangan sekitar ke arah perkampungan dengan tipologi rumah tinggal dan lanskap yang masih asri, juga berbatasan langsung dengan pagar perumahan mewah.

20 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Golkar Jakarta Office - Delution Architect

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar kantor partai politik? Bagi Delution, kantor politik khususnya di Indonesia memiliki kesan yang kaku, tertutup, tidak bersahabat, dan membentengi diri dari lingkungan masyarakat. Mungkin konflik yang sering terjadi baik di internal ataupun eksternal partai serta demo masyarakat menjadi alasan utama kantor partai terkesan seperti benteng dan tertutup. Padahal, secara filosofis hal tersebut sangat bertentangan dengan nyawa sebuah partai politik dan konstituennya yang merupakan masyarakat itu sendiri. Partai Golkar DPD DKI Jakarta, selaku pemilik proyek dan salah satu partai tertua di Indonesia berniat untuk melakukan suatu revolusi untuk menjadi partai yang lebih modern, transparan, kolaboratif, dan terbuka sehingga dapat menarik perhatian generasi muda yang tertarik dengan dunia politik untuk bisa berpraktik secara langsung. Tentunya semua visi itu harus sejalan dengan bangunan kantornya yang merupakan wadah utama aktivitas serta “wajah peradaban” dari partai politik ini.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

6 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

RS House - Axialstudio

Rumah tinggal yang berlokasi di kluster Sutera Buana, Alam Sutera ini didesain oleh arsitek Axialstudio dengan langgam tropis modern. Hal ini dapat dilihat dari tata massa yang hadir lewat garis dan geometri sederhana serta penerapan material pada badan bangunan yang dihadirkan untuk menguatkan kesan tropis.

26 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin