Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Sushi Hiro Senopati - AYYA

Sushi Hiro Senopati merupakan gerai pertama dari Sushi Hiro yang melibatkan arsitektur sebagai bagian dari keseluruhan desain. Dari luas lahan sekitar 450 m2, klien menginginkan sebuah bangunan semi permanen yang hanya terdiri dari satu lantai dengan konstruksi yang mudah dan cepat. Klien menginginkan beberapa kebutuhan ruang yang bersifat primer seperti area dapur dan gudang, area restoran, VIP, serta sushi bar.

27 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

The Hotel Week Indonesia Jembatani Pelaku Industri Perhotelan dan Jasa Internet

JAKARTA - “The Hotel Week Indonesia” sebuah pameran dan eksibisi di bidang hotel dan pariwisata yang hadir dengan konsep "One-stop Global Resourse Hotel & Hospitality" resmi digelar pada Kamis (23/11/2017) di Jakarta Convention Center, Jakarta.Event ini mempertemukan berbagai pelaku industri pariwisata dan industri perhotelan di Indonesia serta para pelaku bisnis online. Pesertanya terdiri dari berbagai jenis industri, antara lain; pemilik hotel dan resorts, property developer, lokal hospitality menejemen, kontraktor hotel design - furniture interior- outdoor living, teknologi hospitality industri, maupun para professional perhotelan.

24 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

SUB Office - SUB

SUB Office yang berlokasi di Bintaro di area perkampungan warga memiliki akses jalan yang sempit dari perumahan besar Bintaro Jaya. Kaveling kecil dengan pemandangan sekitar ke arah perkampungan dengan tipologi rumah tinggal dan lanskap yang masih asri, juga berbatasan langsung dengan pagar perumahan mewah.

20 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

17 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

The Hotel Week Indonesia 2017: Tawarkan Ajang Diskusi, Kompetisi dan Solusi dari Tantangan Industri Hospitaliti Masa Kini

Senin, 13 November 2017 The Hotel Week Indonesia menggelar press conference di Hotel Grand Sahid Jakarta membahas isu yang diangkat dari penyelenggaraan The Hotel Week Indonesia kali ini. Persoalan akan kondisi kelebihan pasokan kamar (oversupply) yang terjadi di kota-kota besar, kekurangan tenaga kerja tersertifikasi (brain drain), dan tergerusnya keuntungan dari pemilik/operator hotel karena online travel agency yang meminta komisi lebih tinggi dari travel agency konvensional yang menjadi perhatian. Para profesional mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapi industri perhotelan di Indonesia.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Golkar Jakarta Office - Delution Architect

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar kantor partai politik? Bagi Delution, kantor politik khususnya di Indonesia memiliki kesan yang kaku, tertutup, tidak bersahabat, dan membentengi diri dari lingkungan masyarakat. Mungkin konflik yang sering terjadi baik di internal ataupun eksternal partai serta demo masyarakat menjadi alasan utama kantor partai terkesan seperti benteng dan tertutup. Padahal, secara filosofis hal tersebut sangat bertentangan dengan nyawa sebuah partai politik dan konstituennya yang merupakan masyarakat itu sendiri. Partai Golkar DPD DKI Jakarta, selaku pemilik proyek dan salah satu partai tertua di Indonesia berniat untuk melakukan suatu revolusi untuk menjadi partai yang lebih modern, transparan, kolaboratif, dan terbuka sehingga dapat menarik perhatian generasi muda yang tertarik dengan dunia politik untuk bisa berpraktik secara langsung. Tentunya semua visi itu harus sejalan dengan bangunan kantornya yang merupakan wadah utama aktivitas serta “wajah peradaban” dari partai politik ini.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

6 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

6 Alasan Anda Memilih Menjadi Seorang Arsitek

Memilih untuk berkarir dalam dunia arsitektur merupakan keputusan bagi sebagian orang yang memang mendambakannya. Tentunya dibalik keputusan itu, pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendasari hingga seseorang benar-benar ingin berkecimpung di dalam dunia arsitektur—sebuah bidang yang dikenal akan memakan banyak jam tidur untuk menyelesaikan berbagai macam gambar atau maket. Buku Architect: A Candid Guide to the Profession karya Roger K. Lewis memuat beberapa alasan-alasan yang banyak membuat orang tertarik untuk mendalami profesi ini.

3 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Event Highlights - IYA Exhibition 2017 - 1 Are House

Pada tanggal 28 Oktober lalu, pameran Rumah 1 Are oleh Indonesian Young Architect dibuka. Berlokasi di Uma Seminyak Bali, pameran konsep arsitektur oleh 40 tim arsitek ini bertujuan untuk memberi pemahaman bahwa lahan yang terbatas pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi dan skenario. Pameran Rumah 1 Are akan berlangsung sampai pada tanggal 12 November 2017. Rangkaian kegiatan seperti Architalks, project visit, dan presentasi karya juga akan terus diadakan di setiap akhir minggu sampai pameran ini berakhir.

31 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

4 Tips Memaksimalkan Komunikasi Dalam Proyek Arsitektur

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi yang berlangsung secara dua arah. Prinsip umum komunikasi yaitu bagaimana menyampaikan pesan agar dapat diterima tanpa ada salah paham di antara kedua belah pihak yang terlibat. Jika terjadi kesalahpahaman, maka dapat dipastikan bahwa ada yang salah dengan proses komunikasi yang berlangsung. Komunikasi menjadi suatu hal vital dalam sebuah proyek yang ditangani oleh arsitek. Sebagai seorang konseptor, arsitek harus mampu mengomunikasikan gagasan desainnya dengan baik tanpa terjadi salah paham dengan pihak stakeholder seperti klien, kontraktor, atau tukang. Dengan begitu, desain yang nantinya terbangun akan sesuai dengan konsep awal arsitek.

30 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Pameran IYA 2017 “1 Are House” Menjawab Permasalahan Hunian Dengan Lahan Terbatas

Diselenggarakan mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 12 November, pameran arsitektur 1 Are House oleh komunitas Indonesian Young Architects (IYA) menampilkan 40 karya arsitek-arsitek muda dari seluruh Indonesia. Pameran yang berlokasi di Uma Seminyak ini mengangkat ukuran luasan yang dipakai di Bali, yaitu ‘are’ sebagai tema utama sekaligus salah satu syarat pemasukan karya untuk kemudian dikurasi oleh Wayan Winarta dan Sonny Sutanto.

28 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

5 Prinsip Utama Manajemen Biro Arsitektur

Kata “manajemen” tentu saja bukanlah kata yang asing bagi arsitek. Manajemen merupakan bagian yang memiliki porsi yang sama pentingnya dengan kemampuan mendesain. Manajemen, dalam pengartiannya sebagai penggunaan sumber daya untuk mencapai sasaran, merupakan suatu prosedur yang terdiri dari berbagai prinsip. Biro arsitektur yang kurang baik dalam manajemen akan menemui berbagai masalah, mulai dari masalah dalam proyek hingga masalah hubungan interpersonal dalam tim. Bagi Anda, pembaca yang berprofesi sebagai arsitek dan pemilik biro arsitektur, mari menyimak ulasan mengenai prinsip manajemen dalam dunia arsitektur!

27 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

RS House - Axialstudio

Rumah tinggal yang berlokasi di kluster Sutera Buana, Alam Sutera ini didesain oleh arsitek Axialstudio dengan langgam tropis modern. Hal ini dapat dilihat dari tata massa yang hadir lewat garis dan geometri sederhana serta penerapan material pada badan bangunan yang dihadirkan untuk menguatkan kesan tropis.

26 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

3 Tipe Klien Komersial dan Tips Menghadapinya

Mengerjakan proyek komersial dapat menjadi pengalaman yang sangat penting bagi arsitek. Pada skala apapun, proyek komersial memiliki tantangan khusus yang memaksa arsitek untuk mempelajari ilmu baru yang sebelumnya belum pernah didalami yaitu investasi. Pengetahuan ini dapat membantu arsitek memahami jenis dan karakter klien yang sedang dihadapinya. Pada artikel sebelumnya, pernah diulas tipe-tipe klien yang akan ditemui arsitek dalam praktiknya berarsitektur. Meskipun arsitek akan bertemu dengan karakter klien yang berbeda dalam setiap proyek, klien dengan proyek komersial memiliki cara pandang dan kebutuhan yang unik. Dengan visi dasar sebagai investor dan pengembang, terdapat tiga tipe klien yang kemungkinan akan ditemui arsitek dalam proyek komersial. Untuk mengenal karakter mereka lebih dalam dan mengetahui tips menghadapi tiap tipe klien proyek komersial, mari simak ulasannya di bawah ini!

23 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Panduan Jitu Mengatur Struktur Organisasi Biro Arsitektur

Sebuah biro arsitekur pasti memiliki staf yang bekerja di dalamnya. Semakin besar sebuah biro arsitektur, maka akan lebih banyak pula staf yang dimilikinya. Pada biro yang sudah berukuran besar, pekerjaan masing-masing staf juga akan semakin spesifik. Semua staf yang ada dalam biro arsitektur, baik jumlahnya sedikit atau banyak, tetap harus diorganisasikan. Dengan membuat sebuah struktur organisasi, setiap staf akan memahami tugas pokoknya masing-masing sehingga overlapping pekerjaan dapat diminimalisir dan kinerja biro akan semakin efektif. Selain itu dengan adanya struktur organisasi, jalur koordinasi dan garis komando antar staf dalam biro juga akan semakin jelas.

20 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

4 Jenis Klien yang Akan Anda Hadapi Sebagai Arsitek

Sebagai seorang arsitek, pasti Anda akan mendapatkan berbagai jenis proyek desain bangunan bersama dengan kliennya masing-masing untuk ditangani. Perlu Anda ketahui bahwa setiap klien tidak akan sama dengan klien yang lain. Walaupun tidak akan ada klien yang sama persis, klien bisa dikelompokkan secara garis besar berdasarkan status dan kemungkinan proyek yang ditawarkan. Pengelompokan ini berguna bagi Anda untuk menentukan bagaimana Anda bersikap dan membawa diri di hadapan klien tersebut.

16 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

I-House - Andy Rahman Architect

Rumah rancangan Andy Rahman Architect yang berlokasi di Gayungsari, Surabaya ini bisa disebut sebagai I-House (baca: Ai-House), dan bisa dimaknai dari berbagai sisi yang berbeda. Pertama, rumah ini adalah rumah yang sangat personal, dan sangat khusus rancangannya diperuntukkan bagi si pemilik rumah, maka dinamakan I-House: Aku yang menyatu dengan Rumah.

13 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

HDII AWARD 2017 Lahirkan Desainer Interior Muda Indonesia Berkelas Dunia

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

11 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

5 Hal yang Harus Diperhatikan Arsitek Saat Menyusun CV

Apakah Anda sedang melamar pekerjaan di biro arsitektur? Bagi sarjana lulusan jurusan arsitektur yang sedang mencari pekerjaan atau arsitek yang berencana untuk bekerja di biro arsitektur lain, tentu telah mempersiapkan curriculum vitae (CV). Apa sebenarnya makna dari “curriculum vitae”? Berdasarkan akar latin-nya, curriculum vitae memiliki makna course of life. Artinya, CV Anda harus memuat pengalaman yang Anda pernah jalani. Ketika sebuah biro meminta CV dalam proses perekrutan, informasi yang dibutuhkan adalah data pengalaman karier dari pelamar kerja. Hal ini penting dipahami oleh arsitek pelamar kerja, supaya seluruh informasi yang ada dalam CV relevan dengan kebutuhan biro arsitektur tempat ia melamar pekerjaan.

9 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Kriteria Klien Dalam Memilih Arsitek

Mendapatkan proyek dari seorang klien merupakan suatu hal yang diharapkan terus terjadi dalam keberlangsungan sebuah biro arsitektur. Untuk itulah arsitek pasti akan selalu meningkatkan kualitas desain dan pekerjaannya agar kepercayaan klien dapat tetap terjaga. Sering kali karena terlalu fokus pada pekerjaannya, banyak arsitek kurang menyadari apa yang dicari klien pada diri seorang arsitek.

6 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Penting! Mengapa Biro Arsitektur Memerlukan Business Plan dan Bagaimana Cara Menyusunnya

Membuat biro yang berkembang, merancang berbagai proyek impian, dan memberikan sumbangan bagi dunia arsitektur tentu menjadi cita-cita besar dari arsitek saat merintis sebuah biro arsitektur. Ketika cita-cita itu sudah ada, bagaimana arsitek dapat menentukan langkah untuk mencapai tujuannya? Meskipun fokus utama biro arsitektur adalah penyediaan jasa konsultan perancangan, biro arsitektur juga merupakan badan usaha yang pengembangannya perlu direncanakan dengan cermat. Apabila Anda adalah arsitek yang sedang berencana membangun sebuah biro arsitektur, tentu Anda memiliki visi untuk biro Anda sendiri. Business plan adalah dokumen berupa deskripsi tertulis dari visi yang Anda miliki bagi biro arsitektur Anda di masa depan. Dengan business plan, Anda dapat membuat langkah yang rinci untuk mengembangkan biro arsitektur Anda, contohnya membuat strategi bagaimana biro yang pada awalnya beranggotakan dua orang arsitek menjadi biro besar dengan proyek berskala internasional. Business plan sebaiknya sudah dipersiapkan pada awal mendirikan biro arsitektur sebagai badan usaha.

2 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Cara Mengukur Kinerja Staf Dalam Biro Arsitektur

Ketika biro arsitektur Anda mulai mengerjakan jumlah proyek yang cukup banyak secara simultan, pastinya Anda tidak dapat bekerja sendiri. Harus ada staf yang harus membantu Anda dalam mengerjakan proyek-proyek biro arsitektur Anda. Dari sekian banyak staf Anda, sudahkah Anda tahu sebaik apa kinerja mereka selama ini? Untuk mengukur kinerja, ada dua sudut pandang yang bisa digunakan dalam sebuah biro arsitektur. Yang pertama adalah menilai kinerja dari individu masing-masing staf. Kemudian yang kedua adalah kinerja sebuah tim dalam biro.

29 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

3 Masalah yang Perlu Dihindari Arsitek Dalam Menangani Proyek Korporat

Bagi arsitek, merancang proyek korporat dapat menjadi milestone yang mampu mengangkat nama biro arsitektur. Selain bergengsi, proyek korporat pada umumnya bernilai tinggi dengan skala yang besar. Pada proyek korporat, khususnya di Indonesia, proyek semacam ini melibatkan banyak pemangku kepentingan yang memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kompleksitas proyek yang tinggi memberikan beban pekerjaan yang tinggi pula dan perlu dipahami oleh arsitek, terutama bagi yang baru mulai merintis praktik profesinya.

25 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

5 Tips Meningkatkan Peluang Menang dalam Mengikuti Sayembara Arsitektur

Kata sayembara pada umumnya digunakan untuk menyebutkan sebuah kompetisi dengan keterlibatan penyelenggara dalam menentukan pemenang. Dalam praktik arsitektur, sayembara merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan. Adapun jenis-jenis sayembara arsitektur adalah seperti sayembara yang terbuka untuk umum dan sayembara yang sifatnya tertutup (hanya diikuti oleh invited architecture firm saja).

22 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

4 Tips Jitu Membuat Portofolio yang Menarik Bagi Calon Klien

Sebagai salah satu marketing tools, portofolio dapat dijadikan andalan untuk mempromosikan kemampuan biro arsitektur dan menunjukkan kesiapan sebuah biro dalam menangani proyek yang akan datang. Bagi Anda yang berprofesi sebagai arsitek, portofolio akan meningkatkan bargaining position Anda di hadapan klien saat melakukan negosiasi mengenai sebuah proyek. Portofolio dapat membuka berbagai peluang bagi arsitek, mulai dari mendapatkan proyek yang sejenis, maupun proyek-proyek yang lebih menantang.

18 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

5 Unsur Penting untuk Membentuk Brand Identity Biro Arsitektur

Bagi arsitek yang sedang merintis biro arsitekturnya sendiri, membentuk brand dalam biro arsitekturnya menjadi pekerjaan yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena brand dapat menunjukkan siapa Anda, apa visi Anda dalam mengembangkan praktek arsitektur dalam biro, dan bagaimana biro Anda akan dikenal. Berbeda dengan marketing yang strateginya dapat berubah sewaktu-waku sesuai kebutuhan, brand merupakan dasar yang mendefinisikan biro Anda sejak awal dibangun. Berbagai biro arsitektur terkemuka, contohnya LABO, telah membuktikan bagaimana membentuk identitas biro arsitektur sangat penting dalam membangun biro arsitektur yang sukses. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh arsitek dalam membentuk brand identity dari biro arsitektur yang dimilikinya.

15 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Pakar: 5 Cara Menciptakan Tim yang Solid ala Jung Yat (SHL Asia)

Memiliki sebuah tim yang solid merupakan salah satu fundamental point dalam keberhasilan sebuah organisasi atau lembaga. Begitu juga dengan biro arsitektur. Dengan memiliki tim yang solid, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengkoordinasikan berbagai pekerjaan yang ada. Di samping itu, kekompakan tim juga bisa meningkatkan semangat kerja dan juga produktivitas. Dengan begitu, biro arsitektur Anda dapat menghasilkan produk desain yang maksimal.

11 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

7 Konten Wajib yang Harus Ada di Website Biro Arsitektur

Bila pada artikel sebelumnya dibahas mengenai hal yang berhubungan dengan desain website biro arsitektur, artikel kali ini membahas mengenai konten dan informasi apa saja yang harus ada di website biro arsitektur Anda. Tidak hanya desain, konten dalam suatu website resmi biro arsitektur juga penting untuk diperhatikan. Selain mencerminkan kredibilitas biro arsitektur, konten dalam website biro Anda juga merupakan informasi esensial yang dicari oleh para calon klien di luar sana. Untuk itu, website Anda harus memuat konten-konten yang informatif. Percuma saja jika website yang sudah didesain dengan baik namun hanya menampilkan konten-konten yang kurang informatif.

8 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Tips Pakar: Menyusun Strategi Marketing untuk Biro Arsitektur ala Putu Edy Semara (ESA International)

Marketing, dalam proses memulai biro arsitektur, sering kali tidak menjadi prioritas. Padahal, strategi marketing menentukan bagaimana biro arsitektur tersebut dapat terus bertahan dan terus mendapat penghasilan. Karena kurangnya pengetahuan tentang marketing, banyak arsitek baru mulai belajar marketing secara otodidak dalam perjalanannya berpraktik.

4 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

5 Tips Untuk Desain Website Biro Arsitektur Yang Baik

Di era globalisasi saat ini, segala hal bisa diakses secara online. Kehidupan manusia juga semakin dipermudah dengan adanya segala macam fasilitas berbasis online. Hal ini juga seiring dengan tumbuh suburnya online business di dunia, termasuk di Indonesia. Mulai dari ojek online, belanja online, pesan tiket online, booking hotel online, hingga pesan makanan pun juga online.

1 September 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

5 Cara Jitu Untuk Membangun Relasi Dengan Klien

Bagi Anda yang sedang merintis karir berarsitektur, Anda diharapkan untuk dapat menjalin relasi yang baik dengan klien Anda. Menjalin relasi yang baik dengan klien tidak hanya akan menciptakan sinergi selama keberjalanan proyek namun bisa juga membuka jalan bagi seorang arsitek kepada proyek-proyek selanjutnya. Untuk mencapai hal tersebut, arsitek perlu membangun rasa kepercayaan klien terhadap kemampuan yang ia miliki. Arsitek Enoch Muljono dari dasquadrat sempat membagikan beberapa tips untuk membangun relasi yang baik dengan klien dalam ARCHINESIA Academy di Surabaya pada bulan April lalu. Dilengkapi juga dengan rujukan dari buku Client & Architect: Developing the Essential Relationship yang diterbitkan oleh RIBA, berikut tips-tips bagaimana membangun relasi dengan klien.

28 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Soft Skill — Hal Yang Tidak Pernah Diajarkan Di Sekolah Namun Penting Dimiliki Arsitek

Memiliki keahlian dalam menggunakan software seperti AutoCAD dan SketchUp adalah hal yang wajib dan lumrah bagi seorang arsitek. Arsitek juga harus memiliki wawasan yang luas sehingga dapat menyetarakan diri dengan klien-klien yang ditemuinya. Dengan kata lain, arsitek dibentuk dan dididik minimal untuk memiliki kemampuan-kemampuan tersebut. Namun dalam masa perkuliahan, ada hal-hal yang tidak pernah diajarkan kepada arsitek yaitu soft skills. Bahkan ketika masuk ke dalam dunia kerja pun, pembelajaran soft skill sering kali diabaikan, atau tidak didorong untuk dipelajari. Padahal, soft skill adalah hal yang penting dalam dunia kerja arsitek.

25 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Pertimbangkan hal ini saat memilih jasa kontraktor atau mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

24 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

5 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Arsitektur Setelah Lulus Kuliah

Anda telah menyelesaikan pendidikan arsitektur. Upacara kelulusan sudah di depan mata. Inilah waktu untuk menentukan langkah yang akan dituju selanjutnya. Dalam memulai perjalanan karir Anda sebagai arsitek, anda dapat memilih berbagai jalan. Berikut lima alternatif yang dapat anda pertimbangkan sebagai langkah lanjutan setelah lulus dari jurusan arsitektur. Pilihan ini tidak hanya membantu anda berkembang menjadi arsitek yang kebih baik, namun juga dapat membuka peluang baru dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

21 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Arsitek

Sejak duduk di bangku kuliah, mahasiswa arsitektur sering dikorelasikan dengan aktivitas bergadang untuk menyelesaikan tugas kuliah. Dengan bangga, sesama mahasiswa arsitektur juga menyatakan bahwa bila seorang mahasiswa arsitektur tidak bergadang berarti orang tersebut belum dapat diakui sebagai mahasiswa arsitektur yang sesungguhnya. Kebiasaan yang kurang menyehatkan ini bahkan sering kali dibawa sampai ke lingkungan kerja. Yang menjadi pertanyaan, apakah memang kuantitas pekerjaan begitu banyak sampai-sampai arsitek tidak memiliki cukup waktu dan harus bergadang? Atau malah disebabkan karena arsitek bekerja kurang efektif dan tidak efisien? Sering kali jawabannya adalah karena arsitek bekerja kurang efektif dan efisien sehingga tidak produktif dan berakhir bergadang setiap malamnya.

15 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Pakar: 3 Hal Yang Arsitek Harus Lakukan Untuk Mendapatkan Klien

Arsitek Achmad Noerzaman membuka rahasia bagaimana caranya arsitek dapat membuka “pintu” klien. Pada presentasi arsitektur di Forum Arsitektur Archinesia ke-26 di Jakarta Design Center 6 Juli 2017 lalu, arsitek yang juga direktur utama biro arsitektur ARKONIN, perusahaan biro arsitektur besar dengan 300 staf dan sudah berusia 50 tahun ini menyebutkan tiga hal penting yang haris dilakukan arsitek:1. Menyiapkan Portofolio2. Mengikuti sayembara arsitektur3. Melakukan publikasi

14 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Mengenal Einstein and Associates: Desain dengan ‘Attention to Detail’

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Lemongrass dan Bottega Ristorante yang menjadi restoran dengan desain unik dan berkelas. Adalah Einstein dan Associates yang menjadi desainer di balik semua detail desainnya. Berikut hasil wawancara dengan Einstein dari Einstein and Associates.

10 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Penting! 3 Alasan Mengapa Calon Arsitek Harus Magang

Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Arsitek yang telah disahkan beberapa waktu lalu, untuk bisa menjadi seorang arsitek di Indonesia diharuskan memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek. Salah satu syarat untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi yaitu dengan mengikuti program magang paling singkat selama dua tahun bagi para lulusan program pendidikan Arsitektur. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sebagai salah satu pihak yang cukup berperan dalam terwujudnya UU sebelumnya juga telah menetapkan ketentuan magang bagi para sarjana arsitek yang ingin mendapatkan sertifikasi arsitek di Indonesia.

10 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Pakar: 10 Cara Mengawali Biro Arsitektur Yang Sukses ala Realrich Syarief (RAW Architecture)

Ketika seorang arsitek hendak memulai biro arsitektur, berbagai cara dapat ditempuh sebagai permulaan pengembangan biro tersebut. Pada ARCHINESIA Academy tahun 2016 lalu, Arsitek Realrich Sjarief menyebutkan sepuluh cara yang umumnya ditempuh arsitek untuk mengawali biro arsitektur. Realrich mengacu pada buku Architect's Essentials of Starting, Assessing and Transitioning a Design Firm karya Peter Piven dan Bradford Perkins.

7 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tahun 2017 Arsitek Indonesia Pamer Karya di Seoul

Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 akan digelar pada tanggal 2-10 September 2017 di Seoul, Korea Selatan. IAWS 2017 merupakan kegiatan kolateral yang mendukung Kongres UIA yang tahun ini diadakan di Seoul. Kegiatan ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2011 dengan nama Indonesian Architects Week Tokyo 2011.

5 August 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Pada tanggal 2 Agustus 2017, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan konferensi pers terkait Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Acara ini diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada pukul 16.00 WIB. Moderator yang memandu jalannya acara ialah Bapak Dadang Rizki Ratman selaku Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh David Makes selaku Juri ISTA 2017, Jatna Supriatna selaku Ketua Tim Juri ISTA 2017, Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata RI, Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Hendra Adidarma selaku pemilik sekaligus Presiden Direktur PT. Propan Raya, Yuwono Imanto selaku Direktur PT. Propan Raya, dan Yori Antar selaku profesional arsitek.

3 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

Setelah Anda menentukan arsitek pilihan, apa yang harus Anda lakukan dengan arsitek? Gambar apa saja yang didapatkan dari arsitek pilihan yang merancang hunian Anda?Idealnya, terdapat beberapa tahap dalam proses desain yang dilalui oleh arsitek saat merancang hunian. Di tahap tertentu akan dibutuhkan banyak koordinasi antara arsitek dan pemilik agar desain hunian menjawab semua kebutuhan hunian impian Anda. Berikut tahapannya!

27 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

MINT Design Studio - Arsitektur yang Berkarakter

Berangkat dari pengalaman berkarya dalam satu konsultan desain arsitektur, bekerjasama menjadi keseharian bagi Felandro Madjid, Rangga Indrajaya, dan Titis Nurabadi, serta Ellyana Tse sebagai kolaborator desainer interior. Memiliki kesepahaman desain yang sama membuat mereka memutuskan untuk berkarya mandiri lewat konsultan arsitektur Mint Design Studio sejak tahun 2011. MINT sendiri merupakan singkatan nama belakang para pendirinya (Madjid, Indrajaya, Nurabadi, Tse).

20 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Apa Perbedaan Arsitektur Modern dan Kontemporer?

Seperti apa gambaran arsitektur yang terlintas saat membayangkan arsitektur modern atau kontemporer? Bagi kebanyakan orang, keduanya tampak seperti mewakili gaya desain pada masa kini. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, modern merupakan sesuatu yang terbaru, sedangkan kontemporer adalah sesuatu pada masa kini.Dari definisi tersebut, modern dan kontemporer memang serupa, namun di dalam arsitektur sebenarnya kedua gaya desain ini berbeda. Lalu, apakah perbedaan diantara keduanya? Berikut ulasannya!

17 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

RUU Arsitek telah disahkan! Apa manfaatnya bagi masyarakat?

Arsitek adalah seseorang yang menghasilkan karya Arsitektur meliputi perencanaan, perancangan, pengawasan, dan/atau pengkajian untuk bangunan gedung dan lingkungannya, serta yang terkait dengan kawasan dan kota. Dalam prosesnya, selama ini belum ada pengaturan mengenai arsitek yang dapat memberikan pelindungan dan kepastian hukum untuk arsitek, pengguna jasa arsitek, praktik arsitek, karya arsitektur, dan masyarakat.

14 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pasangan Ini Berinteraksi dengan Bangunan melalui Fotografi. Hasilnya Menakjubkan!

Siapa bilang arsitektur hanyalah sebuah bangunan? Sebenarnya, Anda dapat bermain dan berinteraksi dengan arsitektur di sekitar Anda, salah satunya lewat fotografi agar foto Anda lebih unik dan berkesan.Seperti pasangan asal Valencia, Spanyol bernama Anna Devis dan Daniel Rueda yang mampu secara kreatif memanfaatkan keindahan arsitektur sebagai latar belakang foto mereka. Pasangan ini menjelajahi berbagai kota di seluruh dunia dan membagi pengalaman mereka lewat hasil tangkapan kamera yang unik dan menarik. Mereka dapat mengeksplorasi keindahan bentuk dan warna bangunan dan kreatif berpose seolah dalam cerita teatrikal. Tidak heran mengapa pasangan ini dapat mengemas menarik foto-foto perjalanan mereka, pasalnya Devis merupakan ilustrator dan desainer, sedangkan Rueda adalah seorang arsitek profesional. Yuk, simak foto-foto unik mereka!

9 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

Diperlukan desain yang baik agar hunian menjadi tempat yang layak untuk dihuni, baik dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan keamanan bangunan. Oleh karena itu, pemakaian jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda menjadi solusinya. Dengan  menggunakan jasa arsitek, maka perencanaan dan pembangunan menjadi lebih optimal dan kesalahan dalam pengerjaan pun dapat  lebih diminimalisir.Sebelum menetapkan arsitek, Anda dapat memperkirakan biaya untuk jasa arsitek terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk menghitung anggaran jasa arsitek, yaitu dengan persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan harga per meter persegi.

7 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Sebagai bagian yang pertama kali terlihat pada sebuah hunian, tampilan fasad tak boleh dikesampingkan. Fasad harus didesain semenarik dan secantik mungkin. Untuk membuatnya menarik, ada banyak aspek yang memengaruhinya. Mulai dari bentuk bangunan, pemilihan material, warna, hingga teksturnya. Pemilihan material menjadi salah satu yang berpengaruh pada tampilan fasad secara keseluruhan. Banyak ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih, dan masing-masing memiliki karakteristik menyangkut kesesuaian dengan gaya arsitektur hunian, ketahanan terhadap pengaruh lingkungan dan perubahan cuaca, dan juga keserasian untuk dipadukan dengan material lain.  Berikut ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih.

4 July 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Fengshui biasanya dihubungkan dengan mitos turun-temurun dari masyarakat Tionghoa. Citra 'klenik' memang sangat melekat, namun fengshui ternyata dapat diterapkan secara logis pada desain bangunan. Fengshui merupakan suatu kegiatan yang dicatat secara turun temurun yang mempelajari tentang keseimbangan antara angin dan air.“All about matter of balance"Dari ketertarikannya mempelajari fengshui, Endhi Purnomo, dosen arsitektur Universitas Trisakti sekaligus arsitek utama dari konsultan arsitek bernama EIP Architect dan rekan ini berguru secara langsung pada Lilian Too yang merupakan pakar fengshui terkenal di Hongkong. Dengan mengantongi sertifikat ilmu fengshui, konsep tersebut selalu diterapkan pada desain bangunan rancangannya, baik yang dasar hingga pada detail pemilik.

29 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Membangun rumah membutuhkan beberapa tahapan, termasuk proses perizinannya. Salah satunya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB merupakan perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Dibutuhkan kelengkapan berkas untuk dapat segera diproses oleh pihak yang berwenang. Pada segmen kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus perizinan untuk membangun rumah tinggal.

22 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Jendela, Dinding, dan Struktur

Membaca denah gambar kerja bukanlah hal yang sulit, hanya belum familiar bagi mereka yang berprofesi di luar bidang arsitektur ataupun teknik bangunan. Padahal, dalam merenovasi ataupun membangun rumah seringkali bertemu dengan denah gambar kerja dari arsitek ataupun kontraktor. Kali ini akan dibahas anotasi jendela, dinding, dan struktur pada denah hunian.

20 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

Dalam proses membangun dan merenovasi rumah tidak lepas dari gambar perancangan. Sebenarnya membaca gambar tersebut tidaklah sulit, namun tidak semua orang terbiasa, terutama bagi yang tidak berlatar belakang arsitektur.Pada segmen berikut akan dibahas cara cepat membaca anotasi pintu pada denah karena efektivitas dan efisiensi sebuah ruang sangat ditentukan oleh peletakkan pintu di dalam rumah. Terdapat 6 macam jenis pintu yang paling sering diaplikasikan pada tipologi bangunan hunian, yaitu pintu ayun, pintu ayun ganda, pintu pivot, pintu lipat, pintu geser, dan pintu saku.

15 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

PORO (CITY): Pemenang Sayembara FuturArc 2017 - Kategori Mahasiswa

-Berangkat dari semangat kompetisi masing-masing individu, tim sayembara lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Arsitektur angkatan 2012 ini berhasil menjadi pemenang sayembara FuturArc Competitions Asia's Leading Green Design 2017, untuk Kategori Mahasiswa. Tim sayembara dipimpin oleh Inas Raras Maheningtyas dan beranggotakan empat orang: Asmita Puspitasari, Bimo Wicaksana, Fadhil Hafizh Sadewo, serta Muhammad Ridho Kharisma Putra.

8 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Apakah Arsitektur Rumah Minimalis itu Murah karena Pemakaian Kata Minimal?

Apakah arsitektur rumah minimalis itu murah karena pemakaian kata minimal? Pemakaian kata minimal tidak secara mentah diartikan sebagai sesuatu yang murah karena minimnya eksplorasi desain. Justru, minimalis adalah salah satu cara mengaplikasikan desain sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Beberapa tahun belakangan ini, tren atau gaya arsitektur di Indonesia juga cenderung mengarah ke minimalis. Sebenarnya, apa yang disebut Minimalisme itu?

6 June 2017 / ARCHITECTURE / By Ratna Puspa Dewi

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

18 March 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

3 March 2017 / ARCHITECTURE / By Studio Papa

Vindo Design - Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Dalam mendesain sebuah ruang, setiap desainer interior tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri agar ruangan dapat terlihat lebih menarik. Bagi Eduardus Tri Aryo, desainer interior sekaligus pendiri Vindo Design, aksen dari warna cerah menjadi ciri khas yang bisa membuat sesisi ruang terasa lebih ceria.

3 February 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Nuansa Rumah yang Tenang dan Kaya akan Pengalaman Ruang

Kunci desain utama dari wujud, bentuk, dan material rumah yang digunakan merefleksikan kesempurnaan desain yang terdiri dari bentuk yang simple. Kunci desain ini juga diperkuat dengan konsep desain utama dari Evonil Architecture, yaitu: 'Kami ingin penghuni rumah merasakan arti rumah yang sesungguhnya, dengan nuansa rumah yang tenang dan kaya akan pengalaman menghuni rumah itu sendiri.'

10 December 2016 / ARCHITECTURE / By Evonil Architecture

Rumah Torrina - Representasi Gaya Hidup Urban

Tite Home: Rumah Torrina di Jatibening yang berjarak setengah jam dari Jakarta adalah representasi dari gaya hidup Urban. Kesibukan pasangan muda pemilik rumah Torrina menginspirasi Tite Home mengangkat penggabungan tema skandinavian dan modern untuk menghadirkan ruang yang simple dan clean.

26 November 2016 / ARCHITECTURE / By Tite Home

Roster - Elemen Desain pada Hunian Tropis

Blok ventilasi udara / vent block atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Roster merupakan ciri khas arsitektur tropis yang penerapannya sudah ada sejak dahulu kala. Salah satu elemen desain yang sederhana, namun efektif untuk mengatasi iklim tropis yang panas dan lembab. Selain berfungsi sebagai dinding pemisah antar ruang, roster juga memungkinkan adanya bukaan visual dan sirkulasi udara melalui lubang disela-selanya.

20 November 2016 / ARCHITECTURE / By Maureen Suryani

Ashari Architect - Desain Kontekstual Sesuai Iklim Indonesia

Desain yang menarik selalu berawal dari konsep yang baik. Melalui proses yang tidak instan, dibutuhkan pemahaman dan pemikiran akan fungsi ruang yang sesuai dengan kebutuhan pemilik. Dalam hal ini, Emir Ashari, pendiri dari Ashari Architect selalu mengedepankan desain sederhana yang fungsional untuk kemudian dituangkan ke dalam bentuk-bentuk estetis yang juga dapat mendeskripsikan kepribadian klien.

6 November 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Menilik Arsitektur Rumah Mipibu dari Terra e Tuma Arquitetos Associados

Rumah ini mewakili situasi di Sao Paulo pada umumnya, bentuk lahan yang panjang dan sempit [5.6x30.0m], berbatasan dengan tetangga di sekitarnya dengan bukaan hanya di bagian depan lahan.

19 October 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Cubix Design Studio - Kombinasi Antara Teknik dan Seni

Diawali dengan kerja bersama disalah satu perusahaan desain di daerah Jakarta, kini Cubix Design Studio telah berdiri sendiri dalam menciptakan berbagai karya komersial dan hunian yang dapat dinikmati masyarakat luas. Didirikan oleh dua desainermuda Prieta Ayu Nugrahani lulusan dari FSRD - Desain Interior Universitas Trisakti dan rekannya Jessica Patria yang merupakan lulusan Teknik Arsitektur Universitas Indonesia, Cubix Studio Design merupakan perusahaan yang berfokus pada arsitektur dan desain interior sejak tahun 2010.

17 October 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Creating Design With No Edge - Delution Architect

Delution Architect merupakan sebuah perusahaan perencanaan arsitektur dan desain interior serta konstruksi yang didirikan oleh tiga arsitek muda yaitu Muhammad Egha, Sunjaya Askaria, dan Hezby Ryandi. Mereka sepakat mendirikan Delution pada tahun 2013 dan pada tahun berikutnya rekan mereka Fahmy Desrizal turut bergabung membangun Delution.

30 September 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Mendesain dengan Passion - Virgo Oktaviano Design (VOD)

Permainan warna dan pencahayaan merupakan ciri khas dari desain Virgo Oktaviano yang juga merupakan pendiri dari Virgo Oktaviano Design. Di awal tahun 2013, Igho panggilan akrabnya, membuka usaha Virgo Oktaviano Design yang berfokus pada bidang arsitektur dan desain interior. Pria lulusan dari Universitas Gunadarma ini sangat menggemari desain dengan konsep luxury yang dapat dilihat dari penerapannya pada beberapa proyek Virgo Oktaviano Design, salah satunya dalam desain interior Apartemen SATU8. “Saya suka bermain warna dan pencahayaan, jadi gimana saya menciptakan ruang yang luxury¸homey, dan cozy dari coloring dan lighting." ujar Pria kelahiran Bangka ini.

16 September 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Rehabilitasi Dua Rumah di Largo do Trovador

Proyek apartemen yang dirancang oleh Pitagoras Group ini terdiri dari renovasi dua bangunan di daerah bersejarah Guimaraes, Portugal. Tujuannya adalah untuk menggunakan bangunan sebagai ruang komersial dan juga apartemen sewa dengan mengubah tipologi yang ada, tetapi tetap mempertahankan fungsi asli. Bangunan ini terletak di "Largo do Trovador", yang merupakan area transisi antara "Alameda de S. Damaso" dan zona "Couros" dimana sebagian besar area ini masih memiliki struktur yang mendefinisikan karakteristik perkotaan aslinya.

31 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Apartemen di Siena oleh CMTarchitects

Berlokasi di Monteriggioni, Siena, Italia, Apartemen ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan suatu proyek renovasi yang terletak di dalam bangunan yang dahulunya digunakan sebagai sekolah musik pada abad XIX, dipusat bersejarah Siena.

24 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah bagi Pohon oleh Vo Trong Nghia Architects

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup berkembang pesat sehingga berdampak pada kurangnya lahan hijau. Di Ho Chi Minh, tanaman hijau saat ini hanya menutupi sekitar 0,25% dari area seluruh kota. Tak hanya hilangnya area hijau, padatnya peduduk dan kendaraan motor yang berlebih juga menyebabkan kemacetan serta polusi udara yang sangat serius. Dari permasalahan yang ada tersebut, Vo Trong Nghia, seorang arsitek Vietnam kelulusan universitas Tokyo, memiliki ide untuk merancang sebuah bangunan rumah yang mendasarkan pada keselarasan dengan alam. Berikut ulasan selengkapnya.

12 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

Beberapa waktu silam, jasa arsitek dalam membangun rumah tinggal di Indonesia banyak kita temui di kota besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Bali, Medan dan seterusnya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak kita temui rumah tinggal dengan desain unik dan baik yang dikembangkan oleh arsitek di daerah-daerah lainnya, selain di kota besar.

18 July 2016 / ARCHITECTURE / By Vidya Spay, S.T., MaHS

YAK01-House: Model Rumah Minimalis di Bangkok, Thailand

Berlokasi tepatnya di Yen Akat Road Bangkok Krung Thep National Capital Port Thailand, model rumah minimalis 'YAK01' merupakan rumah seri Asia yang memiliki desain modern dan trendi. Rumah ini didesain secara spesifik untuk keluarga kecil modern. Berdiri di atas tanah seluas 560 meter persegi, rumah ini terdiri dari 500 meter persegi ruang internal dan sisanya digunakan untuk ruang terbuka. Seperti apakah rumah 'YAK01' yang didesain oleh Ayutt and Associates ini? Berikut ulasannya.

13 July 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Tip Dekorasi Ruang Keluarga Untuk Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di dunia. Berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan bulan yang suci ini. Salah satu cara efektif dan menyenangkan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah dengan melakukan dekorasi ulang rumah. Yuk, Ikuti beberapa tips berikut ini yang dapat Anda coba dalam mendekorasi rumah untuk Bulan Ramadhan:

23 June 2016 / ARCHITECTURE / By Nurchalimah