5 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Arsitektur Setelah Lulus Kuliah

Anda telah menyelesaikan pendidikan arsitektur. Upacara kelulusan sudah di depan mata. Inilah waktu untuk menentukan langkah yang akan dituju selanjutnya. Dalam memulai perjalanan karir Anda sebagai arsitek, anda dapat memilih berbagai jalan. Berikut lima alternatif yang dapat anda pertimbangkan sebagai langkah lanjutan setelah lulus dari jurusan arsitektur. Pilihan ini tidak hanya membantu anda berkembang menjadi arsitek yang kebih baik, namun juga dapat membuka peluang baru dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

21 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Arsitek

Sejak duduk di bangku kuliah, mahasiswa arsitektur sering dikorelasikan dengan aktivitas bergadang untuk menyelesaikan tugas kuliah. Dengan bangga, sesama mahasiswa arsitektur juga menyatakan bahwa bila seorang mahasiswa arsitektur tidak bergadang berarti orang tersebut belum dapat diakui sebagai mahasiswa arsitektur yang sesungguhnya. Kebiasaan yang kurang menyehatkan ini bahkan sering kali dibawa sampai ke lingkungan kerja. Yang menjadi pertanyaan, apakah memang kuantitas pekerjaan begitu banyak sampai-sampai arsitek tidak memiliki cukup waktu dan harus bergadang? Atau malah disebabkan karena arsitek bekerja kurang efektif dan tidak efisien? Sering kali jawabannya adalah karena arsitek bekerja kurang efektif dan efisien sehingga tidak produktif dan berakhir bergadang setiap malamnya.

15 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Pakar: 3 Hal Yang Arsitek Harus Lakukan Untuk Mendapatkan Klien

Arsitek Achmad Noerzaman membuka rahasia bagaimana caranya arsitek dapat membuka “pintu” klien. Pada presentasi arsitektur di Forum Arsitektur Archinesia ke-26 di Jakarta Design Center 6 Juli 2017 lalu, arsitek yang juga direktur utama biro arsitektur ARKONIN, perusahaan biro arsitektur besar dengan 300 staf dan sudah berusia 50 tahun ini menyebutkan tiga hal penting yang haris dilakukan arsitek:1. Menyiapkan Portofolio2. Mengikuti sayembara arsitektur3. Melakukan publikasi

14 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Mengenal Einstein and Associates: Desain dengan ‘Attention to Detail’

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Lemongrass dan Bottega Ristorante yang menjadi restoran dengan desain unik dan berkelas. Adalah Einstein dan Associates yang menjadi desainer di balik semua detail desainnya. Berikut hasil wawancara dengan Einstein dari Einstein and Associates.

10 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Penting! 3 Alasan Mengapa Calon Arsitek Harus Magang

Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Arsitek yang telah disahkan beberapa waktu lalu, untuk bisa menjadi seorang arsitek di Indonesia diharuskan memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek. Salah satu syarat untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi yaitu dengan mengikuti program magang paling singkat selama dua tahun bagi para lulusan program pendidikan Arsitektur. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sebagai salah satu pihak yang cukup berperan dalam terwujudnya UU sebelumnya juga telah menetapkan ketentuan magang bagi para sarjana arsitek yang ingin mendapatkan sertifikasi arsitek di Indonesia.

10 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Pakar: 10 Cara Mengawali Biro Arsitektur Yang Sukses ala Realrich Syarief (RAW Architecture)

Ketika seorang arsitek hendak memulai biro arsitektur, berbagai cara dapat ditempuh sebagai permulaan pengembangan biro tersebut. Pada ARCHINESIA Academy tahun 2016 lalu, Arsitek Realrich Sjarief menyebutkan sepuluh cara yang umumnya ditempuh arsitek untuk mengawali biro arsitektur. Realrich mengacu pada buku Architect's Essentials of Starting, Assessing and Transitioning a Design Firm karya Peter Piven dan Bradford Perkins.

7 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tahun 2017 Arsitek Indonesia Pamer Karya di Seoul

Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 akan digelar pada tanggal 2-10 September 2017 di Seoul, Korea Selatan. IAWS 2017 merupakan kegiatan kolateral yang mendukung Kongres UIA yang tahun ini diadakan di Seoul. Kegiatan ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2011 dengan nama Indonesian Architects Week Tokyo 2011.

5 August 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Pada tanggal 2 Agustus 2017, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan konferensi pers terkait Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Acara ini diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada pukul 16.00 WIB. Moderator yang memandu jalannya acara ialah Bapak Dadang Rizki Ratman selaku Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh David Makes selaku Juri ISTA 2017, Jatna Supriatna selaku Ketua Tim Juri ISTA 2017, Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata RI, Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Hendra Adidarma selaku pemilik sekaligus Presiden Direktur PT. Propan Raya, Yuwono Imanto selaku Direktur PT. Propan Raya, dan Yori Antar selaku profesional arsitek.

3 August 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

Setelah Anda menentukan arsitek pilihan, apa yang harus Anda lakukan dengan arsitek? Gambar apa saja yang didapatkan dari arsitek pilihan yang merancang hunian Anda?Idealnya, terdapat beberapa tahap dalam proses desain yang dilalui oleh arsitek saat merancang hunian. Di tahap tertentu akan dibutuhkan banyak koordinasi antara arsitek dan pemilik agar desain hunian menjawab semua kebutuhan hunian impian Anda. Berikut tahapannya!

27 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

MINT Design Studio - Arsitektur yang Berkarakter

Berangkat dari pengalaman berkarya dalam satu konsultan desain arsitektur, bekerjasama menjadi keseharian bagi Felandro Madjid, Rangga Indrajaya, dan Titis Nurabadi, serta Ellyana Tse sebagai kolaborator desainer interior. Memiliki kesepahaman desain yang sama membuat mereka memutuskan untuk berkarya mandiri lewat konsultan arsitektur Mint Design Studio sejak tahun 2011. MINT sendiri merupakan singkatan nama belakang para pendirinya (Madjid, Indrajaya, Nurabadi, Tse).

20 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Apa Perbedaan Arsitektur Modern dan Kontemporer?

Seperti apa gambaran arsitektur yang terlintas saat membayangkan arsitektur modern atau kontemporer? Bagi kebanyakan orang, keduanya tampak seperti mewakili gaya desain pada masa kini. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, modern merupakan sesuatu yang terbaru, sedangkan kontemporer adalah sesuatu pada masa kini.Dari definisi tersebut, modern dan kontemporer memang serupa, namun di dalam arsitektur sebenarnya kedua gaya desain ini berbeda. Lalu, apakah perbedaan diantara keduanya? Berikut ulasannya!

17 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

RUU Arsitek telah disahkan! Apa manfaatnya bagi masyarakat?

Arsitek adalah seseorang yang menghasilkan karya Arsitektur meliputi perencanaan, perancangan, pengawasan, dan/atau pengkajian untuk bangunan gedung dan lingkungannya, serta yang terkait dengan kawasan dan kota. Dalam prosesnya, selama ini belum ada pengaturan mengenai arsitek yang dapat memberikan pelindungan dan kepastian hukum untuk arsitek, pengguna jasa arsitek, praktik arsitek, karya arsitektur, dan masyarakat.

14 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pasangan Ini Berinteraksi dengan Bangunan melalui Fotografi. Hasilnya Menakjubkan!

Siapa bilang arsitektur hanyalah sebuah bangunan? Sebenarnya, Anda dapat bermain dan berinteraksi dengan arsitektur di sekitar Anda, salah satunya lewat fotografi agar foto Anda lebih unik dan berkesan.Seperti pasangan asal Valencia, Spanyol bernama Anna Devis dan Daniel Rueda yang mampu secara kreatif memanfaatkan keindahan arsitektur sebagai latar belakang foto mereka. Pasangan ini menjelajahi berbagai kota di seluruh dunia dan membagi pengalaman mereka lewat hasil tangkapan kamera yang unik dan menarik. Mereka dapat mengeksplorasi keindahan bentuk dan warna bangunan dan kreatif berpose seolah dalam cerita teatrikal. Tidak heran mengapa pasangan ini dapat mengemas menarik foto-foto perjalanan mereka, pasalnya Devis merupakan ilustrator dan desainer, sedangkan Rueda adalah seorang arsitek profesional. Yuk, simak foto-foto unik mereka!

9 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

Diperlukan desain yang baik agar hunian menjadi tempat yang layak untuk dihuni, baik dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan keamanan bangunan. Oleh karena itu, pemakaian jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda menjadi solusinya. Dengan  menggunakan jasa arsitek, maka perencanaan dan pembangunan menjadi lebih optimal dan kesalahan dalam pengerjaan pun dapat  lebih diminimalisir.Sebelum menetapkan arsitek, Anda dapat memperkirakan biaya untuk jasa arsitek terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk menghitung anggaran jasa arsitek, yaitu dengan persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan harga per meter persegi.

7 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Sebagai bagian yang pertama kali terlihat pada sebuah hunian, tampilan fasad tak boleh dikesampingkan. Fasad harus didesain semenarik dan secantik mungkin. Untuk membuatnya menarik, ada banyak aspek yang memengaruhinya. Mulai dari bentuk bangunan, pemilihan material, warna, hingga teksturnya. Pemilihan material menjadi salah satu yang berpengaruh pada tampilan fasad secara keseluruhan. Banyak ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih, dan masing-masing memiliki karakteristik menyangkut kesesuaian dengan gaya arsitektur hunian, ketahanan terhadap pengaruh lingkungan dan perubahan cuaca, dan juga keserasian untuk dipadukan dengan material lain.  Berikut ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih.

4 July 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Fengshui biasanya dihubungkan dengan mitos turun-temurun dari masyarakat Tionghoa. Citra 'klenik' memang sangat melekat, namun fengshui ternyata dapat diterapkan secara logis pada desain bangunan. Fengshui merupakan suatu kegiatan yang dicatat secara turun temurun yang mempelajari tentang keseimbangan antara angin dan air.“All about matter of balance"Dari ketertarikannya mempelajari fengshui, Endhi Purnomo, dosen arsitektur Universitas Trisakti sekaligus arsitek utama dari konsultan arsitek bernama EIP Architect dan rekan ini berguru secara langsung pada Lilian Too yang merupakan pakar fengshui terkenal di Hongkong. Dengan mengantongi sertifikat ilmu fengshui, konsep tersebut selalu diterapkan pada desain bangunan rancangannya, baik yang dasar hingga pada detail pemilik.

29 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Membangun rumah membutuhkan beberapa tahapan, termasuk proses perizinannya. Salah satunya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB merupakan perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Dibutuhkan kelengkapan berkas untuk dapat segera diproses oleh pihak yang berwenang. Pada segmen kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus perizinan untuk membangun rumah tinggal.

22 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Jendela, Dinding, dan Struktur

Membaca denah gambar kerja bukanlah hal yang sulit, hanya belum familiar bagi mereka yang berprofesi di luar bidang arsitektur ataupun teknik bangunan. Padahal, dalam merenovasi ataupun membangun rumah seringkali bertemu dengan denah gambar kerja dari arsitek ataupun kontraktor. Kali ini akan dibahas anotasi jendela, dinding, dan struktur pada denah hunian.

20 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

Dalam proses membangun dan merenovasi rumah tidak lepas dari gambar perancangan. Sebenarnya membaca gambar tersebut tidaklah sulit, namun tidak semua orang terbiasa, terutama bagi yang tidak berlatar belakang arsitektur.Pada segmen berikut akan dibahas cara cepat membaca anotasi pintu pada denah karena efektivitas dan efisiensi sebuah ruang sangat ditentukan oleh peletakkan pintu di dalam rumah. Terdapat 6 macam jenis pintu yang paling sering diaplikasikan pada tipologi bangunan hunian, yaitu pintu ayun, pintu ayun ganda, pintu pivot, pintu lipat, pintu geser, dan pintu saku.

15 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

PORO (CITY): Pemenang Sayembara FuturArc 2017 - Kategori Mahasiswa

-Berangkat dari semangat kompetisi masing-masing individu, tim sayembara lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Arsitektur angkatan 2012 ini berhasil menjadi pemenang sayembara FuturArc Competitions Asia's Leading Green Design 2017, untuk Kategori Mahasiswa. Tim sayembara dipimpin oleh Inas Raras Maheningtyas dan beranggotakan empat orang: Asmita Puspitasari, Bimo Wicaksana, Fadhil Hafizh Sadewo, serta Muhammad Ridho Kharisma Putra.

8 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Apakah Arsitektur Rumah Minimalis itu Murah karena Pemakaian Kata Minimal?

Apakah arsitektur rumah minimalis itu murah karena pemakaian kata minimal? Pemakaian kata minimal tidak secara mentah diartikan sebagai sesuatu yang murah karena minimnya eksplorasi desain. Justru, minimalis adalah salah satu cara mengaplikasikan desain sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Beberapa tahun belakangan ini, tren atau gaya arsitektur di Indonesia juga cenderung mengarah ke minimalis. Sebenarnya, apa yang disebut Minimalisme itu?

6 June 2017 / ARCHITECTURE / By Ratna Puspa Dewi

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

18 March 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

3 March 2017 / ARCHITECTURE / By Studio Papa

Vindo Design - Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Dalam mendesain sebuah ruang, setiap desainer interior tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri agar ruangan dapat terlihat lebih menarik. Bagi Eduardus Tri Aryo, desainer interior sekaligus pendiri Vindo Design, aksen dari warna cerah menjadi ciri khas yang bisa membuat sesisi ruang terasa lebih ceria.

3 February 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Nuansa Rumah yang Tenang dan Kaya akan Pengalaman Ruang

Kunci desain utama dari wujud, bentuk, dan material rumah yang digunakan merefleksikan kesempurnaan desain yang terdiri dari bentuk yang simple. Kunci desain ini juga diperkuat dengan konsep desain utama dari Evonil Architecture, yaitu: 'Kami ingin penghuni rumah merasakan arti rumah yang sesungguhnya, dengan nuansa rumah yang tenang dan kaya akan pengalaman menghuni rumah itu sendiri.'

10 December 2016 / ARCHITECTURE / By Evonil Architecture

Rumah Torrina - Representasi Gaya Hidup Urban

Tite Home: Rumah Torrina di Jatibening yang berjarak setengah jam dari Jakarta adalah representasi dari gaya hidup Urban. Kesibukan pasangan muda pemilik rumah Torrina menginspirasi Tite Home mengangkat penggabungan tema skandinavian dan modern untuk menghadirkan ruang yang simple dan clean.

26 November 2016 / ARCHITECTURE / By Tite Home

Roster - Elemen Desain pada Hunian Tropis

Blok ventilasi udara / vent block atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Roster merupakan ciri khas arsitektur tropis yang penerapannya sudah ada sejak dahulu kala. Salah satu elemen desain yang sederhana, namun efektif untuk mengatasi iklim tropis yang panas dan lembab. Selain berfungsi sebagai dinding pemisah antar ruang, roster juga memungkinkan adanya bukaan visual dan sirkulasi udara melalui lubang disela-selanya.

20 November 2016 / ARCHITECTURE / By Maureen Suryani

Ashari Architect - Desain Kontekstual Sesuai Iklim Indonesia

Desain yang menarik selalu berawal dari konsep yang baik. Melalui proses yang tidak instan, dibutuhkan pemahaman dan pemikiran akan fungsi ruang yang sesuai dengan kebutuhan pemilik. Dalam hal ini, Emir Ashari, pendiri dari Ashari Architect selalu mengedepankan desain sederhana yang fungsional untuk kemudian dituangkan ke dalam bentuk-bentuk estetis yang juga dapat mendeskripsikan kepribadian klien.

6 November 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Menilik Arsitektur Rumah Mipibu dari Terra e Tuma Arquitetos Associados

Rumah ini mewakili situasi di Sao Paulo pada umumnya, bentuk lahan yang panjang dan sempit [5.6x30.0m], berbatasan dengan tetangga di sekitarnya dengan bukaan hanya di bagian depan lahan.

19 October 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Cubix Design Studio - Kombinasi Antara Teknik dan Seni

Diawali dengan kerja bersama disalah satu perusahaan desain di daerah Jakarta, kini Cubix Design Studio telah berdiri sendiri dalam menciptakan berbagai karya komersial dan hunian yang dapat dinikmati masyarakat luas. Didirikan oleh dua desainermuda Prieta Ayu Nugrahani lulusan dari FSRD - Desain Interior Universitas Trisakti dan rekannya Jessica Patria yang merupakan lulusan Teknik Arsitektur Universitas Indonesia, Cubix Studio Design merupakan perusahaan yang berfokus pada arsitektur dan desain interior sejak tahun 2010.

17 October 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Creating Design With No Edge - Delution Architect

Delution Architect merupakan sebuah perusahaan perencanaan arsitektur dan desain interior serta konstruksi yang didirikan oleh tiga arsitek muda yaitu Muhammad Egha, Sunjaya Askaria, dan Hezby Ryandi. Mereka sepakat mendirikan Delution pada tahun 2013 dan pada tahun berikutnya rekan mereka Fahmy Desrizal turut bergabung membangun Delution.

30 September 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Mendesain dengan Passion - Virgo Oktaviano Design (VOD)

Permainan warna dan pencahayaan merupakan ciri khas dari desain Virgo Oktaviano yang juga merupakan pendiri dari Virgo Oktaviano Design. Di awal tahun 2013, Igho panggilan akrabnya, membuka usaha Virgo Oktaviano Design yang berfokus pada bidang arsitektur dan desain interior. Pria lulusan dari Universitas Gunadarma ini sangat menggemari desain dengan konsep luxury yang dapat dilihat dari penerapannya pada beberapa proyek Virgo Oktaviano Design, salah satunya dalam desain interior Apartemen SATU8. “Saya suka bermain warna dan pencahayaan, jadi gimana saya menciptakan ruang yang luxury¸homey, dan cozy dari coloring dan lighting." ujar Pria kelahiran Bangka ini.

16 September 2016 / ARCHITECTURE / By Heni Nurmawanti

Rehabilitasi Dua Rumah di Largo do Trovador

Proyek apartemen yang dirancang oleh Pitagoras Group ini terdiri dari renovasi dua bangunan di daerah bersejarah Guimaraes, Portugal. Tujuannya adalah untuk menggunakan bangunan sebagai ruang komersial dan juga apartemen sewa dengan mengubah tipologi yang ada, tetapi tetap mempertahankan fungsi asli. Bangunan ini terletak di "Largo do Trovador", yang merupakan area transisi antara "Alameda de S. Damaso" dan zona "Couros" dimana sebagian besar area ini masih memiliki struktur yang mendefinisikan karakteristik perkotaan aslinya.

31 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Apartemen di Siena oleh CMTarchitects

Berlokasi di Monteriggioni, Siena, Italia, Apartemen ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan suatu proyek renovasi yang terletak di dalam bangunan yang dahulunya digunakan sebagai sekolah musik pada abad XIX, dipusat bersejarah Siena.

24 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah bagi Pohon oleh Vo Trong Nghia Architects

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup berkembang pesat sehingga berdampak pada kurangnya lahan hijau. Di Ho Chi Minh, tanaman hijau saat ini hanya menutupi sekitar 0,25% dari area seluruh kota. Tak hanya hilangnya area hijau, padatnya peduduk dan kendaraan motor yang berlebih juga menyebabkan kemacetan serta polusi udara yang sangat serius. Dari permasalahan yang ada tersebut, Vo Trong Nghia, seorang arsitek Vietnam kelulusan universitas Tokyo, memiliki ide untuk merancang sebuah bangunan rumah yang mendasarkan pada keselarasan dengan alam. Berikut ulasan selengkapnya.

12 August 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

Beberapa waktu silam, jasa arsitek dalam membangun rumah tinggal di Indonesia banyak kita temui di kota besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Bali, Medan dan seterusnya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak kita temui rumah tinggal dengan desain unik dan baik yang dikembangkan oleh arsitek di daerah-daerah lainnya, selain di kota besar.

18 July 2016 / ARCHITECTURE / By Vidya Spay, S.T., MaHS

YAK01-House: Model Rumah Minimalis di Bangkok, Thailand

Berlokasi tepatnya di Yen Akat Road Bangkok Krung Thep National Capital Port Thailand, model rumah minimalis 'YAK01' merupakan rumah seri Asia yang memiliki desain modern dan trendi. Rumah ini didesain secara spesifik untuk keluarga kecil modern. Berdiri di atas tanah seluas 560 meter persegi, rumah ini terdiri dari 500 meter persegi ruang internal dan sisanya digunakan untuk ruang terbuka. Seperti apakah rumah 'YAK01' yang didesain oleh Ayutt and Associates ini? Berikut ulasannya.

13 July 2016 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Tip Dekorasi Ruang Keluarga Untuk Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di dunia. Berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan bulan yang suci ini. Salah satu cara efektif dan menyenangkan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah dengan melakukan dekorasi ulang rumah. Yuk, Ikuti beberapa tips berikut ini yang dapat Anda coba dalam mendekorasi rumah untuk Bulan Ramadhan:

23 June 2016 / ARCHITECTURE / By Nurchalimah