“Architecture​​ as ​​Catalyst”

Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, talkshow, workshop, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

Setelah ketujuh kalinya, AFAIR UI akan kembali diselenggarakan pada Juli​​ 2017​​ hingga​​ Februari​​ 2018 dengan mengusung tema “Architecture as Catalyst”. Mengikuti analogi ‘katalis’ sendiri, arsitektur diharapkan dapat menjadi stimulan penggerak perubahan positif dalam lingkup perkotaan di sekelilingnya baik dalam segi sosial maupun ekonomi, dalam skala individu,​​ komunitas, ​​maupun​​ kota.

Melalui acara ini, Departemen Arsitektur UI ingin mengekspos kesempatan menyenangkan dari seorang arsitek dalam memahami konteks sekitar untuk menghasilkan solusi rancangan yang berdampak positif sekaligus mengeksplor dan memberikan kesan tersendiri bagi ruang-ruang​​ residual​​ dan​​ yang ​​terlupakan.

KONSEP ​​ACARA

A.    Konten​​ Pameran

AFAIR UI 2018 akan menunjukkan karya-karya terbaik mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior UI yang memiliki keunggulan dalam harmonisasi ide, kebutuhan manusia, dan lingkungannya. Karya-karya ini akan memberikan gambaran secara keseluruhan tentang arsitektur untuk masyarakat dan akan divisualisasikan dalam bentuk rancangan​​ pameran.

B.    Rancangan​​ Pameran

Tidak hanya dalam bentuk display, mock-up, instalasi, dan berbagai ragam visualisasi, pameran akan dikemas secara sederhana dan menarik untuk memberikan arti ke dalam sebuah ruang yang mendorong ​​arsitektur​​ untuk​​ menunjukkan​​ perannya​​ sebagai​​ katalisator.

C.    Sayembara ​​Desain

Sayembara Desain AFAIR UI 2018 akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Mengusung tema utama “Lost and Found: Reclaiming Architecture of Nobody” yang menantang mahasiswa untuk mengeksplor bagaimana arsitektur dapat berkontribusi terhadap perubahan, dimulai dari ruang residual, lingkup terdekat namun juga terlupakan dan tidak memiliki arti - yang dapat menjadi katalisator dari perubahan yang lebih besar.

Jadwal​​ Sayembara

Registrasi​​ Online​​                                        :​​ 25​​ Juli​​ 2017 ​​​​ 20 ​​Oktober​​ 2017

Sharing ​​& ​​Technical​​Meeting   ​​                    :​​ 9 ​​September​​ 2017

Deadline​​ Pengiriman​​ Proposal​​ Desain​​       :​​ 20 ​​Oktober ​​2017

Tahap​​ Penjurian​​ Awal​​                                  :​​ 23​​ Oktober ​​2017​​​​15 ​​Desember​​ 2017

Pengumuman ​​Top​​ 5​​                                    :​​ 20​​ Desember​​ 2017

Tahap​​ Penjurian​​ Akhir​​ dan​​ Presentasi​​ Finalis​​:​​ Main​​ Event​​ AFAIR​​ 2018

Juri​​ Sayembara

Sarah​​ Ginting​​ (SAGI​​ Architects)

Achmad​​ Hery​​ Fuad​​ (Akademisi​​ Universitas Indonesia)

Adi​​ Panuntun ​​(Sembilan ​​Matahari)


RANGKAIAN ​​ACARA

A.    Pre-Event

Acara   : Talkshow​​​ dan​​ Technical​​ Meeting​​ Sayembara​​ Desain

Waktu  : 9 ​​September​​ 2017

Tempat: Auditorium ​​K-301, ​​Fakultas Teknik,​​ Universitas ​​Indonesia,​​ Depok

B.    Roadshow

Acara   : ​​Instalasi​​Publik​​Interaktif

Waktu  : ​​4 - 5 ​​November​​ 2017

Tempat: ​​RTH​​ & ​​RPTRA​​ Kalijodo,​​ Jakarta ​​Utara

C.    Sayembara ​​Desain

Acara   : ​​Kompetisi​​​ “Lost​​ and​​ Found:​​ Reclaiming ​​Architecture​​ of​​ Nobody”

Waktu  :​​ 25​​ Juli​​ 2017​​ - ​​Main​​ Event

D.    Main ​​Event

Acara   :​​ Pameran, ​​​Talkshow,​​​ Workshop,​​ dan​​ Presentasi​​ Finalis​​ Sayembara

Waktu  :​​ 27​​Januari ​​-​​ 4​​ Februari​​ 2018

Tempat:​​ Art​​ and ​​Culture​​ Center, ​​Universitas ​​Indonesia,​​ Depok*

*to ​​be​​ confirmed

You May Also Like

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pertimbangkan hal ini saat memilih jasa kontraktor atau mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

24 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

Setelah Anda menentukan arsitek pilihan, apa yang harus Anda lakukan dengan arsitek? Gambar apa saja yang didapatkan dari arsitek pilihan yang merancang hunian Anda?Idealnya, terdapat beberapa tahap dalam proses desain yang dilalui oleh arsitek saat merancang hunian. Di tahap tertentu akan dibutuhkan banyak koordinasi antara arsitek dan pemilik agar desain hunian menjawab semua kebutuhan hunian impian Anda. Berikut tahapannya!

27 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri