Membaca denah gambar kerja bukanlah hal yang sulit, hanya belum familiar bagi mereka yang berprofesi di luar bidang arsitektur ataupun teknik bangunan. Padahal, dalam merenovasi ataupun membangun rumah seringkali bertemu dengan denah gambar kerja dari arsitek ataupun kontraktor. Kali ini akan dibahas anotasi jendela, dinding, dan struktur pada denah hunian.

Anotasi Jendela

Jendela merupakan aspek penting untuk sirkulasi udara alami dalam suatu ruang. Pengaplikasian jenis jendela harus disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Kesalahan peletakan jendela dalam suatu ruang akan berakibat fatal terutama bagi kesehatan. Terlebih lagi, untuk rumah tinggal atau apartemen yang akan ditinggali dalam waktu lama. Berikut terdapat 4 jenis jendela yang sering digunakan pada hunian di Indonesia.

 

Jendela Mati

Jendela yang tidak bisa dibuka-tutup ini biasanya berfungsi untuk memberikan penerangan ke dalam ruang dengan cahaya alami namun tidak berfungsi untuk sirkulasi udara. Jendela jenis ini biasanya digunakan untuk menghindari kesan masif pada suatu ruang atau memberikan aksen pada fasade.

 

Foto: WA House ©Dasadani


Foto: Budisari Residence ©Bluprin

Jendela Ventilasi

Sebutan ventilasi disesuaikan dengan letaknya pada sisi atas dinding dan dengan fungsi utama sebagai bukaan untuk pertukaran udara. Jendela jenis ini mayoritas digunakan pada kamar mandi sebagai ventilasi yang fungsional untuk sirkulasi udara dalam kamar mandi sekaligus sebagai bukaan untuk pencahayaan.


Foto: Greta90 ©Interiores

Artikel Lainnya: Apakah Arsitektur Minimalis itu Murah karena Pemakaian Kata Minimal?


Foto:Residential Project at Permata Hijau ©Mural

Jendela Geser

Berfungsi sama dengan pintu geser, jendela ini dibuka dengan cara digeser pada jalur rel. Jendela berfungsi efektif untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami, serta dengan pemakaian ruang yang lebih efektif dibandingkan dengan jendela ayun.


Foto: Grand Galaxy Residence ©Exxo Interior

Jendela Ayun

Sedikit berbeda dengan pintu ayun, jendela jenis ini tidak terlalu sering digunakan pada rumah tinggal. Pemakaian ruang yang kurang efisien mungkin menjadi alasan kurangnya pemakai jendela jenis ini. Namun di samping itu, jendela jenis ini seringkali dipilih oleh arsitek untuk membentuk gaya desain tertentu.


Foto: Dempo House ©Fabelio Design and Build


Foto: Red Renovation House ©Armeyn Ilyas

Anotasi Dinding dan Struktur

Penting untuk memahami gambar dinding dan struktur pada bangunan hunian untuk dapat membaca citra dan hubungan antar ruang yang akan terbangun. Umumnya, jenis dinding yang digunakan pada hunian adalah dinding partisi dan dinding bata, sedangkan kolom menjadi tiang penyangga beban pada hunian rumah tinggal.

Artikel Lainnya: Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

 

Kolom Struktur

Pada gambar kerja, kolom umumnya direpresentasikan dengan bidang yang diblok dengan warna hitam. Bentuk bidang kolom disesuaikan dengan bentuk kolom yang ingin dibangun. Dimensi kolom disesuaikan dengan beban yang harus ditopang tiap kolomnya. Pada struktur rumah tinggal sederhana kolom dapat disembunyikan pada dinding karena beban yang ditopang tidak memerlukan kolom dengan dimensi besar, sehingga ruang yang dipakai dapat lebih efektif.


Foto: Sujiva Living ©Somia Design

 Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Dinding Partisi

Dinding ini berfungsi untuk membagi ruang atau biasa disebut sekat. Ketebalan dari dinding partisi biasanya lebih tipis dari ketebalan dinding struktur karena fungsinya yang tidak menahan beban. Dinding ini bersifat dekoratif sehingga terdapat berbagai macam material dan bentuk yang dapat digunakan untuk membentuk dinding partisi ini.


Foto: NEXT House ©STUDIOKAS+


Foto: Rumah Kost Keputih Jilid 2 ©Andyrahman Architect

Dinding Bata

Dinding ini terbentuk dari susunan batu bata dan bersifat struktural pada rumah tinggal. Finishing dari dinding ini disesuaikan dengan desain yang diinginkan, dapat diekspos ataupun ditutup dengan plester.


Foto: DJ House ©Sontang M Siregar


Foto: Cipete House ©Inspiratio Indonesia

-Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda lebih memahami jenis jendela, dinding, dan struktur apa saja yang akan digunakan pada hunian Anda, ya!

Cover Foto: ©Tstactic

Artikel Lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pertimbangkan hal ini saat memilih jasa kontraktor atau mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

24 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri