Rumah tinggal menjadi tempat untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Di dalamnya mencakup ruang-ruang yang dibutuhkan untuk setiap anggota keluarga yang bersifat privat dan semi-privat. Ruang semi-privat inilah yang menjadi pusat aktivitas bersama dalam keluarga, sekaligus memberikan kesan pertama kepada tamu yang biasanya terdiri dari ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dan dapur kering. Area ini seringkali ditempatkan dalam satu ruang besar dengan sekat untuk membatasi setiap fungsi ruang dengan jelas.


Foto: Taman Mutiara ©Genesis+


Foto: Spring Hill ©Manna Interior

Namun, di samping sekat yang solid menggunakan banyak ruang, pemberian sekat juga dapat membatasi ruang pandang dan membuatnya terkesan sempit. Sebenarnya terdapat alternatif memberikan transisi ruang yang jelas tanpa menggunakan sekat solid untuk membuat fungsi ruang lebih efektif dan terkoneksi dengan baik.


Foto: Apartemen @Pondok Indah ©Virr Studio

Sekat Transparan

Sekat trasparan memiliki beberapa alternatif bentuk penerapan, seperti rak buku dengan jarak antar rak yang besar dan dapat diakses dari dua arah, seperti papan menggantung horizontal, atau rak dengan lubang bukaan di dua sisi sehingga dapat digunakan untuk dua ruang yang berbatasan, atau dengan pemakaian kaca dengan kusen tipis agar kesan transparansi tetap konsisten. Dengan penggunaan sekat transparan ini cukup menjadi pertanda transisi antar ruang yang jelas.


Foto: R&D Apartment ©Tre Studio


Foto: Wisata Bukit Mas ©Lumos Interior

Artikel Lainnya: Tips Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

Perbedaan Ketinggian

Penggunaan sistem perbedaan level lantai dapat diterapkan untuk memberi batas ruang tanpa membatasi ruang pandang. Ruang yang berdekatan dapat tetap harmonis dan berhubungan, namun privasi aktivitas antar ruang masih dapat terjaga. Perbedaan level lantai tidak harus ekstrim, satu level perbedaan lantai sekitar 10-15 cm sudah cukup membuat dua ruang berhubungan memiliki teritori yang jelas.


Foto: Interior Project ©INERRE Interior


Foto: Coasta Villa ©CASA Dekora

Penggunaan Motif dan Tinggi Langit-langit

Ruang yang berada dalam satu level ketinggian dapat menciptakan transisi ruang yang lebih mengalir dengan natural. Permainan motif dan perbedaan ketinggian langit-langit menjadi aplikasi yang tepat untuk membuat ruang tetap terbuka luas dengan karakter setiap ruang yang berbeda. Ruang dengan ketinggian langit-langit yang tinggi memberikan kesan ruang yang terbuka dan nyaman jika digunakan oleh banyak orang, dan sebaliknya. Suasana yang ingin diterapkan di suatu ruang dapat dilakukan dengan permainan tinggi langit-langit.


Foto: 3 Bedroom Loft Showunit Apartement ©2 QUADRAN STUDIO


Foto: SL House ©Koerie Design

Perbedaan Motif dan Material pada Dinding atau Lantai

Ruang dengan fungsi yang berbeda dapat menggunakan material yang berbeda di salah satu hingga semua sisi ruang tersebut, seperti lantai atau dinding. Perbedaan material yang digunakan dapat dengan mudah memberikan batas antar ruang dengan jelas. Repetisi motif material dengan memberikan jarak kosong antar motif juga dapat memberikan tanda pergantian fungsi ruang.

Artikel Lainnya: Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level


Foto: Gading Greenhill ©Studioku.Design.Asia


Foto: Interior Design of Apartment Room ©MIV Architects

Membingkai Ruang

Konsep bingkai ruang sama halnya dengan konsep dalam bingkai foto. Terdapat lebar dinding yang membentuk bingkai di beberapa atau semua sisi, sehingga ruang seperti berada dalam bingkai namun masih dengan bukaan antar ruang yang lebar. Hal ini seperti menciptakan gerbang baru ke ruang berikutnya.


Foto: 9B Residence ©Sontani+Partners


Foto: 3D Interior Rendering ©LINNE Studio

Artikel Lainnya: DoeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin