Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, teknologi semakin berkembang, segala hal pun menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Bekerja, tak melulu harus di kantor dan menetap di satu tempat. Aktivitas rutin di kantor pun dapat dilakukan dan diselesaikan cukup dari rumah saja.

Foto: B+M House

Foto: Balcony Living

Selain memberikan banyak fleksibilitas, bekerja di rumah juga mempermudah Anda membagi waktu antara aktivitas yang satu dan lainnya. Namun, dibutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk mendukung aktivitas bekerja Anda di rumah. Berikut tipnya!

Sebaiknya Dipisah

Ruang kerja sebaiknya memang terpisah dengan ruangan lain, seperti ruang tidur dan ruang keluarga. Hal ini karena ruangan terpisah dapat membuat Anda lebih fokus bekerja. Ruang kerja yang gabung dengan ruangan lain akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Selain itu, hal ini juga dapat mengganggu anggota keluarga lain yang membutuhkan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk bekerja.

Foto: 11A Residence

Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Namun, Jika Anda tak memiliki ruang yang dapat Anda jadikan ruang kerja, Anda dapat menjadikan salah satu sudut di rumah Anda untuk dijadikan ruang kerja. Asal, keperluan internet, listrik, dan keperluan lainnya harus terpenuhi pada sudut tersebut.

Sesuaikan dengan Profesi

Dalam mendesain ruang kerja, sebaiknya sesuaikanlah dengan profesi Anda karena akan mempengaruhi ukuran meja kerja yang Anda butuhkan. Ukuran meja kerja seorang arsitek dengan orang yang bekerja sebagai konsultan pastilah berbeda. Arsitek membutuhkan meja kerja yang besar untuk keperluan menggambar. Sementara, konsultan tak perlu meja kerja yang besar asalkan tetap ada area untuk meletakkan komputer.

Foto: h-cdn

Kurangi Jumlah Peralatan Kerja

Sebenarnya, ruang kerja dapat tercipta walaupun hanya terdiri dari satu meja kerja dan satu kursi. Namun, Anda juga pasti membutuhkan peralatan, seperti komputer, telepon, atau peralatan yang mendukung kerja. Alat tulis kantor atau ATK juga merupakan peralatan yang wajib ada di meja kerja.

Foto: Geylang Showflat

Foto: Asia15 Residence

ATK sebaiknya tidak boleh jauh dari jangkauan Anda. Sediakan juga tempat dokumen penting yang jauh dari jangkauan anak. Jangan meletakkan benda-benda yang tidak penting di meja kerja sebab akan membuat meja berantakan.

Sirkulasi dan Pemandangan

Ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi. Jika diperlukan, pasang penyejuk udara (AC). Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Selain sirkulasi udara, Anda juga memerlukan sebuah pemandangan yang indah agar rileks dalam bekerja. Situasikan arah hadap kerja Anda ke arah jendela dengan pemandangan yang menarik. Namun, jika tak ada jendela,  ciptakan pemandangan tersebut dengan dekorasi kreasi Anda sendiri yang membuat ruangan kerja Anda tampak lebih menarik.

Foto: Tomang Residence

Pentingnya Pencahayaan!

Berilah pencahayaan yang sesuai untuk kesehatan mata Anda. Usahakan jangan memilih lampu yang terlalu terang karena akan membuat mata Anda mudah lelah dan jangan pula memberi pencahayaan yang terlalu redup karena akan membuat mata mudah merasa ngantuk.

Foto: manthoor

Bila Anda menggunakan komputer dalam bekerja, sebaiknya gunakan lampu berwarna putih sebab lampu berwarna kuning membuat mata perih jika terlalu lama menghadap ke layar komputer.

Foto: V&L Apartment

Cermat Memilih Furnitur

Buatlah aktivitas bekerja Anda senyaman mungkin. Karena Anda akan menghabiskan waktu yang tak sebentar di ruang kerja maka gunakanlah furnitur yang membuat Anda nyaman. Gunakan kursi yang aman untuk tulang punggung. Biasanya, kursi-kursi yang dijual di supermarket bangunan sudah memenuhi standar kesehatan untuk tulang punggung.

Foto: Kiri’s House

Foto: Greenville Apartment

Dengan mendesain ruang kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan, bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik karena Anda dapat bekerja dengan nyaman.

Artikel lainnya: Desain Elegan dan Natural untuk Ruang Keluarga

You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista