Project Details: bluprin.com/project/deeroemah

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

Foto: ©GeTsArchitects

Foto: ©GeTsArchitects

Menyadari potensi lingkungan sekitar yang tenang, pendekatan desain yang digunakan pada proyek ini adalah pendekatan desain yang jujur. Desain harus bersifat humble dan menyatu dengan lingkungan tetangga. Ide utama desain adalah mempertahankan masa bangunan asli dan memodifikasinya agar menyatu dengan suasana urban secara natural. Salah satunya dengan memanfaatkan ruang di bawah atap pada salah satu sisi bangunan yang bebentuk huruf L ini menjadi satu lantai tambahan.

Foto: ©GeTsArchitects

Pada lantai pertama, Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur didesain setransparan mungkin terhadap taman outdoor yang mengelilingi rumah dimana pohon-pohon yang ada digunakan untuk mengaburkan batasan luar dan dalam rumah. Sementara itu, setiap kamar tidur didesain agar memiliki view ke taman kecil.

Foto: ©GeTsArchitects

Ruang kantor semi-publik pada lantai kedua yang hanya dapat diakses dari tangga spiral outdoor, juga memiliki level keterbukaan yang sama terhadap area sekeliling dengan penggunaan kaca menghadap teras dan taman. Naungan natural dihadirkan pada salah satu sisi ruang kantor menggunakan sebidang screen kayu yang diposisikan diagonal dimana keterampilan pengerjaannya menonjolkan siluet dari sebuah rumah ‘kampong.’ Screen kayu ini juga berfungsi sebagai building skin menutupi aktivitas di dalam kantor dari sisi luar. Material yang digunakan diambil dari sisa kayu pabrik furnitur.

Foto: ©GeTsArchitects

Foto: ©GeTsArchitects

Menyokong konsep yang digunakan pada desain rumah ini, penggunaan material disederhanakan. Lapisan finish semen mendominasi keseluruhan rumah dengan sedikit detail kayu pada bagian fasad dan metal pada tangga outdoor. Kotak tanaman dengan tanaman menjuntai berfungsi sebagai railing dan mengaburkan tinggi rumah sesungguhnya. Elemen lansekap digunakan disini untuk memperlembut keseluruhan desain.

Foto: ©GeTsArchitects

Tantangan dan Solusi

Hal yang menjadi perhatian utama pada proyek ini adalah budget klien dan daerah sekitar. Solusinya dadalah dengan mempertahankan struktur beton awal dan memakai ulang beberapa material yang ada. Ini tentu membantu mengurangi budget yang diperlukan dan juga agar desain rumah yang baru ttidak jauh berbeda dari lingkungan ‘kampong’ sekitar.

Foto: ©GeTsArchitects

Gambar Denah Rumah

Foto: ©GeTsArchitects

Detail Lansekap

Terdapat pohon-pohon yang sudah ada pada kondisi rumah sebelumnya yang dipertahankan dan diintegrasikan ke dalam desain baru. Landscape dan Hardscape pada rumah ini membantu untuk menciptakan suasana dan kesan yang menarik di dalam rumah.

Foto: ©GeTsArchitects

 

Artikel lainnya: Rumah Kubu Tropis

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin