Project Details: bluprin.com/project/deeroemah

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

Foto: ©GeTsArchitects

Foto: ©GeTsArchitects

Menyadari potensi lingkungan sekitar yang tenang, pendekatan desain yang digunakan pada proyek ini adalah pendekatan desain yang jujur. Desain harus bersifat humble dan menyatu dengan lingkungan tetangga. Ide utama desain adalah mempertahankan masa bangunan asli dan memodifikasinya agar menyatu dengan suasana urban secara natural. Salah satunya dengan memanfaatkan ruang di bawah atap pada salah satu sisi bangunan yang bebentuk huruf L ini menjadi satu lantai tambahan.

Foto: ©GeTsArchitects

Pada lantai pertama, Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur didesain setransparan mungkin terhadap taman outdoor yang mengelilingi rumah dimana pohon-pohon yang ada digunakan untuk mengaburkan batasan luar dan dalam rumah. Sementara itu, setiap kamar tidur didesain agar memiliki view ke taman kecil.

Foto: ©GeTsArchitects

Ruang kantor semi-publik pada lantai kedua yang hanya dapat diakses dari tangga spiral outdoor, juga memiliki level keterbukaan yang sama terhadap area sekeliling dengan penggunaan kaca menghadap teras dan taman. Naungan natural dihadirkan pada salah satu sisi ruang kantor menggunakan sebidang screen kayu yang diposisikan diagonal dimana keterampilan pengerjaannya menonjolkan siluet dari sebuah rumah ‘kampong.’ Screen kayu ini juga berfungsi sebagai building skin menutupi aktivitas di dalam kantor dari sisi luar. Material yang digunakan diambil dari sisa kayu pabrik furnitur.

Foto: ©GeTsArchitects

Foto: ©GeTsArchitects

Menyokong konsep yang digunakan pada desain rumah ini, penggunaan material disederhanakan. Lapisan finish semen mendominasi keseluruhan rumah dengan sedikit detail kayu pada bagian fasad dan metal pada tangga outdoor. Kotak tanaman dengan tanaman menjuntai berfungsi sebagai railing dan mengaburkan tinggi rumah sesungguhnya. Elemen lansekap digunakan disini untuk memperlembut keseluruhan desain.

Foto: ©GeTsArchitects

Tantangan dan Solusi

Hal yang menjadi perhatian utama pada proyek ini adalah budget klien dan daerah sekitar. Solusinya dadalah dengan mempertahankan struktur beton awal dan memakai ulang beberapa material yang ada. Ini tentu membantu mengurangi budget yang diperlukan dan juga agar desain rumah yang baru ttidak jauh berbeda dari lingkungan ‘kampong’ sekitar.

Foto: ©GeTsArchitects

Gambar Denah Rumah

Foto: ©GeTsArchitects

Detail Lansekap

Terdapat pohon-pohon yang sudah ada pada kondisi rumah sebelumnya yang dipertahankan dan diintegrasikan ke dalam desain baru. Landscape dan Hardscape pada rumah ini membantu untuk menciptakan suasana dan kesan yang menarik di dalam rumah.

Foto: ©GeTsArchitects

 

Artikel lainnya: Rumah Kubu Tropis

You May Also Like

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

3 March 2017 / ARCHITECTURE / By Studio Papa

Nuansa Rumah yang Tenang dan Kaya akan Pengalaman Ruang

Kunci desain utama dari wujud, bentuk, dan material rumah yang digunakan merefleksikan kesempurnaan desain yang terdiri dari bentuk yang simple. Kunci desain ini juga diperkuat dengan konsep desain utama dari Evonil Architecture, yaitu: 'Kami ingin penghuni rumah merasakan arti rumah yang sesungguhnya, dengan nuansa rumah yang tenang dan kaya akan pengalaman menghuni rumah itu sendiri.'

10 December 2016 / ARCHITECTURE / By Evonil Architecture