Hong Kong merupakan kota dengan penduduk yang padat dan memiliki tingkat biaya hidup yang juga tinggi, tidak terkecuali bagi anak muda. Penyewaan tempat tinggal menjadi permasalahan bagi para siswa dimana apartemen yang memadai dan bagus menawarkan harga sewa yang relatif tinggi, sedangkan apartemen yang lebih murah tidak cukup nyaman. Bertujuan memberikan solusi untuk masalah penyewaan ini, LYCS Architecture menghadirkan desain interior apartemen revolusioner yang dikhususkan untuk para siswa, yaitu Campus Hong Kong. Tim desainer menjawab permasalahan dengan cara baru dan terjangkau dengan merenovasi bangunan hotel yang sudah ada.

Interior Apartemen

© Baybridge Hotel

Berlokasi di distrik Tsuen Wan, Hong Kong, apartemen ini menawarkan kenyamanan transportasi dan  pemandangan teluk Hong Kong yang indah. Bangunan memiliki kapasitas 48 apartemen siswa yang terletak di 3 lantai terbawah dari hotel. Ruang umum siswa didesain menjadi lingkungan yang nyaman untuk kegiatan sehari-hari dan juga area bermain. Selain itu, terdapat pula fasilitas gym, kafe, bahkan kolam renang.

Interior Apartemen 1

© Baybridge Hotel

Interior Apartemen 2

DORM ROOM PLAN

Luas area interior pada setiap kamar adalah sekitar 27 meter persegi. Dinding penyekat yang ada diantara dua kamar dihilangkan dan digantikan dengan meja tinggi sebagai ruang belajar dan area sosial untuk empat orang siswa. Dalam ruang yang terbatas ini setiap inci sepenuhnya digunakan, seperti tempat tidur dirancang menjadi setengah terangkat sehingga meja belajar dapat ditempatkan dibagian bawah tempat tidur guna memaksimalkan penggunaan ruang.

Interior Apartemen 3

© Baybridge Hotel

Setiap tempat tidur dilengkapi dengan akses tangga baja, tirai untuk privasi, stop kontak listrik, dan juga lampu baca. Dengan tirai yang tertutup, siswa akan memiliki area pribadi yang juga memiliki gantungan baju, rak, dan laci yang bisa dikunci, ruang penyimpanan terpisah, beserta dengan meja built-in yang memiliki sebuah colokan USB. Ini adalah pengalaman yang menyenangkah bagi siswa untuk dapat belajar dan sekaligus bekerja di area tempat tidur. 

Interior Apartemen 4

© Baybridge Hotel

Para siswa dapat menikmati kenyamanan dari ruang yang luas, baik ketika berbaring di tempat tidur atau saat duduk di kursi. Langit-langit yang kosong menjadi area bagi penyewa untuk membuat pola favorit atau menggambar sesuatu yang diinginkan. Para siswa juga dapat menikmati pemandangan laut yang indah melalui jendela. Setiap unit apartemen juga dilengkapi dengan kamar mandi umum, dapur, dan tentunya fasilitas sehari-hari lainnya.

Interior Apartemen 5

© Baybridge Hotel

Interior Apartemen 6

© Baybridge Hotel

Mengingat biaya material dan tenaga kerja di Hong Kong, anggaran untuk keseluruhan proyek  apartemen ini relatif rendah.  Munculnya jenis apartemen baru ini merupakan sebuah solusi untuk memecahkan masalah yang ada dan juga menjanjikan untuk pasar penyewaan di China. Tanpa mengeluarkan biaya tinggi atau pengeluaran bulanan, anak muda akan tetap bisa mendapatkan tempat tinggal dan kehidupan yang mereka inginkan.

Interior Apartemen 7

COMMUNITY ROOM PLAN

 

Sumber Gambar : http://www.archdaily.com/

You May Also Like

Calibrate Coffee - Desain Cafe Bergaya Eklektik Kontemporer

Berlokasi di daerah Puri Kembangan, Jakarta Barat, proyek desain cafe bergaya eklektik kontemporer ini dirancang oleh Mile Atelier dengan luas area 140 meter persegi dan diberi nama Calibrate Coffee oleh sang pemilik.

29 April 2017 / INTERIOR / By Ratna Puspa Dewi

Desain Apartemen Cerah & Hangat Bergaya Scandinavian Interior

Mengusung konsep simplicity, unit apartemen yang terletak di daerah Jakarta Pusat ini menganut gaya Scandinavian Interior yang dipadukan dengan elemen dan filosofi budaya Jepang. Tentunya konsep ini bukan semata-mata mengikuti tren, namun lebih kepada esensi dari karakteristik penghuni yang dituangkan ke dalam ruang kosong (bare space).

8 February 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Komunikasi Bagian Lama dan Baru: Renovasi Rumah El Cabanal

Rumah loft yang unik ini berlokasi di dekat Pantai Malvarrosa, Kota Valencia. Awalnya, rumah ini berada di lantai atas townhouse biasa yang dibatasi dinding bersama. Akses dari jalan harus melalui tangga yang sempit. Letaknya yang menjorok membutuhkan ruang-ruang penghubung yang mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara dari sebuah taman kecil.

18 November 2016 / INTERIOR / By Bluprin

Kantor SPPI oleh Delution Architect

Konsep desain kantor yang dapat menampilkan identitas perusahaan merupakan hal yang terpenting. Sama halnya dengan konsep yang diterapkan pada desain Kantor SPPI yang terletak di Kota Kasablanka, Jakarta. Delution sebagai tim arsitek dalam proyeknya kali ini ingin merepresentasikan SPPI melalui penggunaan unsur-unsur yang terdapat pada logo perusahaan.

17 September 2016 / INTERIOR / By Heni Nurmawanti