Bagi anak, kamar tidur bukan hanya sekedar tempat melepaskan lelah dan beristirahat setelah beraktivitas seharian.  Dalam kamar tidurnya, anak bisa bermain, belajar, dan beristirahat dengan nyaman.  Kamar tidur anak sebaiknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan desain kamar tidur anak harus dirancang se-kreatif dan se-unik mungkin, agar tidak monoton dan membuat anak menjadi bosan. Berikut ini beberapa tips dan ide kreatif yang unik dalam desain kamar tidur anak:

1. Sesuaikan Dengan Cita-Cita Anak

Coba tanyakan pada anak Anda tentang cita-cita mereka. Cita-cita anak bisa dikembangkan menjadi ide desain kamar tidur yang kreatif dan unik.

Kamar Tidur Kokpit Pesawat Terbang

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak

Foto: photobaskova

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak1

foto : eastsidehouse

Jika anak Anda bercita-cita menjadi pilot, desain kokpit pesawat terbang sangat cocok untuk anak Anda.  Cobalah browsing untuk mengetahui istilah-istilah dalam kokpit agar kamar tidur anak dapat didesain semirip mungkin dengan kokpit sebenarnya, Anda juga bisa menambahkan wallpaper dengan tema pesawat yang akan membuatnya semakin menarik. Dengan demikian, kamar tidur anak bisa sekaligus membantu pengenalan terhadap cita-cita anak Anda.

Kamar Tidur Pembalap

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak2

Foto: amazinginteriordesign

Jika anak Anda bercita-cita menjadi seorang pembalap, desain mobil balap, arena balap, dan pit-stop tentu akan sangat disukainya. Desain seperti ini memang tidak dijual bebas namun Anda dapat memesannya secara khusus, dan tidak ada salahnya mengembangkan cita-cita anak lewat desain kamar tidur yang unik ini.

Kamar Tidur Tentara

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak3

Foto: fotorumah

Cita-cita menjadi tentara pembela negara, tentulah sangat mulia. Desain kamar bernuansa tentara ini akan menumbuhkan semangat cinta tanah air pada anak Anda. 

Kamar Tidur Luar Angkasa

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak4

Foto: rilane

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak5

Foto: rilane

Menjadi seorang astronot menjadi cita-cita dari sebagian anak-anak , apalagi mengingat teknologi luar angkasa yang sedang berkembang pesat. Dukunglah cita-citanya dengan desain kamar tidur yang bernuansa luar angkasa. Desain tempat tidur yang menyerupai spaceship dengan wallpaper atau desain lampu bernuansa planet dan benda-benda luar angkasa, pasti sangat menyenangkan. Jika anak Anda menyukai sesuatu yang berhubungan dengan luar angkasa, desain kamar seperti ini sangat cocok untuknya.

2. Karakter Film Bisa Menjadi Ide Yang Menarik

Kamar Tidur Frozen

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak6

Foto: desainic

Siapa yang tak kenal dengan film animasi “Frozen”.  Film ini sangat mendunia dan menjadi idola banyak anak.  Desain kamar unik bertema “Frozen” pasti membuat anak Anda betah dan nyaman. Apalagi dengan perpaduanwarna biru dan ungu lembutnya yang menenangkan pikiran. Desain kamar tidur ini tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Berbagai aksesoris Frozen sangat banyak dijual di pasaran.

Kamar Tidur Tarzan

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak7

Foto: designic

Tokoh fim yang terkenal juga bisa menjadi ide kreatif yang unik.  Tokoh Tarzan cukup dikenal dan menarik untuk diterapkan. Di dalam desain kamar tidur bertema ‘Rumah Tarzan’ ini, anak bisa mengeksplorasi imajinasinya sekaligus kemampuan motoriknya. Kamar tidur dengan ide ini akan membuat anak merasa berpetualang setiap hari.  Namun, segi keamanan harus tetap diperhatikan.  Pemanfaatan tanaman juga bisa lebih menciptakan suasana hutan.  Selain itu, juga menyegarkan mata anak setelah membaca buku atau bermain gadget.

Kamar Winnie The Pooh

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak8

Foto: homebnc

Karakter kartun Winnie The Pooh  ini cukup dikenal dengan karakternya yang lucu. Pemanfaatan wallpaper dan tempat tidur bergaya Winnie The Pooh dapat membuat kamar tidur anak menjadi unik dan menyenangkan.

3. Kembangkan Jiwa Petualang dan Imajinasi Anak

Kamar Tidur Bajak Laut

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak9

Foto: portwings

Jika anak Anda menyukai petualangan bajak laut, desainlah kamar tidurnya dengan berbagai pernak-pernik bajak laut. Mulai dari tempat tidur yang menyerupai kapal bajak laut, peti harta karun untuk tempat menyimpan mainannya, sampai jaring sebagai tempat persembunyiannya. Desain kamar ini akam membuat anak Anda merasa berpetualang di laut lepas.

Kamar Tidur Istana Negri Dongeng

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak10

Foto: sweetretreatkids

Desain kamar tidur yang mirip dengan istana kerajaan di negri dongeng ini pasti menjadi imajinasi setiap anak perempuan.  Warna ungu dan putih yang mendominasinya menciptakan nuansa girly, cerah dan menyenangkan.

Kamar Tidur Kapal Gantung

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak11

Foto: photobaskova

Dari segi keamanan, desain kamar tidur ini lebih cocok untuk anak berusia 10 tahun ke atas. Ruang di bawah tempat tidur cukup luas dan bisa dimanfaatkan sebagai ruang belajar dan bermain.

Tidak ada batasan berkreatifitas dan menemukan ide unik dalam  merancang ruang. Begitu juga dengan desain kamar tidur anak.  Kembangkanlah kreatifitas Anda, sesuaikan dengan cita-cita anak Anda.  Tokoh film atau tokoh idola anak juga bisa menjadi ide menarik dan Ingatlah untuk selalu mengembangkan jiwa petualang dan imajinasi anak.

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin