Ruang tamu merupakan ruangan yang memiliki fungsi memberikan kenyamanan bagi keluarga dan juga tamu. Lalu, bagaiman dengan Anda memiliki ruang tamu yang kecil? Tidak perlu berkecil hati! Walaupun mungil, ruang tamu minimalis dapat menjadi kreasi ruangan istimewa yang tentunya juga dapat memberikan kesan nyaman dan estetis. Berikut ini, beberapa tips bagaimana mendesain ruang kecil tamu Anda menjadi lebih istimewa.

Foto: Kebayoran Villa

Fokus Pada Potongan Besar

Ruangan yang kecil perlu memperhatikan potongan besar dari ruang tamu Anda. Potongan  besar dari ruang tamu adalah sofa atau bangku sebagai tempat untuk bersantai serta pusat hiburan. Potongan besar itu merupakan hal utama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mendesain ruang tamu Anda menjadi nyaman.

Foto: Urban Pop House

Foto: R&D Apartment

Artikel lainnya: Rumah Kubu Tropis –Arsitektur sebagai Branding

Konsep Pewarnaan

Konsep pewarnaan yang cocok untuk ruang tamu yang kecil adalah menggunakan warna netral untuk item yang besar seperti sofa, kursi, ataupun bangku. Selain itu dalam pencahayaan ruangan, gunakan pencahayaan ruangan yang natural.

Foto: La Verde Magnolia

Foto: Kuningan House

Furniture Yang Cocok

Untuk ruang tamu yang kecil, Anda dapat menggunakan beberapa furniture seperti :

Sofa/Bangku - Anda dapat menggunakan sofa ataupun bangku untuk ruang tamu Anda. Perlu diperhatikan, untuk ukuran sofa jangan terlalu besar karena dapat menghalangi jalan Anda karena sofa yang terlalu besar memakan tempat.

Foto: Rumah Torrina

Rak buku - Ruang yang tidak besar tentunya tidak dapat menampung banyak barang. Rak buku akan sangat dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang Anda.

Foto: Lavende Residence

Foto: La Verde Magnolia

Bingkai foto - Bingkai foto dapat Anda jadikan aksesoris yang tidak memakan tempat karena ditempel di dinding dan juga mempercantik ruang tamu Anda.

Foto: Guru Mughni Residence

Meja Samping - Meja samping di ruang tamu dapat berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan pajangan, aksesoris, maupun makanan atau minuman ringan.

Artikel lainnya: Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

sumber: livaza.com

You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista