Foto: Suasana peluncuran buku Firmitas oleh Aboday Design bersama perwakilan pihak penerbit dan sponsor

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

“Firmitas direncanakan menjadi coffee table book yang ringan tapi penting. Rahasia dapur Aboday Design dibahas semua dalam buku ini, kekurangan dan kelebihan desain kami di setiap proyeknya. Tidak hanya itu, disisipkan poin-poin penting pada bagian akhir setiap proyek yang dapat menjadi pembelajaran signifikan yang biasanya tidak diajarkan secara mentah di bangku kuliah.” jelas Ary Indra.

Ditulis sendiri oleh kedua principalnya, Rafael David dan Ary Indra beserta tim buku ini menghadirkan 20 proyek Aboday Design yang masih dalam tahap pengembangan selama proses pembuatan buku. Tidak hanya itu, kedua arsitek handal ini membagikan representasi pertumbuhan, perubahan, dan perenungan Aboday selama ini lewat 13 proyek baru mereka.

Principal Aboday Design dengan dua arsitek yang berperan sebagai penulis buku Firmitas

Foto: Principal Aboday Design dengan dua arsitek yang berperan sebagai penulis buku Firmitas

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan aplikasi Ars yang menawarkan pengalaman berbeda untuk pembaca. Dengan lampiran barcode pada buku, pembaca dapat menikmati suasana proyek serupa virtual tour yang akan terus diperbaharui seiring perkembangan proyek-proyek tersebut. Dengan aplikasi ini, karya buku Firmitas dapat terus dirasakan manfaatnya untuk pembaca.

Melalui deretan proyek tersebut, Aboday Design ingin membangun wacana bahwa arsitektur juga tentang peraturan, standar desain, dan pengetahuan material. Hal-hal inilah yang seringkali tidak diajarkan di bangku kuliah yang membuat semakin menarik adalah melalui buku ini biro arsitek ini sedikit banyak juga membuka rahasia dapurnya.

Dengan pengemasan buku yang ringan, Aboday Design berharap buku ini akan lebih banyak dibaca oleh para mahasiswa desain, arsitektur, atau bahkan pengamat desain sekalipun. Dengan desain yang simpel juga membuat buku ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Artikel lainnya: 5 Unsur Penting untuk Membentuk Brand Identity Biro Arsitektur

“Penerbitan buku yang berisi karya arsitektur bukan hal mudah. Pertama, untuk siapa dan untuk apa ia hadir merupakan dua pertanyaan yang sudah klise namun mendasar dan perlu dijawab dengan teliti,” ungkap Profesor Gunawan Tjahjono dalam kata pengantar buku Firmitas. Beliau juga mengungkapkan apresiasi kepada Aboday Design untuk upayanya dalam mempertimbangkan nilai kemanusiaan pada setiap proyek dan melakukan desain sebagai suatu refleksi dari proses perenungan Aboday dalam pencarian makna yang lebih dalam. Nilai inilah yang amat pantas dihargai dalam konsistensi Aboday Design dan mengesampingkan nilai keuntungan semata. (Aisya Putri)

Showcase portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

HDII AWARD 2017 Lahirkan Desainer Interior Muda Indonesia Berkelas Dunia

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

11 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pertimbangkan hal ini saat memilih jasa kontraktor atau mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

24 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri