Foto: Para pemenang utama dalam ajang HDII Award 2017

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.

Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

Dihadiri oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif - Triawan Munaf, Deputi Hubungan Antar Lembaga BEKRAF - Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF - Abdur Rohim Boy Berawi, Jajaran Dewan Juri HDII Award  2017: Robert Su – Managing Director of Portfolio Desain Partnership (Shanghai), Miranti M Lemy Djohan – Editor in Chief CASA, Suzy Anneta –  Founder&Editor in Chief Design Anthology (Media Desain Asia) Hongkong, Chris Yap –  Ketua APSDA (Asia-Pacific Space Designers Association), Rudy Dodo – Ketua Dewan Juri, Pengurus HDII Pusat, dan pemilik dari Trivium Design Group, para Ketua Cabang HDII di seluruh Indonesia, anggota HDII serta para sponsor yang telah mendukung mewujudkan seluruh rangkaian HDII Award 2017 ini.


Foto: Kepala BEKRAF, Triawan Munaf memberikan sambutan dalam acara HDII Award 2017

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf, menyampaikan dalam sambutannya, berharap HDII Award 2017 ini dapat memacu pertumbuhan potensi Profesi Interior Design di indonesia untuk lebih dapat bersaing di tingkat Global sehingga ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Indonesia.

Ketua HDII Nasional, Lea Aviliani Aziz menyampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Panitia, dan Pihak pendukung lainnya atas suksesnya kegiatan ini khususnya kepada para peserta HDII Award 2017 yang begitu antusias dan memiliki karya-karya yang istimewa. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karyanya dalam kegiatan Asosiasi desain interior tingkat dunia, seperti APSDA – Asia Pacific Space Design Association

Terdapat lebih dari 130 karya yang masuk dan diterima oleh Panitia HDII Award 2017 yang kemudian semua data yang masuk dikirimkan kepada seluruh jajaran Dewan Juri untuk dinilai yang menghasilkan 5 karya nominasi untuk setiap kategori. Adapun Jumlah Peserta tersebut adalah jumlah yang terbanyak dan hampir mencapai 3x lipat dibandingkan oleh peserta ajang penghargaan sebelumnya, Ini jelas menandakan meningkatnya aktifitas Ekonomi bagi Sektor Interior Desain serta tumbuh segarnya potensi-potensi baru dalam profesi Desain Interior di indonesia, ungkap Muhammad Egha, Ketua Panitia HDII Award 2017.

Mewakili jajaran Dewan Juri, Robert Su menyampaikan apresiasinya kepada desainer interior Indonesia yang telah menghasilkan karya-karya yang baik dan berkelas dunia.

Para Nominator dan Pemenang HDII Award 2017, diantaranya:

Rekomendasi Kontraktor Terbaik 2017 untuk 1 Proyek,

PT Inovasi Karya Dinamika

Akira Back , Place

PT Gajah Bumi Universal

Bottega Ristorante, SCBD

 

Penghargaan Utama

Kategori Hunian/Residential

Marcia Amanda Saputra , The Secret Villa in Shoploft (Pemenang)

Julio Jullianto, Skylight House

Samuel A Budiono, Harmony House

Adelinah Chandrarahardja, Toyota Housing

Lanny Marlita, Show Unit Pondok Indah

 

Kategori Working Space

Lanny Marlitta Ridjab, Office Jakarta (Pemenang)

Santi Alaysius, Gojek Headquarters

Kezia Karin, Corpus Group Office

Prapanca Muchtar, Oracle Indonesia

Hezby Ryandi, Prikarsa Office

 

Kategori Retail-Komersil

Devi Anggiasari, GAIA Beauty Lounge (Pemenang)

Laode Norman Alamsjah, The SPA

Fransiscus Arnold Angga Pratama, Flux Gaming Lounge

James Widjaja, Egome Denim

James Widjaja, La-Chetau Living

 

Kategori Restaurant, Lounge and Bars

Leo Einstein Fransiscus, Lemongrass (Pemenang)

Leo Einstein Fransiscus, Nam Thai Kitchen & Bar

Riana Safitri, Cafe Cerita

Robert Basuki Wanasida, Kluwih Sunda Authentic

James Widjaja, Chamber Food & Spirite

 

Kategori Hospitality

William Kurniawan, Royal Tulip Gunung Geulis (Pemenang)

William Kurniawan, Samasta Movenpick

Shinta Meirina Hapsari, The Anvaya

Shinta Meirina Hapsari, Rumah Luwih

Chrisye Octaviani, Park 5 Hotel

 

Kategori Area Publik/Public Space

Hezby Ryandi, Shelter of Nature Mosque (Pemenang)

Samuel A Budiono, Ahava Chapel

Riana Safitri, HKBP Serpong Church

Hans Susantio, Ancol Seafront Clubhouse

 

Penghargaan Apreasiasi

Kategori Konseptual

Julio Julianto, Dreamland Heights (Pemenang)

William Kurniawan, Royal Lenggang Hotel

Shinta Meirina Hapsari, Summareccon Makassar

Samuel A Budiono, Music Lounge

Rama Budhisurya, Senopati Suite Apartement


Selain sertifikat dan trophy ikonik HDII Award yang didesain khusus oleh Ibu Rita Widagdo – Maestro Seni Patung Indonesia, para pemenang juga akan mendapatkan  publikasi karya desainer interior anggota HDII dalam skala nasional, regional dan internasional melalui kegiatan HDII, serta memanfaatkan membership HDII diluar negeri seperti APSDA (Asia pacific Space Designer Association), serta publikasi lainnya di media cetak dan elektronik.

Semoga ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia dapat senantiasa menjadi wadah kreativitas anak bangsa, yang menantang desainer interior dari kalangan profesional untuk menampilkan desain terbaiknya.

Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan HDII Award 2017 dapat mengunjungi www.hdiiaward.com.

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

The Hotel Week Indonesia 2017: Tawarkan Ajang Diskusi, Kompetisi dan Solusi dari Tantangan Industri Hospitaliti Masa Kini

Senin, 13 November 2017 The Hotel Week Indonesia menggelar press conference di Hotel Grand Sahid Jakarta membahas isu yang diangkat dari penyelenggaraan The Hotel Week Indonesia kali ini. Persoalan akan kondisi kelebihan pasokan kamar (oversupply) yang terjadi di kota-kota besar, kekurangan tenaga kerja tersertifikasi (brain drain), dan tergerusnya keuntungan dari pemilik/operator hotel karena online travel agency yang meminta komisi lebih tinggi dari travel agency konvensional yang menjadi perhatian. Para profesional mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapi industri perhotelan di Indonesia.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri