Tak jauh berbeda dari ruangan lainnya, kamar mandi juga harus didesain sesuai keinginan dan kebutuhan agar terasa nyaman saat digunakan, lantaran fungsinya yang sangat penting untuk menunjang aktivitas Anda setiap hari. Bagi Anda yang ingin menciptakan nuansa alam yang segar, desain kamar mandi tropis bisa menjadi pilihan tepat. Kamar mandi bergaya tropis biasanya kental dengan nuansa natural dan menyatu dengan alam.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : inspirationseek

Desain ini pun biasanya dicirikan dengan memberikan banyak ruang terbuka dan banyak tanaman hijau, yang diletakkan di dalamnya. Penggunaan material-material serba ekspos juga dipakai pada konsep ini, seperti atap genting tanah liat atau sirap yang terlihat lebih alami dan semen ekspos pada dinding.

Konsep desain sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Selain desainnya yang menyatu dengan alam, desain tropis biasanya juga dicirikan dengan memiliki bukaan yang memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik.


Artikel Lainnya: Ide Dekorasi Cermin di Kamar Tidur

Berikut beberapa inspirasi desain kamar mandi bergaya tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis1

Foto : puentesentremundos

Batu alam juga bisa menjadi pilihan penutup dinding agar menambah kesan tropis pada kamar mandi.

Desain Kamar Mandi Tropis2

Foto : decoist

Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, tetap bisa menerapkan konsep kamar mandi tropis. Caranya, dengan memasukkan unsur tanaman di dalamnya.

Desain Kamar Mandi Tropis3

Foto : myhomespace

Agar kesan tropis semakin terasa, Anda bisa memadukan bambu dan batu alam pada dinding serta lantai.

Desain Kamar Mandi Tropis4

Foto : Derek Swalwell

Nuansa tropis pun dapat diterapkan pada desain kamar mandi kontemporer

Desain Kamar Mandi Tropis5

Foto : lashconf

Selain didukung dengan permainan material, konsep kamar mandi tropis juga bisa diwujudkan dengan permainan warna, seperti kamar mandi ini, menggunakan warna cokelat muda.

Desain Kamar Mandi Tropis6

Foto : home-designing

Warna putih juga tetap dapat digunakan dalam konsep ini, asal ditambah dengan tanaman dan warna cokelat lanti atau atap.

Desain Kamar Mandi Tropis7

Foto : amatelarchitettura

Gunakan semen ekspos untuk material bathup dan wastafel. Jangan lupa pakai material batu alam untuk pelapis dindingnya.

Desain Kamar Mandi Tropis8

Foto : karmastream

Penggunaan material alami seperti kayu atau bambu pada dinding dan langit-langit menambah kesan natural pada kamar mandi, juga area outdoor yang dapat membuat Anda merasakan rileksasi.

Simak juga beberapa tip berikut ini untuk menyulap kamar mandi Anda menjadi kamar mandi bernuansa tropis.

1. Rubahlah warna dinding kamar mandi dengan warna-warna tropis. Warna ini bisa anda dapatkan dari cat tembok berwarna biru muda, cokelat,  hijau muda, oranye atau senada pasir pantai.

2. Berikan sentuhan aksesoris yang bernuansa tropis. Aksesoris ini bisa berupa lukisan bernuansa laut, handuk dengan motif bunga, vanities dengan bahan marmer dan lain-lain.

3. Sumber cahaya buatan untuk interior kamar mandi model tertutup.  Perhatikan warna lampu dan kap yang dipakai. Gunakan lampu yang terang dan dapat kap lampu yang berupa anyaman bambu.

4. Gunakan tirai bertekstur pepohonan dan dedauan untuk interior yang lebih tropis. Jika memakai bathtub dan memiliki tirai,  atau kamar mandi berjendela, gunakan gorden berpola bunga atau berpola bambu.

5. Penggunaan batu coral atau lantai dari kayu juga menciptakan kesan yang natural. Tidak perlu membongkar lantai, cukup dengan menambahkan tatakan lantai dari kayu/bambu yang diberi rongga/ruang sela.

 

Baca juga: Ezo Cheesecake & Bakery – Perpaduan Desain Interior Klasik dan Jepang

 

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin