Kamar mandi berukuran mini memiliki tantangan yang unik dalam segi penyimpanan perlengkapan mandi karena terbatasnya ruang. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki kamar mandi yang rapih dan teratur. Ada berbagai cara kreatif untuk menyimpan perlengkapan mandi sehingga walaupun mungil, kamar mandi tetap nampak indah, rapi, dan juga nyaman untuk digunakan.

Berikut adalah beberapa strategi penempatan perlengkapan mandi yang dapat Anda terapkan:

Di Area Shower Atau Bathtub

Dinding kamar mandi dapat dimanfaatkan untuk menyimpan perlengkapan mandi ataupun handuk. Baik itu berupa cerukan ataupun ambalan yang menonjol dari dinding.

Desain Kamar Mandi Mungil

Foto: Zillow

Desain Kamar Mandi Mungil 1

Foto: Minosadesign

Ruang kecil antara bath tub dan dinding juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat gantungan handuk.

Desain Kamar Mandi Mungil 2

Foto: Minosadesign

Desain bathtub yang dibuat 1 set dengan cerukan dinding untuk tempat penyimpanan ini juga sangat praktis dan estetik.

Desain Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Zillow

Di sekitar Toilet Duduk

Manfaatkan dinding kosong di atas toilet duduk dan sekitarnya untuk menjadi tempat penyimpanan dengan penambahan lemari dan ambalan kayu. Ambalan ini dapat digunakan untuk meletakkan handuk, tisu, alat rias atau elemen dekoratif lainnya. Tapi, kiranya penempatan ambalan tidak mengganggu pemakaian toilet duduk itu sendiri. Perhatikan batasan dimensi yang ergonomis dan aman untuk pengguna toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 4

Foto: BHG

Desain Kamar Mandi Mungil 5

Foto: Penthouse St. Moritz ©Indesign Domus

Satu lagi penggunaan tangga yang fungsional sekaligus dekoratif sebagai tempat gantungan handuk atau perlengkapan mandi lainnya dengan memanfaatkan ruang di belakang toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 6

Foto: Zillow

Artikel lainnya: Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

Di atas dan bawah Meja Wastafel

Lemari di atas wastafel dapat dibuat di belakang cermin sehingga multi fungsi. Selain untuk berkaca, juga dapat digunakan untuk meletakkan peralatan rias atau mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 7

Foto: BHG

Tempat penyimpanan yang paling banyak digunakan adalah di bawah meja wastafel. Lemari penyimpanan tertutup ini biasa digunakan untuk menyimpan peralatan pembersih kamar mandi serta stok perlengkapan mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 8

Foto: Bintaro House ©Inspiratio Indonesia

Desain Kamar Mandi Mungil 9

Foto: VL Apartment ©Tre Studio

Ide praktis lainnya adalah peletakkan tempat penyimpanan dengan memanfaatkan ruang di samping wastafel. Saat Anda bercermin di depan wastafel, penempatan peralatan rias maupun mandi pun ada dalam jangkauan.

Desain Kamar Mandi Mungil 10

Foto: Decorsnob

Desain Kamar Mandi Mungil 11

Foto: DIYhomedecor

Di Belakang Pintu Kamar Mandi

Bidang di belakang pintu dapat dimanfaatkan untuk deretan gantungan handuk mandi dan pakaian.

Desain Kamar Mandi Mungil 12

Foto:marthastewart

Tertarik untuk segera menata ulang kamar mandi mungil Anda? Dapatkan tempat penyimpanan maksimal tanpa mengesampingkan estetika. Kamar mandi yang nyaman tentunya juga akan membuat pemakainya betah berlama-lama di kamar mandi. Selamat berkreasi!

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Camping Pemanis Rumah

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin