Kamar mandi berukuran mini memiliki tantangan yang unik dalam segi penyimpanan perlengkapan mandi karena terbatasnya ruang. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki kamar mandi yang rapih dan teratur. Ada berbagai cara kreatif untuk menyimpan perlengkapan mandi sehingga walaupun mungil, kamar mandi tetap nampak indah, rapi, dan juga nyaman untuk digunakan.

Berikut adalah beberapa strategi penempatan perlengkapan mandi yang dapat Anda terapkan:

Di Area Shower Atau Bathtub

Dinding kamar mandi dapat dimanfaatkan untuk menyimpan perlengkapan mandi ataupun handuk. Baik itu berupa cerukan ataupun ambalan yang menonjol dari dinding.

Desain Kamar Mandi Mungil

Foto: Zillow

Desain Kamar Mandi Mungil 1

Foto: Minosadesign

Ruang kecil antara bath tub dan dinding juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat gantungan handuk.

Desain Kamar Mandi Mungil 2

Foto: Minosadesign

Desain bathtub yang dibuat 1 set dengan cerukan dinding untuk tempat penyimpanan ini juga sangat praktis dan estetik.

Desain Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Zillow

Di sekitar Toilet Duduk

Manfaatkan dinding kosong di atas toilet duduk dan sekitarnya untuk menjadi tempat penyimpanan dengan penambahan lemari dan ambalan kayu. Ambalan ini dapat digunakan untuk meletakkan handuk, tisu, alat rias atau elemen dekoratif lainnya. Tapi, kiranya penempatan ambalan tidak mengganggu pemakaian toilet duduk itu sendiri. Perhatikan batasan dimensi yang ergonomis dan aman untuk pengguna toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 4

Foto: BHG

Desain Kamar Mandi Mungil 5

Foto: Penthouse St. Moritz ©Indesign Domus

Satu lagi penggunaan tangga yang fungsional sekaligus dekoratif sebagai tempat gantungan handuk atau perlengkapan mandi lainnya dengan memanfaatkan ruang di belakang toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 6

Foto: Zillow

Artikel lainnya: Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

Di atas dan bawah Meja Wastafel

Lemari di atas wastafel dapat dibuat di belakang cermin sehingga multi fungsi. Selain untuk berkaca, juga dapat digunakan untuk meletakkan peralatan rias atau mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 7

Foto: BHG

Tempat penyimpanan yang paling banyak digunakan adalah di bawah meja wastafel. Lemari penyimpanan tertutup ini biasa digunakan untuk menyimpan peralatan pembersih kamar mandi serta stok perlengkapan mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 8

Foto: Bintaro House ©Inspiratio Indonesia

Desain Kamar Mandi Mungil 9

Foto: VL Apartment ©Tre Studio

Ide praktis lainnya adalah peletakkan tempat penyimpanan dengan memanfaatkan ruang di samping wastafel. Saat Anda bercermin di depan wastafel, penempatan peralatan rias maupun mandi pun ada dalam jangkauan.

Desain Kamar Mandi Mungil 10

Foto: Decorsnob

Desain Kamar Mandi Mungil 11

Foto: DIYhomedecor

Di Belakang Pintu Kamar Mandi

Bidang di belakang pintu dapat dimanfaatkan untuk deretan gantungan handuk mandi dan pakaian.

Desain Kamar Mandi Mungil 12

Foto:marthastewart

Tertarik untuk segera menata ulang kamar mandi mungil Anda? Dapatkan tempat penyimpanan maksimal tanpa mengesampingkan estetika. Kamar mandi yang nyaman tentunya juga akan membuat pemakainya betah berlama-lama di kamar mandi. Selamat berkreasi!

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Camping Pemanis Rumah

You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista