Foto: 4 Containers House ©ATELIER RIRI

Ingin hunian Anda layaknya sebuah tempat nongkrong yang asyik? Gaya industrial yang banyak diterapkan di kafe-kafe ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah. Dinding ekspos, adanya kabel atau pipa yang menjuntai, serta penggunaan material alam kerap menjadi ciri khas yang menandai konsep desain industrial.

Memang, sekilas konsep ini tampak menyeramkan dengan warna-warna cokelat tua yang mendominasi. Namun, di balik itu, tersimpan banyak kelebihan dari gaya satu ini yang tak semua orang menyadarinya. Apa saja kelebihannya?

Tampil apa adanya


Foto: Menampilkan tampilan apa adanya, ruang ini mengekspos dinding dan lantainya. Printing Office ©Madhava Architect

Bagi Anda yang ingin kejujuran dari tampilan rumah, sangat tepat untuk mencoba gaya ini. Pasalnya, pada bagian dinding dan lantai pada konsep ini lebih menampilkan tampilan yang apa adanya. Maksudnya, dinding dibuat asli tanpa ada finishing (tidak diaci atau dicor). Jika itu dari batu bata, material batu bata akan ditampilkan secara utuh.

Baca Juga: Inspirasi Taman Kering - Maksimalkan Penghawaan dan Pencahayaan di dalam Rumah

Lancar sirkulasi udara


Foto: Berbagai bukaan lewat jendela dan pintu diaplikasikan baik di lantai satu hingga ke lantai dua agar udara dapat mengalir lancar ke dalam rumah. Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Bagi yang mengutamakan kelancaran sirkulasi udara di rumah, Anda dapat menerapkan gaya ini. Dengan menerapkan banyak bukaan, konsep industrial yang terkesan sumpek pun sirna berkat sirkulasi udaranya yang lancar.

Ramah lingkungan


Foto: Furnitur yang mengisi rumah tidak harus selalu yang baru. Anda bisa manfaatkan barang bekas dan mengubah fungsinya seperti dinding yang dari kontainer ini. 4 Containers House ©ATELIER RIRI

Untuk mendukung desain ini, barang-barang bekas banyak yang digunakan kembali. Dengan dialihfungsikan, barang yang sudah harusnya dibuang dapat dimanfaatkan kembali menjadi fungsi yang berbeda. Konsep ini sangat tepat bagi Anda yang ingin menerapkan konsep ramah lingkungan.

Baca Juga: Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

Hemat Biaya


Foto: Tak perlu beli, kursi dan meja ini hadir dengan ciptaan sendiri dan dengan kreativitas yang dimiliki. Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Ketika mendesain hunian, kita pastinya ingin meminimkan pengeluaran yang ada. Sebisa mungkin biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, tetapi mendapatkan tampilan hunian yang baik. Konsep industrial ini bisa banget Anda terapkan. Berbeda dengan konsep lain yang membutuhkan material tambahan berupa gypsum, aci atau cat tembok. Justru gaya industrial tidak membutuhkan itu semua. Apalaginya, konsep ini erat dengan furnitur bekas, jadi tidak akan merogoh kocek lebih bukan?

Nyaman dan hangat


Foto: Sinar matahari yang masuk ditambah dengan material kayu pada lantai dan material ekspos di dinding memberikan kehangatan di kamar tidur ini. Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Warna-warna dari konsep industrial itu memang lebih didominasi oleh warna cokelat, abu-abu, dan hitam. Penerapan warna ini dapat memberikan kesan nyaman sekaligus hangat.

Menunjukkan kesan sederhana


Foto: Dengan tampilan yang apa adanya, konsep industrial berhasil menampilkan kesan sederhana di sebuah hunian. Interior Pomentia Residence ©Ranah Project

Penggunaan furnitur bekas, tidak adanya finishing tambahan, dan penggunaan warna-warna gelap memberikan kesan sederhana pada hunian. Konsep ini sangat cocok buat Anda yang tidak menginginkan rumah yang memiliki kesan mewah.

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja selama setahun ini? Yuk, sambut tahun baru yang sebentar lagi akan tiba dengan melakukan beberapa perbaikan pada tampilan rumah. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah warna pada ruang.

28 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Rumah Siap Hadapi Hujan

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siap-siap terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

22 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Material Untuk Desain Carpot yang Kokoh

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi carport bukan hanya sekadar tempat mobil untuk “beristirahat”. Kini, keberadaannya juga dapat menambah estetika rumah. Selain itu, desain carport yang bagus dapat menunjang keindahan fasad hunian Anda.

17 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Tren Warna: Warna Lembut dengan Aksen Kontras Mendominasi

Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, membuat orang cenderung lebih mudah merasa lelah, stres, dan capek. Saat pulang ke rumah, mereka butuh sesuatu yang membuat rileks dan nyaman sebagai penyeimbang dari padat dan beratnya aktivitas yang telah dijalani seharian. Salah satu yang dapat membuat seseorang nyaman tinggal di dalam rumah adalah pemilihan warna yang tepat.

7 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin