Ukuran hunian yang semakin kecil membuat ukuran setiap ruang menjadi sangat terbatas, tak terkecuali pada bagian dapur. Oleh sebab itu, penghuni pun perlu menyiasatinya dengan tepat. Apalagi untuk Anda yang tinggal di apartemen yang luasnya cenderung lebih sempit dari rumah biasa.

Namun sebenarnya, tak perlu ruang yang besar untuk membuat dapur Anda nyaman dan sedap dipandang mata. Biarpun berukuran mungil, bila Anda merancang dan menatanya dengan apik, dapur cantik pun bisa terwujud. Bahkan, di lahan yang sangat terbatas sekalipun, Anda dapat membuat dapur yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi.

Pada lahan terbatas, konsep multifungsi juga bisa dipakai untuk membuat dapur terlihat lebih luas. Dapur multifungsi merupakan salah satu cara menghadapi keterbatasan ruang. Ada yang menyatu dengan area makan, cuci, atau bahkan keduanya.

Dengan begini, Anda bisa membuat dapur mungil Anda memiliki banyak fungsi: sebagai tempat menyiapkan makanan, menghidangkannya, sekaligus menyantapnya. Bukan hanya meja makan yang dapat disatukan dengan kitchen set. Tempat mencuci dan menyetrika bisa juga disatukan dengan kitchen set Anda. Konsep multifungsi dapur seperti ini banyak ditemukan pada apartemen karena luasnya yang terbatas.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana mendesain dapur mungil Anda, berikut ini kami berikan beberapa inspirasinya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : hgvt

Menggunakan ambalan yang ditempel pada dinding dapur merupakan cara yang tepat untuk menambah ruang penyimpanan. Letakkan beberapa perabot di ambalan tersebut. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kerapiannya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 1

Foto : jsgtlr

Warna putih dapat memberi efek lapang pada dapur mungil Anda. Gunakan warna putih untuk cat kabinet dapur serta keramik ukuran 20cmx10cm untuk bagian backsplash.  

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 2

 Foto : luxurybusla 

Terdapat 3 fungsi pada dapur ini, yaitu memasak, mencuci, sekaligus ruang makan. Dapur multifungsi seperti ini sangat tepat diterapkan pada apartemen dengan lahan terbatas.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 3

 Foto : residencestyle 

Anda dapat menyiasati dapur mungil dengan menggunakan layout I-line. Layout ini dipakai karena tidak memakan tempat. Ruang yang tersisa pun masih dapat Anda gunakan untuk meja island.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 4

Foto : puriflower

Dapur juga bisa digabungkan dengan meja makan. Manfaatkan ruang di bawah meja sebagai storage untuk perabot dapur.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 5

 Foto : desaininc

Bangun kabinet sampai menyentuh plafon atas. Maksimalkan ruang yang ada agar ruang penyimpanan menjadi lebih besar.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 6

Foto : thektchn 

Dapur dengan layout L juga dapat digunakan untuk desain dapur mungil, asal jangan sampai salah dalam pemilihan warnanya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen 7

Foto : nfro.ctfoodblog

Manfaatkan semua sudut yang tersisa sebagai kabinet atau ruang penyimpanan. Simpan semua perabot di sana. Dapur mungil pun terlihat rapi.

Ukuran dapur yang mungil juga membuat Anda harus memanfaatkan ruang kosong dengan maksimal. Jangan biarkan ruang kosong terbuang percuma. Manfaatkan setiap ruang di dapur dengan efektif dan maksimal. Letakkan peralatan dapur dan peranti makan yang sering digunakan pada tempat yang mudah terjangkau. Selain dapat menghemat waktu, dapur akan menjadi bersih dan terlihat rapi.

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista