Rancangan desainer dan arsitek Jepang terkenal dengan prinsip minimalismenya. Mereka menerapkan kesederhanaan Zen, yang juga menjadi tren di negara-negara Barat saat ini. Kesederhanaan desain ala Jepang yang memberikan pengalaman damai ini tentunya bisa kita terapkan apalagi lebih lagi bagi kita yang ingin memiliki tempat istirahat di kota yang sibuk dan padat.

1.    Menggunakan Sedikit Warna

Menggunakan sedikit warna membuat anda tidak perlu repot memikirkan padu padan antar furnitur dan peralatan. Warna-warna dasar ini bisa dipadukan dengan elemen natural seperti warna abu, hitam, coklat, dan pola batu atau kayu.


Foto: House at Pasteur ©Addo Architecture

Warna dasar seperti putih dan krem yang cerah juga memberi kesan luas dan lega bagi ruangan sempit karena cahaya jatuh dan memantul pada warna cerah.


Foto: House at Pasteur ©Addo Architecture

2.    Menyimpan yang Bisa Disimpan

Orang Jepang berprinsip untuk memilih yang esensial dan membuang hal-hal yang tidak berguna. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan sedikit furnitur. Mereka tidur di atas futon (kasur lipat) dan hanya menggunakan meja rendah dan duduk di lantai. Mungkin hal ini tidak biasa bagi orang Indonesia tapi kita dapat menerapkan kesederhanaan itu dengan trik menyembunyikan furnitur seperti ini.


Artikel lainnya: Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!


Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Anda juga dapat merancang furnitur anda sebaik mungkin. Barang-barang yang tidak tercecer membuat ruang terasa lega dan juga memudahkan anda dalam mencari barang Anda saat membutuhkannya lagi.


Foto: Taman Pecatu, Purimas ©KOMA

3.    Menggunakan bentuk-bentuk dasar

Terlalu banyak padu padan bentuk dan pola membuat bangunan atau ruangan terlihat rumit dan menjemukan, khususnya untuk bangunan yang tidak terlalu besar dan ruangan yang tidak terlalu luas.


Foto: ahouse ©studiopapa

Kita dapat meniru rancangan desainer Jepang dengan menerapkan bentuk-bentuk dasar yang sederhana bagi rancangan rumah atau ruanga. Bentuk dasar segitiga dan persegi panjang tanpa banyak ornamen terlihat apik dan juga lebih mudah untuk dibangun.


Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda tiru dan terapkan dari ide kesederhanaan arsitek Jepang! Semoga berguna bagi hunian anda.

Artikel lainnya: Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin