Foto: CH House 2 ©Rumah Bali Architect

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

Membawa Suasana Tradisional di Tengah Kota

Indonesia memiliki berbagai budaya lokal yang patut kita lestarikan. Memiliki hunian di tengah kota tidak berarti Anda tidak dapat melestarikannya melalui hunian Anda. Anda dapat merancang teras rumah dengan aksen pahatan kayu dengan pola-pola tradisional Indonesia.

Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners

Foto: Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners ©arsitag

Selain melestarikan budaya kita, aksen seperti ini juga memberi sambutan yang hangat dan berkesan bagi tamu-tamu anda. Suasana lokal tentunya membuat mereka lebih nyaman untuk bertamu ke rumah Anda.

Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners
Foto: Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners ©arsitag

Menyejukkan Suasana Dengan Kolam

Fungsi teras tidak hanya menjadi tempat menyambut dan bercengkrama dengan tamu. Anda sendiri sebagai pemilik rumah tentunya ingin menikmati resiknya tinggal di ruma. Hal ini bisa dioptimalkan dengan merancang teras yang sejuk dan menjadi tempat relaksasi.

Doctor House oleh Armeyn Ilyas
Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas

Anda dapat merancang kolam bersisian dengan teras. Kehadiran sumber air membawa kolam menjadi penyejuk udara di sekitar teras. Suara aliran air mengalir juga memberikan efek relaksasi. Pilihan ini tepat bagi Anda yang senang berlama-lama berada di rumah.

Doctor House oleh Armeyn Ilyas
Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas

Teras di Lantai Dua

Tidak selalu teras hunian berada di lantai dasar! Jika lahan hunian Anda tidak terlalu luas tetapi anda tetap menginginkan teras sebagai ruang penerima tamu ataupun ruang bersantai, maka teras dapat dirancang di lantai atas.  


Foto: Wirawan House oleh RAW Architecture ©archdaily

Menyiasati rancangan dengan menempatkan teras di lantai dua memiliki berbagai manfaat. Ruang lantai dasar dapat digunakan untuk menjadi tempat kendaraan. Menempatkan teras di lantai dua juga memberikan ruang yang lebih luas dan juga pemandangan yang lebih menarik untuk melihat ke sekitar dari lantai yang lebih tinggi.

Doctor House oleh Armeyn Ilyas
Foto: Wirawan House oleh RAW Architecture ©archdaily

Nah, itu dia inspirasi teras rumah yang dapat diterapkan di rumah Anda. Untuk hasil desain yang lebih maksimal dan detail, temukan jasa arsitek yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista