Gaya seni Pop Art  muncul di Inggris pada pertengahan 1950-an, mendobrak batas-batas seni, dengan lebih fokus pada obyek yang ditemui sehari-hari. Gaya pop art  pada desain interior menonjolkan kekontrasan warna dan inovasi yang tinggi.

Desain Interior Ruang Keluarga

Foto: interior-design

Tiga unsur utama dalam pop art  adalah kekontrasan, ritme, dan kesatuan dimana ketiganya dikombinasikan dengan harmonis.

Desain Interior Ruang Keluarga 1

Foto: ©vindodesign_urban-pop-house

Desain Interior Ruang Keluarga 2

Foto: interioridea

Artikel lainnya: Mengenal Tren Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian

Dalam perancangan interior modern, gaya pop art difungsikan sebagai aksen yang mendinamiskan ruang.  Gaya ini merefleksikan idealisme, kreativitas, modernitas, dan keberanian bervariasi dalam permainan warna.

Desain Interior Ruang Keluarga 3

Foto: s-media

Penerapan pop art  pada interior menjadi eksperimen yang menyenangkan dan memberikan kebebasan dalam berkreasi serta  variasi warna yang tak terbatas.  Kombinasi warna primer seperti merah, biru, dan hijau dipadukan dengan harmonis.

Desain Interior Ruang Keluarga 4

Foto: idea_mansion

Gaya pop art tidak selalu menonjolkan kekontrasan warna dan bentuk secara ekstrim. Pop art adalah bentuk ekspresi seseorang dalam menuangkan ide dan mengaplikasikannya dalam berbagai elemen interior. Gaya pop art bisa dihadirkan dalam dominasi warna putih pada dinding dengan penambahan sofa dan cushion berwarna kontras atau lampu gantung dengan warna cerah misalnya. Kesederhanaan yang menimbulkan gaya pop art  yang berbeda.

Desain Interior Ruang Keluarga 5

Foto: ©vindodesign_urban-pop-house

Begitu banyak perkembangan teknologi yang membuat segala ide desain bisa diwujudkan. Teknologi ini juga memungkinkan berbagai bentuk, bahan, dan warna yang unik yang bisa dikombinasikan dengan harmonis dalam gaya pop art.

Desain Interior Ruang Keluarga 6

Foto: decoist

Salah satu aturan dalam desain pop art adalah tidak menggunakan furniture secara berlebihan. Padukanlah warna-warna kontras dan netral pada pintu kabinet. Lukisan komikal sebagai vocal point akan semakin memperkuat gaya pop art yang ingin ditampilkan pada ruang.

Desain Interior Ruang Keluarga 7

Foto: bp.blogspot

Desain Interior Ruang Keluarga 8

Foto: avso

Eksplorasi penggunaan motif pun tidak terbatas hanya pada motif polkadot dan strip. Beragam motif , ukuran, dan bentuk yang tidak biasa juga bisa diterapkan dan dikembangkan dalam gaya interior ini. Sofa berbentuk unik, sarung bantal sofa (cushion)  beraneka motif dan gambar, serta bentuk yang tidak simetris bisa diaplikasikan sebagai vocal point.

Desain Interior Ruang Keluarga 9

Foto: bp.blogspot

Desain Interior Ruang Keluarga 10

Foto: designrulz  

Dalam perancangannya tidak bisa hanya mengandalkan selera dan naluri saja. Ruang keluarga bergaya pop art harus ditata sedemikian rupa sehingga menjadi sinergis.  Palet warna terang ataupun lukisan mural pada dinding akan membuat ruangan semakin menarik dan hidup.  Banyak elemen beraneka warna  yang bisa dijelajah dan dipadukan untuk menciptakan desain yang unik, kreatif, fungsional, dan nyaman.

Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah Tinggal?

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin