Foto: 2 Bedrooms Bassura Apartment ©Ranah Project

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah Anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

Manfaatkan Pelapis Furnitur

Untuk menghemat biaya, kebanyakan produsen furnitur saat ini menggunakan material kayu bermutu menengah dan melapisinya dengan high pressure laminate atau HPL. Lapisan HPL ini bermanfaat untuk melindungi kayu dari bahan cair yang dapat membuat kayu busuk dan juga memberi corak warna yang mempercantik furnitur.

Saat ini, HPL tersedia dengan berbagai corak dan warna, pemasangannya pun tidak sulit. Anda dapat memasang sendiri HPL pada furnitur anda dengan menggunakan lem khusus dan membeli lapisan HPL pada toko material terdekat. Tidak hanya motif natural, HPL juga tersedia dalam warna dan pola lainnya.


Foto: Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

Melapisi Lantai Dengan Vinyl

Memberi suasana baru pada ruangan bisa juga dengan memberi warna baru pada lantai yang anda pijak. Pada umumnya, hunian di Indonesia menggunakan keramik sebagai pelapis. Anda mungkin menginginkan kesan yang lebih natural dengan material kayu, namun saat ini harga kayu yang dapat melapisi lantai cukup tinggi.


Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Solusi mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi lantai keramik anda dengan vinyl. Anda tidak perlu membuang biaya dan usaha untuk membongkar lantai keramik. Vinyl merupakan lapisan yang cukup tebal dan tahan air, beberapa jenis dari pelapis vinyl ini bahkan sudah dilapisi dengan lem. Anda tinggal melepas pelindung lemnya dan mengaplikasikan pada lantai anda seperti stiker.


Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Melapisi Dinding dengan Wallpaper atau Wall Sticker

Sama seperti dua tips sebelumnya, anda dapat menghias hunian anda dengan melapisinya dengan wallpaper atau wall sticker. Prinsipnya hampir sama dengan pelapis lantai dan furnitur, anda hanya perlu menggunakan lem untuk menempel pelapis dinding (wall paper).


Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Mengaplikasikan wallpaper tidak perlu dilakukan pada setiap dinding. Mengaplikasikan wallpaper pada satu sisi ruangan saja dan memadukannya dengan cat bisa terlihat menarik—juga, menghemat biaya pemasangan. Agar memberi kesan yang lebih menarik, anda dapat memadukan satu sisi dinding berpola dengan sisi-sisi lain yang diwarnai dengan cat warna polos.


Foto: MOI Apartment ©Diagram Studio

Demikian beberapa tips mudah dan hemat untuk menghias rumah anda. Untuk hasil desain yang maksimal, Anda dapat menggunakan jasa desainer interior. Selamat mencoba!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista