Foto: 2 Bedrooms Bassura Apartment ©Ranah Project

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah Anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

Manfaatkan Pelapis Furnitur

Untuk menghemat biaya, kebanyakan produsen furnitur saat ini menggunakan material kayu bermutu menengah dan melapisinya dengan high pressure laminate atau HPL. Lapisan HPL ini bermanfaat untuk melindungi kayu dari bahan cair yang dapat membuat kayu busuk dan juga memberi corak warna yang mempercantik furnitur.

Saat ini, HPL tersedia dengan berbagai corak dan warna, pemasangannya pun tidak sulit. Anda dapat memasang sendiri HPL pada furnitur anda dengan menggunakan lem khusus dan membeli lapisan HPL pada toko material terdekat. Tidak hanya motif natural, HPL juga tersedia dalam warna dan pola lainnya.


Foto: Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

Melapisi Lantai Dengan Vinyl

Memberi suasana baru pada ruangan bisa juga dengan memberi warna baru pada lantai yang anda pijak. Pada umumnya, hunian di Indonesia menggunakan keramik sebagai pelapis. Anda mungkin menginginkan kesan yang lebih natural dengan material kayu, namun saat ini harga kayu yang dapat melapisi lantai cukup tinggi.


Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Solusi mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi lantai keramik anda dengan vinyl. Anda tidak perlu membuang biaya dan usaha untuk membongkar lantai keramik. Vinyl merupakan lapisan yang cukup tebal dan tahan air, beberapa jenis dari pelapis vinyl ini bahkan sudah dilapisi dengan lem. Anda tinggal melepas pelindung lemnya dan mengaplikasikan pada lantai anda seperti stiker.


Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Melapisi Dinding dengan Wallpaper atau Wall Sticker

Sama seperti dua tips sebelumnya, anda dapat menghias hunian anda dengan melapisinya dengan wallpaper atau wall sticker. Prinsipnya hampir sama dengan pelapis lantai dan furnitur, anda hanya perlu menggunakan lem untuk menempel pelapis dinding (wall paper).


Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Mengaplikasikan wallpaper tidak perlu dilakukan pada setiap dinding. Mengaplikasikan wallpaper pada satu sisi ruangan saja dan memadukannya dengan cat bisa terlihat menarik—juga, menghemat biaya pemasangan. Agar memberi kesan yang lebih menarik, anda dapat memadukan satu sisi dinding berpola dengan sisi-sisi lain yang diwarnai dengan cat warna polos.


Foto: MOI Apartment ©Diagram Studio

Demikian beberapa tips mudah dan hemat untuk menghias rumah anda. Untuk hasil desain yang maksimal, Anda dapat menggunakan jasa desainer interior. Selamat mencoba!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Pentingnya Skylight pada Hunian

Salah satu solusi terbaik untuk memasukkan cahaya alami serta udara ke dalam rumah selain menggunakan jendela adalah dengan membuat bukaan pada atap atau biasa disebut skylight. Sebenarnya, skylight hampir serupa dengan jendela, yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

22 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

Rancangan desainer dan arsitek Jepang terkenal dengan prinsip minimalismenya. Mereka menerapkan kesederhanaan Zen, yang juga menjadi tren di negara-negara Barat saat ini. Kesederhanaan desain ala Jepang yang memberikan pengalaman damai ini tentunya bisa kita terapkan apalagi lebih lagi bagi kita yang ingin memiliki tempat istirahat di kota yang sibuk dan padat.

20 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

Bangunan berfungsi baik apabila ruang di dalamnya dapat efektif dan nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak dapat dipungkiri, selain ketersediaan ruang, konsep dan suasana ruang dalam menjadi kebutuhan penghuni untuk menciptakan kenyamanan. Hal ini membuat desain interior menjadi kebutuhan banyak orang. Sebelum menentukan desainer interior pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya jasa desainer interior dari kebutuhan ruang yang akan dirancang.

17 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri