Foto: Paon Redesign ©DDAP Architect

Warna merupakan aspek penting dalam sebuah bangunan, baik dari sisi arsitektur maupun interiornya. Citra sebuah ruang dipengaruhi oleh pemilihan warnanya karena setiap warna memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan efek psikologi yang berbeda. Namun warna tidak harus selalu dihasilkan dengan menggunakan cat, warna ruang dapat juga dihadirkan melalui warna asli material bangunan yang diekspos. Beberapa material ekspos yang umumnya digunakan antara lain beton, acian, batu bata, dan juga struktur rangka baja.

Beton Ekspos


Foto: Ampera Six Building ©Chrystalline Architect

Belakangan ini, material dengan karakteristik tekstur halus dan simetri menjadi populer digunakan. Kesan modern dan simpel menjadikan material ini cocok untuk digunakan pada gaya minimalis dan kontemporer. Warna abu yang ditimbulkan dari beton ekspos memberikan kesan netral dan sejuk di dalam rumah, sedangkan lubang-lubang kecil yang tampak pada permukaan dinding beton merupakan lubang yang terbentuk hasil dari proses pengecorannya. Hal ini juga memberikan karakteristik tersendiri pada ruang.


Foto: Meranti House ©Spark Architects

Acian Ekspos


Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Acian merupakan lapisan semen yang digunakan untuk menutupi dinding bata. Jika terdapat bangunan yang belum diberikan finishing dalam bentuk dinding acian, Anda cenderung melihatnya seperti rumah yang belum selesai. Namun, beberapa orang justru menyukainya. Ekspos acian seringkali dicitrakan mewakili gaya industrial pada bangunan yang belakangan ini sedang menjadi gaya desain favorit di kalangan masyarakat. Sedikit berbeda dengan beton, bidang acian memiliki warna abu-abu yang lebih variatif, tingkat kegelapan abu-abu dapat ditentukan melalui proses pengerjaan yang berbeda.

Artikel lainnya: Apakah rumah minimalis itu rumah karena kata minimal?


Foto: Lumber Shaped Box House ©Atelier Riri

Struktur Baja Ekspos


Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Dalam penerapan finishing akhir, bangunan yang memiliki struktur baja seringkali ditutupi dengan material lain. Padahal ekspos material baja juga bisa menjadi menarik. Seperti acian, ekspos struktur seperti pada kolom baja dapat memberikan kesan gaya industrial dan kesan ringan pada bangunan.


Foto: ©Freshome

Batu Bata Ekspos


Foto: Bougainville Villa ©PT. IMAJI KRYAMAHA UTAMA

Batu bata umumnya dijadikan material dinding pembatas ruang dalam hunian dimana kemudian dilapisi acian dan dicat. Tetapi penyusunan dinding batu bata yang diekspos juga memiliki ciri khas tersendiri dalam ruang. Material ini dapat memberikan kesan hangat dan warna cerah di dalam ruang. Warna batu bata juga bervariasi, mulai dari orange cerah, hingga merah gelap. Warna tersebut bergantung pada jenis batu bata yang digunakan. Gaya desain industrial dan arsitektur tropis seringkali menggunakan batu bata ekspos.


Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Artikel lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista