Rumah ini mewakili situasi di São Paulo pada umumnya, bentuk lahan yang panjang dan sempit [5.6x30.0m], berbatasan dengan tetangga di sekitarnya dengan bukaan hanya di bagian depan lahan.

Arsitektur Rumah

© Nelson Kon

Tantangan dalam perancangan rumah ini dimulai sejak adanya program extensive untuk lahan di daerah ini dimana batasan maksimum KLB (Koefisien Luas Bangunan) 170m2

Arsitektur Rumah 1

© Nelson Kon

Arsitektur Rumah 2

© Nelson Kon

Dengan permasalahan harga tanah yang terus meningkat, menemukan solusi desain dengan area ideal pada lahan yang minim seperti ini, telah menjadi pekerjaan kami dan para arsitek lainnya yang ingin memberikan manfaat perancangan yang baik untuk para klien, para arsitek sendiri, dan untuk kota itu sendiri.

Arsitektur Rumah 3

Plan

Arsitektur Rumah 4

Plan

Dengan mempertimbangkan peninggian bangunan di sekitar yang tidak bisa dielakkan dan semua bangunan berdempetan satu sama lainya, maka langkah pertama adalah memutarbalikkan fasad/tampak muka bangunan dengan berpikir dari dalam ke luar, seperti membuka sarung tangan.

Arsitektur Rumah 5

© Nelson Kon

Kami merancang dua taman dalam (inner courtyard), tetapi memposisikannya sebagai area luar rumah. Keberadaaan kedua taman dalam ini mengatur semuanya. Selain berfungsi sebagai pencahayaan alami yang diperlukan, sirkulasi udara untuk kesehatan, serta kualitas ruang terbuka, perletakan taman dalam ini mengartikulasikan ruang-ruang dalam rumah.

Arsitektur Rumah 6

© Nelson Kon

Arsitektur Rumah 7

Plan 

Keputusan lain yang tidak diduga untuk klien adalah perletakan kamar tidur pada lantai dasar, yang mana biasanya dimanfaatkan sebagai ruang sosial. Maka, kami menaikkan ‘lantai dasar’ ke lantai di atasnya. Keputusan perancangan ini memberikan ruang yang lebih intim dan akrab, area pribadi yang lebih luas dan tenang.

Arsitektur Rumah 8

© Nelson Kon

Untuk akses sosial disediakan integrasi dengan dak atap yang digunakan sebagai ruang rekreasi sehingga tidak menimbulkan gangguan dengan area pribadi. Desain seperti ini menghidupkan suasana di area sosial dengan aliran udara yang lebih baik. Sesuai permintaan klien, salah satu taman dalam rumah didesain menjadi ‘cermin air’ (water mirror) dimana keselarasan dengan desain lanskap menjadi faktor penting.

Arsitektur Rumah 9

© Nelson Kon

Cara ini memungkinkan pemanfaatan struktur yang tepat untuk menahan pohon besar di dak atap, di teras luar yang bersambungan dengan ruang-ruang, dan sebagai balok penahan berat pot tanaman yang terletak pada ‘cermin air’. Sekali lagi, walaupun ketersediaan bahan langka, tetapi dengan kegigihan komitmen untuk mencari solusi penyelesaian desain dapat menghasilkan pemikiran kritis dalam sebuah pekerjaan perancangan yang layak.

Arsitektur Rumah 11

© Nelson Kon

 

Sumber: http://www.archdaily.com/

You May Also Like

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

18 March 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

3 March 2017 / ARCHITECTURE / By Studio Papa