Foto: ©byvingenieria

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Penyimpanan model ini memungkinkan barang-barang yang tersimpan dapat terlihat, baik berupa rak, gantungan, maupun lemari berpintu transparan. Dengan isi yang terlihat, mau tak mau,   Anda pun harus merapikan isi dalamnya agar penyimpanan tersebut tidak mengganggu pandangan.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©cdn.trendir

Seakan telah menjadi tren, saat ini mulai banyak penghuni yang menerapkan open storage seiring dengan kebutuhan mereka, ingin menampilkan identitas diri dalam huniannya. Mulai dari menunjukkan barang koleksinya, hobinya, serta semua kesukaannya. Open storage pun menjadi sarana  untuk melakukan itu.

Artikel lainnya: Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©teamne

Selain sebagai sarana penampil koleksi, penerapan open storage adalah sebuah solusi atas keterbatasan tempat dan biasa, dan juga alasan kepraktisan. Dengan adanya open storage, Anda dapat dengan mudah menyimpan barang dan mengambilnya saat membutuhkannya.  Bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut tipsnya!

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Perhatikan fungsi ruang

Pilihlah tempat yang tepat dan letakkan pada area yang sesuai sehingga memudahkan Anda melakukan aktivitas di rumah. misalnya, open storage untuk anak tidak tepat jika diletakkan di rak yang tergantung di dinding karena anak akan sulit menjangkaunya.


Foto: ©pinimg

Tujuan pembuatan

Tentukan tujuan Anda membuat open storage. Apakah untuk pengoptimalan ruang, sebagai pajangan untuk menunjukkan identitas diri, atau sebagai pengendalian diri agar lebih terencana dalam membeli barang.


Foto: ©eddyinthecoffee

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Sesuaikan dengan benda yang disimpan

Setiap barang punya sifat dan karakter dalam perawatannya. Buat open storage dengan desain yang sesuai dengan sifat objek. Misalnya menyimpan sepatu harus di tempat kering dan ada udara agar tak lembap, menyimpan buku bisa tanpa tutup agar mudah diambil.


Foto: ©pinimg

Dimensi dan peletakkan

Pikirkan masak-masak mengenai besaran dan letaknya. Sebagai dasar perhitungan, tentukan dahulu benda apa yang akan disimpan atau dipajang, bentuk dan ukuran benda tersebut, dan berapa jumlahnya.

Nah, itu dia rak atau lemari terbuka yang dapat menyumbangkan kecantikan pada dinding dan sudut ruang rumah Anda. Untuk hasil dekorasi yang lebih maksimal dan detail, gunakan jasa desainer interior yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Banyak orang menginginkan rumahnya didekorasi dengan kolam. Ada yang menempatkan kolam untuk mendapatkan fengsui yang baik. Ada juga yang merancang kolam untuk alasan kesehatan karena air membawa suasana relaks dan juga menjaga temperatur ruangan untuk tetap sejuk.Umumnya, orang-orang berpikir elemen air hanya ditempatkan dalam bentuk kolam di teras atau halaman rumah. Berikut ini adalah beberapa variasi menarik penempatan kolam bagi rumah Anda.

7 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista