Diselenggarakan mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 12 November, pameran arsitektur 1 Are House oleh komunitas Indonesian Young Architects (IYA) menampilkan 40 karya arsitek-arsitek muda dari seluruh Indonesia. Pameran yang berlokasi di Uma Seminyak ini mengangkat ukuran luasan yang dipakai di Bali, yaitu ‘are’ sebagai tema utama sekaligus salah satu syarat pemasukan karya untuk kemudian dikurasi oleh Wayan Winarta dan Sonny Sutanto.


Foto: Para penggagas Pameran IYA 2017 - Widi Adnyana, Andesita Oki, dan Charles Dewanto.

Untuk memasuki proses kurasi, arsitek harus merancang rumah di lahan dengan luasan 1 are yang setara dengan 100 meter persegi. Persyaratan ini diangkat oleh panitia IYA untuk merespons masalah yang dihadapi generasi masa kini, yaitu keterbatasan dan harga lahan yang setiap tahun semakin meningkat.


Foto: Pameran 1 Are House juga menampilkan maket karya-karya terpilih.

Selain lahan terbatas, panitia juga menetapkan 5 skenario yang sering ditemui di masyarakat Bali untuk dipilih sebagai permasalahan yang harus diselesaikan oleh arsitek yang memasukkan karyanya. Skenario seperti penghuni rumah penghuni tunggal, keluarga muda yang memiliki dua anak, pasangan yang baru menikah, keluarga yang ingin membuka bisnis di rumah, serta rumah yang akan dihuni oleh tiga generasi menjadikan karya-karya yang dipamerkan unik mengingat pendekatan desain yang dikemukakan para arsitek juga berbeda-beda. Tentunya, di dalam setiap desain, konsep dan pemahaman arsitektur Bali tetap harus terintegrasi dalam konsep utama arsitek.

Melalui pameran ini, diharapkan timbul ketertarikan dari masyarakat terhadap arsitektur dan memahami bahwa lahan terbatas yang seluas 1 are pun dapat dimaksimalkan untuk berbagai keperluan. Pameran ini juga bertujuan untuk menciptakan diskursus antara arsitek melalui rangkaian acara yang diadakan bersamaan seperti presentasi karya arsitek terpilih, Architalks dengan tema-tema tertentu, serta kunjungan proyek arsitek Bali. Pameran 1 Are House kemudian dimeriahkan dengan screening serial Architects Life Ren & Riri dan Bedah Buku “Firmitas” oleh Ary Indra.

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

17 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Alasan Anda Memilih Menjadi Seorang Arsitek

Memilih untuk berkarir dalam dunia arsitektur merupakan keputusan bagi sebagian orang yang memang mendambakannya. Tentunya dibalik keputusan itu, pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendasari hingga seseorang benar-benar ingin berkecimpung di dalam dunia arsitektur—sebuah bidang yang dikenal akan memakan banyak jam tidur untuk menyelesaikan berbagai macam gambar atau maket. Buku Architect: A Candid Guide to the Profession karya Roger K. Lewis memuat beberapa alasan-alasan yang banyak membuat orang tertarik untuk mendalami profesi ini.

3 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Event Highlights - IYA Exhibition 2017 - 1 Are House

Pada tanggal 28 Oktober lalu, pameran Rumah 1 Are oleh Indonesian Young Architect dibuka. Berlokasi di Uma Seminyak Bali, pameran konsep arsitektur oleh 40 tim arsitek ini bertujuan untuk memberi pemahaman bahwa lahan yang terbatas pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi dan skenario. Pameran Rumah 1 Are akan berlangsung sampai pada tanggal 12 November 2017. Rangkaian kegiatan seperti Architalks, project visit, dan presentasi karya juga akan terus diadakan di setiap akhir minggu sampai pameran ini berakhir.

31 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

4 Tips Memaksimalkan Komunikasi Dalam Proyek Arsitektur

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi yang berlangsung secara dua arah. Prinsip umum komunikasi yaitu bagaimana menyampaikan pesan agar dapat diterima tanpa ada salah paham di antara kedua belah pihak yang terlibat. Jika terjadi kesalahpahaman, maka dapat dipastikan bahwa ada yang salah dengan proses komunikasi yang berlangsung. Komunikasi menjadi suatu hal vital dalam sebuah proyek yang ditangani oleh arsitek. Sebagai seorang konseptor, arsitek harus mampu mengomunikasikan gagasan desainnya dengan baik tanpa terjadi salah paham dengan pihak stakeholder seperti klien, kontraktor, atau tukang. Dengan begitu, desain yang nantinya terbangun akan sesuai dengan konsep awal arsitek.

30 October 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio