Ruang di bawah tangga cukup besar dan sayang jika tidak difungsikan dengan optimal.  Berikut ini beberapa inspirasi untuk pemanfaatannya.

1. Sebagai ‘Perpustakaan’ Rumah Anda

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Foto : mamayointerior

Buku-buku tertata rapi dengan ruang baca yang nyaman.  Ingatlah untuk memperhatikan segi pencahayaan. Perhatikan pula ukuran tinggi buku saat merancang rak untuk buku-buku favorit Anda. Bagian bawah tempat baca juga bisa dimanfaatkan sebagai rak tersembunyi. Jadi, tidak ada ruang yang sia-sia di bawah tangga.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 1

Foto : desainic  

Manfaatkanlah jendela untuk ruang baca Anda sebagai pencahayaan, sekaligus memberi kesan luas.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 2

Foto : desainic

Padukanlah bahan, warna, dan furniture yang bisa membuat ruang baca menjadi nyaman dan menyatu dengan ruang lainnya. Pemanfaatan garis horizontal juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas.

2. Rak Penyimpanan

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 3

Foto : Henarise Pty Ltd

Sejak awal rancangan, manfaatkanlah tangga sebagai rak penyimpanan.  Tangga tidak sekedar ‘jalan penghubung’ antar lantai, tetapi bisa berfungsi jauh lebih baik. Pemanfataan rak di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan yang rapi untuk semua benda-benda kesayangan.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 4

Foto : desaincantik

Bahkan setiap anak tangga bisa dibagi menjadi beberapa rak penyimpanan dengan berbagai ukuran. Terencana, indah, rapi, dan fungsional.  

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 5

Foto : desaincantik

Pemanfaatan ruang di bawah tangga dengan optimal akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki ruang yang terbatas. Jika ruang di bawah tangga tidak digunakan dengan baik dan digantikan dengan lemari biasa, ruang ini akan menjadi sia-sia.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 6

Foto : caradesain

Bentuk ruang di bawah tangga yang unik, bisa memunculkan berbagai ide bentuk dan warna yang menarik seperti  ‘puzzle’.

3. Area Display Foto dan Barang Koleksi

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 7

Foto : designaddict

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyulap ruang di bawah tangga.  Hanya dengan memadukan elemen yang diperlukan untuk memajang foto dan barang koleksi, maka voilà, terciptalah ruang yang fungsional dan elegan.

4. Ruang Kerja

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 8

Foto : designme

Sebilah papan atau sekeping granit sebagai meja dan sebuah kursi sudah cukup untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bawah tangga.  Simple dan fungsional.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 9

Foto : news.rumahrei

Ruang kerja, rak buku, dan rak penyimpanan bisa dipadukan untuk mengisi ruang di bawah tangga.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 10

Foto : apartmentgeeks.net

Wah…. ternyata ruang di bawah tangga banyak sekali manfaatnya. Kerja dan hobi bisa mendapat ruang yang cukup nyaman.

5. Rak Penyimpanan Bahan-bahan Dapur

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 11

Foto : properti.kompas

Jika tangga berada dekat dapur, manfaatkanlah ruang di bawah tangga sebagai rak penyimpanan untuk bahan-bahan dapur.

6. Kamar Mandi

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 12

Foto : berlinhappens

Kamar mandi di bawah tangga memang sudah cukup lazim dirancang oleh para desainer. Cerdiklah dalam menyiasatinya agar fungsional, mudah perawatannya, dan estetis.  Banyak sekali cara untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga. Tergantung kebutuhan ruang dan ide-ide cerdik yang menginspirasinya.

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin