Foto: ©awayart

Salah satu solusi terbaik untuk memasukkan cahaya alami serta udara ke dalam rumah selain menggunakan jendela adalah dengan membuat bukaan pada atap atau biasa disebut skylight. Sebenarnya, skylight hampir serupa dengan jendela, yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

Skylight pada ruang makan

Foto: ©pinimg

Skylight biasanya berupa jendela kaca yang kacanya bisa dipasang mati atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup dapat membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

Skylight pada dapur kering atau pantry

Foto: ©hotelresidencia

Tapi dengan adanya bukaan seperti jendela ini, memungkinkan air hujan untuk bisa menembus celah-celah kecil yang ada. Sebaiknya, jika Anda berniat membuat skylight berbentuk jendela yang bisa dibuka pastikan ketika ditutup, air hujan tidak bisa menembusnya sama sekali.

Posisi Tepat

Skylight pada dapur kering atau pantry

Foto: ©pinimg

Penggunaan skylight pada hunian bisa digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur. Penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling pas digunakan pada area dapur. Skylight bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur, asap masakan dapat keluar melalui skylight digantikan dengan udara segar yang masuk. Memasak di dapur menjadi nyaman karena suasana yang terang dan tidak pengap.

Artikel lainnya: Tepat Merancang Area Servis

Skylight pada kamar mandi untuk pencahayaan alami dan mengurangi lembab

Foto: ©finemerch

Pada kamar mandi, skylight berfungsi untuk mengurangi kelembapan dalam ruangan. Sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kelembapan yang ada di kamar mandi sekaligus menerangi kamar mandi.

Material dan Ukuran

Skylight pada ruang makan

Foto: ©pinimg

Karena berfungsi sebagai bukaan, maka material yang umumnya digunakan berupa material transparan seperti fiber, polycarbonat atau kaca. Pilihlah bahan yang ringan namun tetap kuat untuk mengurangi risiko keretakan. Jika Anda hendak menggunakan kaca, maka pastikan Anda memilih jenis kaca tempered yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan kaca biasa.

Artikel lainnya: Tip Agar Rumah Sejuk Tanpa Pendingin


Foto: ©ashleyhomesohio

Anda bisa mengatur intensitas cahaya yang masuk dengan cara melapisi material dengan sticker film atau sandblast sehingga ruangan tidak terlalu panas. Kisi-kisi kayu pun berguna menyaring cahaya yang masuk sekaligus menciptakan efek shadow yang dramatis saat siang hari.


Foto: ©pinimg

Ukuran skylight bisa bervariasi tergantung ukuran ruangan yang ingin diberi pencahayaan dan sirkulasi udara. Bisa 1mx2m untuk ukuran rumah tipe 60, atau bisa juga 2mx2m,  tapi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk penutup skylight, dapat berupa kaca dengan tebal 10mm—12mm. Dengan menggunakan bukaan pada atap ini, sirkulasi udara serta cahaya pada ruangan pun berjalan dengan lancar.

Artikel lainnya: Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan anda dengan biaya yang lebih hemat.

13 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

11 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin