Bangunan berfungsi baik apabila ruang di dalamnya dapat efektif dan nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak dapat dipungkiri, selain ketersediaan ruang, konsep dan suasana ruang dalam menjadi kebutuhan penghuni untuk menciptakan kenyamanan. Hal ini membuat desain interior menjadi kebutuhan banyak orang. Sebelum menentukan desainer interior pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya jasa desainer interior dari kebutuhan ruang yang akan dirancang.

built in atau loose furniture
finishing + built in atau loose furniture
±2-4 juta / m2
±5-7 juta / m2

Tabel Perkiraan Biaya Produksi Desain Interior

Built in furniture: didesain khusus untuk menyesuaikan bentuk ruang tertentu

Loose furniture: sudah tersedia dengan ukuran standar pada umumnya

*Perhitungan ini hanya dijadikan acuan untuk memperkirakan biaya produksi. Harga tersebut juga sangat bergantung pada bentuk furnitur, material dan tingkat kesulitan pengerjaannya.


Foto: Golf Lake Residence ©Comvi Interior

Setelah menentukan kebutuhan, Anda dapat memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk membangun interior Anda. Anda dapat menghitung biaya dengan cara luas ruang yang akan didesain (m2) dikalikan dengan kebutuhan interior Anda seperti jumlah yang tertera pada Tabel Perkiraan Biaya Produksi Desain Interior.

Budisari Residence oleh ARCHID design&build

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Selain itu, apabila Anda mengetahui secara spesifik furnitur yang dibutuhkan, maka Anda dapat memperkirakan pengeluaran Anda lebih rinci. Berikut terlampir contoh perhitungannya.

Contoh perhitungan kitchen set:

Apabila ketinggian furnitur kurang dari 1 meter, seperti pada furnitur kitchen set maka cara perhitungannya dengan panjang area. Anda cukup mengukur panjang area (meter lari) yang dibutuhkan untuk diaplikasikan dengan furnitur kitchen set lalu dikalikan dengan harga built in atau loose furniture berkisar 2-4 juta/m2. Asumsikan menggunakan nilai 3 juta/m2.

Panjang kebutuhan area furnitur (meter lari) x 3 juta/m2 

Ilustrasi kitchen set

Gambar 1 Ilustrasi kitchen set

Perlu diingat furnitur pada kitchen set terdiri dari 2 elemen, yaitu furnitur bagian bawah dan atas. Berikut perhitungannya:

Panjang kitchen set : 4m + 4m = 8m

Total panjang kitchen set bagian atas dan bawah: 2 x 8m = 16m

Total biaya produksi: 16 x 3 juta = 48 juta.

Apartemen The Mansion oleh Total Renov

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Apabila ketinggian furnitur yang dibutuhkan lebih dari 1 m seperti pada lemari walk-in closet maka cara perhitungannya sebagai berikut:

Luas permukaan furnitur (panjang x tinggi) m2  x 3 juta/m2


Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

Ilustrasi furnitur built-in
Gambar 2 Ilustrasi built-in furniture pada walk-in closet

Pada ilustrasi Gambar 2 diketahui panjang furnitur 3 m, dengan ketinggian 2,5 m maka:

Luas bidang furnitur = 3m x 2,5m = 7,5 m2

Total biaya produksi = 7,5 m2 x 3 juta / m2 = 22,5 juta.

Pada perhitungan kitchen set maupun lemari pada walk-in closet, lebar atau kedalaman furnitur tidak dihitung karena disumsikan standar dengan kedalaman 60 cm.

Namun berbeda jika Anda ingin memperbaharui interior bangunan Anda lengkap dengan finishing seperti detail dan material lantai, dinding ataupun ceiling. Anda dapat dengan sederhana memperkirakan biaya produksinya dengan cara:


Luasan ruang terdesain x 5 - 7 juta / m2


Lalu bagaimana cara memperkirakan biaya jasa desainer interior pilihan Anda. Berikut caranya!

Biaya per meter pesegi luas ruang terdesain

Biaya per meter persegi luas ruang terdesain menjadi cara yang lazim digunakan dalam praktiknya. Anda cukup mengetahui luas area yang akan didesain lalu dikalikan dengan biaya jasa desainer interior pilihan Anda per meter persegi. Umumnya, biaya jasa desainer interior berkisar antara 200ribu-700ribu /m2.

Persentase dari total biaya proyek

Anda dapat menentukan biaya jasa desainer interior dari total anggaran biaya yang ingin Anda keluarkan. Jika Anda dapat mengetahui anggaran untuk membangun harga proyek, maka Anda dapat menafsirkan juga prakiraan biaya desainer interior berkisar 2-5% dari total biaya produksi. Namun dalam praktiknya, cara ini masih kurang lazim digunakan.

“Dikarenakan RAB yang masih belum pasti di setiap proyeknya dan ketergantungan pada spesifikasi material dan detail desain, penentuan biaya jasa desainer interior dengan persentase dari nilai produksi masih jarang diaplikasikan.”ungkap Dimaz Aditio selaku pimpinan arsitek dari konsultan ARCHID Design and Build yang secara profesional berpraktik dalam industri desain bangun baik arsitektur maupun interior.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk memperkirakan biaya produksi beserta jasa desainer interior pilihan Anda, ya! Berikut daftar jasa desainer interior di Indonesia untuk kebutuhan desain dan renovasi Anda.

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista