Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:


Gambar Perbandingan Kontraktor dan Mandor

Pengawasan dan kontrol

Dalam proses pembangunan, pengawasan menjadi poin penting untuk mengontrol semua pelaksanaan proyek, baik dari kesesuaian pengeluaran biaya, tenaga, maupun waktu. Baik mandor ataupun kontraktor memiliki kemampuan dalam mengawasi proyek. Namun, kontraktor bertanggung jawab atas seluruh aspek tersebut mulai dari penyediaan material, pemenuhan target waktu pembangunan, hingga manajemen proyek. Sedangkan mandor tetap berada dalam pengawasan pemilik. Dengan kata lain, pemilik tetap menjadi pengawas utama.

Artikel lainnya: Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

Ilustrasi pekerja konstruksi bangunan

Foto: ©blogspot

Resiko

Pada pelaksanaan pembangunan seringkali menemukan kendala berupa kesalahan teknis detail konstruksi, kesalahan perhitungan, keterlambatan pengerjaan proyek yang bersifat dinamis berkaitan dengan lahan bangunan. Apabila Anda menggunakan jasa kontraktor maka semua resiko ini menjadi tanggung jawab kontraktor. Sedangkan apabila menggunakan jasa mandor, tidak ada garansi akan hal ini. Anda harus bersiap menghadapi kemungkinan kesalahan yang terjadi selama proses pembangunan.

Biaya

Mengunakan jasa mandor dapat menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin menekan biaya produksi bangunan dikarenakan para pekerja berada langsung di bawah pengawasan Anda. Tetapi, Anda sebaiknya terus meninjau keberjalanan proyek agar selesai sesuai target waktu dan biaya yang Anda siapkan. Selain itu, Anda dapat menentukan dan mengontrol sendiri material apa saja yang akan Anda gunakan. Harga material terus berubah dan dengan menggunakan jasa mandor Anda dapat menyesuaikan ketersediaan dan harga material yang lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda dapat menekan biaya produksi.


Foto: ©blogspot

Namun, apabila Anda tidak yakin dapat memiliki banyak waktu untuk selalu meninjau proyek, memastikan ketersediaan material, menentukan material yang tepat fungsi dan berkualitas, maka Anda dapat menggunakan jasa kontraktor. RAB yang lebih mendekati harga sesungguhnya, garansi akan kesalahan teknis, keterlambatan proyek, dan keamanan penyimpanan material di lapangan menjadi servis yang ditawarkan oleh kontraktor. Tidak dipungkiri bahwa biaya jasa kontraktor memang lebih mahal, tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan pengawasan, kesalahan teknis, maupun keterlambatan proyek yang mungkin terjadi.

Nah, itu dia beberapa poin yang perlu dipetimbangkan ketika memilih menggunakan jasa kontraktor atau mandor. Temukan jasa kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya Anda. Selamat menentukan pilihan!

Artikel lainnya: Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

The Hotel Week Indonesia 2017: Tawarkan Ajang Diskusi, Kompetisi dan Solusi dari Tantangan Industri Hospitaliti Masa Kini

Senin, 13 November 2017 The Hotel Week Indonesia menggelar press conference di Hotel Grand Sahid Jakarta membahas isu yang diangkat dari penyelenggaraan The Hotel Week Indonesia kali ini. Persoalan akan kondisi kelebihan pasokan kamar (oversupply) yang terjadi di kota-kota besar, kekurangan tenaga kerja tersertifikasi (brain drain), dan tergerusnya keuntungan dari pemilik/operator hotel karena online travel agency yang meminta komisi lebih tinggi dari travel agency konvensional yang menjadi perhatian. Para profesional mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapi industri perhotelan di Indonesia.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

HDII AWARD 2017 Lahirkan Desainer Interior Muda Indonesia Berkelas Dunia

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

11 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin