Foto: Dempo House ©Fabelio Design and Build

Setiap rumah pasti memiliki sofa, namun apakah sofa berbahan kain atau kulit yang sesuai untuk hunian Anda? Dalam ruang bersama, bentuk dan motif sofa sangat menentukan nuansa ruang yang dihadirkan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihannya karena sofa menjadi point of interest dari sebuah rumah.

Rumah Torrina oleh studio by TITE HOME

Foto: Rumah Torrina ©studio by TITE HOME

Jika Anda bingung menentukan jenis bahan sofa untuk hunian, maka Anda dapat mempertimbangkan tipnya dari beberapa poin berikut.

Kenyamanan

Ada beberapa hal yang memengaruhi faktor ini. Suhu ruangan misalnya, ini menentukan suhu permukaan bahan sofa yang digunakan. Dalam hal ini, sofa berbahan kain lebih unggul karena bahan kulit sangat bergantung pada suhu sekitar. Tetapi hal ini tak lepas dari jenis kain sofa yang digunakan. Sofa berbahan linen menjadi bahan yang tepat untuk menjaga suhu permukaan sofa sehingga tetap nyaman digunakan dalam beragam cuaca.

2E Residence oleh Sontani + Partners

Foto: 2E Residence ©Sontani + Partners

Ketika Anda duduk pada sofa berbahan kulit, sofa akan lebih cepat terasa hangat menyesuaikan dengan suhu tubuh. Selain itu, saat udara dingin, bahan sofa kulit akan terasa dingin, begitu juga sebaliknya.

Living Room oleh VIKU FURNITURE

Foto: Living Room ©VIKU FURNITURE

Namun, jika rumah Anda dapat menjaga suhu ruang dalam rumah Anda tetap stabil, maka pemakaian bahan kulit akan tetap nyaman digunakan. Melapisi kain sebagai aksen motif atau untuk sekedar menjaga suhu sofa kulit juga dapat dijadikan solusi.

Artikel lainnya: Apa Perbedaan Arsitektur Modern dan Kontemporer?

Pemeliharaan dan Daya Tahan

Seiring berjalannya waktu, perawatan sofa menjadi penentu penampilan sofa dalam penggunaannya. Kemudahan dalam membersihkan bahan kain sangat ditentukan oleh jenis kain pelapis sofa.

Lavande Residence oleh Vindo Design

Foto: Lavande Residence ©Vindo Design

Beberapa jenis kain memang mudah dibersihkan, tetapi tidak terlepas dari kemungkinan kesalahan memilih sofa dengan jenis kain yang susah dibersihkan. Dalam hal ini, bahan kulit menjadi solusi yang lebih baik.

Tetapi sofa berbahan kulit biasanya tidak bertahan lama dalam kondisi yang bagus apabila Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Sofa kulit rentan akan goresan dari cakar hewan peliharaan. Jadi, dalam perawatan dan daya tahannya, sofa sebenarnya sangat bergantung pada kebutuhan pemilik rumah.

Ketahanan Warna

Industrial Pop oleh Vindo Design

Foto: Industrial Pop ©Vindo Design

Sofa berbahan kain memiliki variasi pilihan warna yang lebih beragam. Namun, warna pada kain cenderung lebih cepat pudar. Oleh karena itu, warna pada kulit lebih tahan lama dibandingkan dengan warna pada bahan kain.

Diminished House oleh Wahana Architects

Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Artikel lainnya: Mendekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak

Penampilan

Penampilan dari sofa berbahan kain ataupun kulit memiliki karakter dan citranya tersendiri. Baik tidaknya penampilan sofa bergantung pada nuansa ruang yang ingin dihadirkan. Sofa kain umumnya memiliki lebih banyak pilihan warna maupun motif dibandingkan sofa kulit.

Puri Indah Residence oleh Studio Piu

Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Namun, tektur dan warna sofa kulit tidak mudah lekang oleh waktu dan zaman. Pilihan warna pada kulit cenderung netral sehingga suasana ruang dapat diperbaharui dengan mendekorasi elemen lain pada ruang selain sofa. Oleh karena itu, soal penampilan sofa, Anda sebenarnya bebas memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan ruang.

Keamanan

Keamanan sofa ditinjau dari segi kebersihan sofa, sofa dengan bahan yang sulit dibersihkan menjadikan keamanan kesehatan penggunanya perlu dikhawatirkan. Tidak seperti kain, kulit cenderung tidak mudah menumpuk debu, bulu hewan peliharaan, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan alergi.

Papandayan House oleh BW Design Consultant

Foto: Papandayan House ©BW Design Consultant

Jika menggunakan sofa berbahan kain, maka Anda harus memastikan kebersihannya dengan perawatan ekstra dibanding membersihkan sofa berbahan kulit.

Artikel lainnya: Tip Agar Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

Harga

Biaya yang harus dikeluarkan untuk kedua jenis sofa sebenarnya beragam bergantung kualitas bahannya, baik kain maupun kulit. Sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan prioritas, kondisi, dan kebutuhan hunian Anda. Kenyamanan, pemeliharaan dan daya tahan, ketahanan warna, penampilan, serta kesehatan menjadi beberapa poin yang dapat dipertimbangkan dalam memilih sofa kain atau kulit.

La Verde, Magnolia oleh CIPTA DESAIN

Foto: La Verde, Magnolia ©CIPTA DESAIN

Jadi, sofa mana yang akan Anda pilih? Tentunya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda hanya perlu mempertimbangkan poin yang menjadi prioritas hunian Anda. Selamat menentukan pilihan!

Sumber: qanvast

Artikel lainnya: Tip Agar Hunian Ramah Penyandang Disabilitas

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin