Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

Konsep hunian apa yang menjadi favorit Anda? Jika Anda bingung karena menyukai banyak gaya, mengapa tidak mencoba untuk menerapkan semua gaya tersebut? Yup, Eklektik menjadi gaya hunian yang memiliki arti sebuah gaya desain yang menggabungkan berbagai gaya ke dalam satu rumah. Namun, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan bila ingin menerapkan gaya ini. Pasalnya, bila Anda asal gabung-gabung gaya saja, alih-alih menjadikan rumah terasa nyaman, kesan berantakan justru yang akan Anda dapatkan.

Sebelum memasang gaya Eklektik, yuk cek dulu poin-poin penting berikut ini yang mesti Anda perhatikan.


  • Saling Berhubungan


Foto: Setiap furniture dan wall decor memiliki warna yang beragam namun masih tetap tampak senada satu dengan yang lainnya


Gaya eklektik memang mencampurkan banyak gaya interior rumah, tetapi usahakan setiap gaya berhubungan satu sama lain dan berhubungan pula dengan ruangan secara keseluruhan. Ruang di rumah Anda akan tampak terputus jika terdapat banyak sekali perubahan antara ruang satu dengan ruang yang lainnya. Jadi pastikan gaya antar ruang masih saling berhubungan.

  • Tetap Memiliki Satu Fokus


Foto: Warna merah pada dinding dan sofa berhasil menjadi pusat perhatian di tengah-tengah ruangan ini

Meski terkesan numpuk (karena banyak gaya interior yang diterapkan), Anda harus memilih satu furnitur yang akan dijadikan focal point. Jangan membuat furnitur “saling bertarung” untuk mendapatkan perhatian. Melainkan pilih sesuatu yang eye catching seperti  item dekoratif yang mencolok.

  • Memiliki Benang Merah 


Foto: Eksterior rumah yang bewarna biru dijadikan benang merah untuk mewarnai rumah bagian dalamnya. Setiap ruang hampir memiliki warna biru yang menjadi warna dasar dari hunian ini

Anda harus memastikan hunian gaya eklektik Anda memiliki benang merah. Ini bisa dalam hal penggunaan warna. Pilihlah satu warna untuk membantu menyatukan nuansa di setiap ruang. Di sini, warna biru difungsikan sebagai pemersatu dari keseluruhan tampilan rumah.

  • Banyak Dekorasi


Foto: Beragam pajangan, hiasan dan aksesori menghiasi sudut ini. Dengan tatanan yang rapi berhasil membuat sudut ini tampak apik

Ciri khas dari gaya eklektik adalah menerapkan banyak dekorasi. Anda yang senang menata, Anda bisa memasukkan gorden besar, pelapis sofa bermotif, renda-renda, dan bantal secara bersama-sama dalam satu ruang. Sarung bantal dengan beragam motif dan warna dapat menjadi barang utama yang menarik di sebuah ruangan. 

  • Bermain Pola


Foto: Lantai hingga dindingnya menerapkan pola yang beragam. Namun, agar tidak membuat pusing, motif pada lantai hanya diterapkan di satu sisi saja.

Gaya eklektik juga sering kali bermain dengan pola geometris. Hal ini dapat ditemukan pada motif lantai, dinding, bantal, karpet, sofa hingga wallpaper. Jika Anda ingin mencobanya, bisa gunakan pola-pola yang sering digunakan yakni vertikal, horizontal, dan ziz-zag. 

  • Perhatikan Ukuran Ruang


Foto: Banyaknya dekorasi tidak membuat ruang ini tampak sempit. Ini berkat peraturan proporsi yang tepat.

Anda memasukan banyak warna, pola hingga motif. Namun, perlu diingat, kunci utama dari setiap interior adalah mendapatkan proporsi yang pas antara ukuran ruang dengan tema desain yang Anda gunakan. Jika hunian Anda tidak terlalu besar, ada baiknya menggunakan dekorasi dengan ukuran yang kecil. Anda perlu menyesuaikan setiap elemen yang Anda gunakan dengan skala ruang Anda. 



You May Also Like

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista