Foto: J Boutique Hotel ©A&Partners

Tangga merupakan sebuah bagian dalam bangunan yang menghubungkan dua tingkat lantai yang berbeda. Tidak lagi sebagai jalur sirkulasi fungsional saja, desain tangga yang menarik memberi pengalaman ruang yang unik dan dapat mengalihkan perhatian dari keletihan saat melalui satu per satu anak tangga. Ketersediaan dan bentuk ruang menghasilkan desain tangga yang variatif. Berikut ragam tipe tangga yang dapat diterapkan untuk hunian Anda.


Linear dan menerus menjadi ciri tangga lurus. Tergantung pada detail desain tangga, umumnya model tangga lurus memiliki proses konstruksi lebih mudah. Tangga jenis ini dapat dibuat tanpa bordes  (landing) untuk menghemat ruang dengan maksimal memiliki 12 anak tangga. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tidak kelelahan saat harus menaiki keseluruhan anak tangga.


Foto: CH House 1 ©Rumah Bali Architect

Karena dimensi tangga ini bersifat memajang, maka diperlukan ruang yang cukup panjang dalam aplikasinya. Biasanya bentuk tangga ini digunakan untuk menghadirkan ruang yang memanjang dan memberikan kesan linear. Misalnya, pada ruang makan dan ruang keluarga tanpa sekat, aplikasi tangga lurus dapat menjadi pilihan tepat. Desain bentuk tangga ini seringkali dicitrakan mendukung gaya minimalis bangunan karena kesederhanaan bentuknya.


Foto: Shifted House ©Andani Atelier

Artikel lainnya: Ragam Material Fasad untuk Hunian

 

Foto: Grha Persada Cafe ©Hepta Desain


Disebut tangga L karena bentuknya yang serupa dengan huruf L, yang terdiri dari dua arah yang berbeda. Tangga ini merupakan adaptasi dari tangga lurus pada ruang yang terbatas. Bentuk L menjadi bentuk ideal untuk mengisi sudut ruang. Ruang bawah tangga dapat lebih efektif digunakan apabila menggunakan tangga bentuk ini.


Foto: Kalibata House ©Ashari Architect

Apabila menggunakan bentuk L, pastikan desain tangga memiliki area bordes (landing) yang memadai agar memudahkan Anda ketika membawa barang berukuran besar dan berbelok di bordes menuju arah anak tangga selanjutnya.


Foto: 'S'house ©Simple Projects Architecture

Artikel lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!


Foto: Modern Urban House ©Vindo Design


Tangga bentuk U tak kalah sering digunakan, karena bentuknya yang compact dan dapat diaplikasikan pada sudut ruang. Pada umumnya menggunakan satu maupun dua bordes, namun dapat juga diaplikasikan tanpa bordes, tergantung pada ketersedian ruang dan tinggi jarak antar lantai.


Foto: Green Garden Residence ©Evonil Architecture

Adanya koneksi visual antara lantai atas dan bawah menjadi salah satu kelebihan dalam menggunakan tangga tipe U dengan void. Selain itu, kesan elegan dan mewah juga dihadirkan dengan pemakaian tangga jenis ini. Umumnya aplikasi tangga ini terdapat pada ruang dengan langit-langit yang relatif lebih tinggi.


Foto: WAHouse ©DASADANI


Foto: Kalibre Flagship Store ©DNV Studio

Artikel lainnya: Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

 

Tangga spiral biasanya menerus tanpa bordes dengan masing-masing anak tangganya memusat pada satu titik dan tidak membentuk sudut. Umumnya tangga tipe ini digunakan sebagai tangga servis (area belakang) karena bentuknya yang hemat ruang, ekonomis, kemudahan pemasangan. Namun, sebenarnya tangga spiral memiliki nilai estetis yang tinggi apabila didesain dengan baik dan dapat menjadi point of interest tersendiri di dalam sebuah hunian.


Foto: Saman House ©Platform Architects


Foto: Parahyangan ©E.Re Studio

Karena modelnya yang melingkar dengan bentuk anak tangga yang mengerucut, berikan perhatian lebih pada detail desain tangga tipe ini untuk hasil yang maksimal. Tentunya, dibutuhkan supervisi dan akurasi yang baik juga selama pengerjaan konstruksinya.


Foto: Benhil Dormitory ©ab architects

Nah, tipe tangga manakah yang menjadi favorit Anda? Konsultasikan dengan Arsitek dan Desainer Interior Anda untuk penerapan dan desain tangga yang tepat dan maksimal di dalam rumah. Semoga artikel ini membantu untuk menentukan bentuk tangga yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel lainnya: Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista