Proyek apartemen yang dirancang oleh Pitagoras Group ini terdiri dari renovasi dua bangunan di daerah bersejarah Guimarães, Portugal. Tujuannya adalah untuk menggunakan bangunan sebagai ruang komersial dan juga apartemen sewa dengan mengubah tipologi yang ada, tetapi tetap mempertahankan fungsi asli. Bangunan ini terletak di "Largo do Trovador",  yang merupakan area transisi antara "Alameda de S. Damaso" dan zona "Couros" dimana sebagian besar area ini masih memiliki struktur yang mendefinisikan karakteristik perkotaan aslinya.

Renovasi Rumah Minimalis

© José Campos Architectural Photography

Dengan area toko yang berada dilantai bawah dan area tempat tinggal terletak dilantai atas, kedua bangunan ini sejalan dengan lingkungan di sekitar semasanya, mengasumsikan identitas utama perkotaan.

Renovasi Rumah Minimalis 1

© José Campos Architectural Photography

Renovasi Rumah Minimalis 2

© José Campos Architectural Photography

Fasad utama dari bangunan terbesar terbuat dari material batu granit yang tersusun dari bawah keatas sampai setengah dari lantai pertama. Kemudian, dari titik ini sampai atas terbuat dari material kayu dan plester tanpa elemen dekoratif besar. Sedangkan, pada bangunan terkecil, batu granit yang sama digunakan pada lantai dasar dan bagian lainnya pada fasad mengunakan material kayu dan plester.  

Renovasi Rumah Minimalis 3

© José Campos Architectural Photography

Renovasi Rumah Minimalis 4

© José Campos Architectural Photography

Di lantai atas pada bangunan terbesar, tepatnya di ruang keluarga utama yang ada sebelumnya, Tim Pitagoras Group tetap mempertahankan elemen-elemen yang memiliki nilai arsitektonis.

Renovasi Rumah Minimalis 5

© José Campos Architectural Photography

renovasi bangunan ini bertujuan untuk mengubah tipologi yang ada agar dapat memenuhi kebutuhan masa kini, dengan mengubah ruang tempat tinggal di beberapa apartemen, sementara tetap menjaga lantai dasar untuk fungsi komersial.

Renovasi Rumah Minimalis 6

© José Campos Architectural Photography

Transformasi ini hanya semata-mata merubah tipologi dan tidak mempengaruhi baik dari segi volume, struktur, karakteristik konstruksi, fasad utama, atap bangunan, maupun tangga asli bangunan.

 

Sumber Gambar : http://www.archdaily.com/

You May Also Like

Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split-Level

Budisari Residence - Rumah modern tropis yang didesain oleh pemilik sekaligus arsiteknya, Dimaz Aditio dari ARCHID design&build, terlihat sangat menarik karena perbedaan elevasi pada ruang di dalamnya. Variasi eksisting kontur lahan menjadi inspirasi desain dan solusi untuk penataan layout rumah dengan sistem split-level. Memiliki luas tanah 300 meter persegi, rumah ini menghabiskan waktu sekitar 12 bulan dalam pembangunannya.

30 May 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

18 March 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, 'Kubu Tropis' memiliki arti 'Tropical House'. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari 'Kubu Tropis' itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

13 March 2017 / ARCHITECTURE / By DDAP Architect

Ahouse: Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Rumah ini langsung menimbulkan perbincangan hangat di lingkungan sekitar pada saat selesai dibangun. Orang-orang sekitar yang lalu lalang mungkin berpikir bahwa bangunan ini bukanlah sebuah rumah tinggal dan mempertanyakan mengapa bentuk geometri seperti ini hadir di tengah-tengah lingkungan ini.

3 March 2017 / ARCHITECTURE / By Studio Papa