Arsitek                      : Axialstudio

Lokasi Proyek          : Alam Sutera, Tangerang Selatan

Luas Tanah              : 550 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : Fernando Gomulya

Deskripsi oleh Axialstudio

Rumah tinggal yang berlokasi di kluster Sutera Buana, Alam Sutera ini didesain oleh arsitek Axialstudio dengan langgam tropis modern. Hal ini dapat dilihat dari tata massa yang hadir lewat garis dan geometri sederhana serta penerapan material pada badan bangunan yang dihadirkan untuk menguatkan kesan tropis.

RS House Fasad Depan 1

Lokasi tapak yang berada di lahan sudut (hook) seluas 550 m2 ini dipilih oleh pemilik rumah dengan harapan akan desain rumah tinggal yang sehat, yaitu rumah dengan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang optimal.

RS House Fasad Samping 3

Denah dan program ruang untuk rumah tinggal ini didesain oleh arsitek dengan lugas dan jelas. Ruang-ruang yang sifatnya publik diletakkan di lantai dasar, sementara ruang-ruang privat diletakkan di lantai atas. Area servis didesain dua lantai, dan diletakkan di sisi dalam lahan sudut ini.

RS House Denah

Massa bangunan utama diletakkan di sisi luar tapak untuk memberikan pandangan yang leluasa ke lingkungan sekitar. Peletakan massa bangunan tersebut membentuk satu inner court yang memungkinkan masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara secara optimal dari dua sisi. Inner court ini memberikan potensi pandangan ke arah ruang hijau di dalam tapak, sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang bermain anak di luar ruang.

RS House Inner Court 1

Tampilan modern dengan garis dan geometri sederhana tampak dominan dalam desain fasad rumah tinggal ini. Namun, ada beberapa detail yang tampil sebagai aksen dan memperkaya karakter desain.

Satu jendela horizontal membentang panjang dari satu sisi tampak ke sisi lainnya terlihat pada fasad lantai atas rumah tinggal ini. Jendela memanjang ini memberikan kesempatan bagi penghuni untuk menyaksikan panoramic view dari ruang privat masing-masing.

RS House Ruang Tidur Anak

Sementara dari luar, bentuk jendela yang terbilang unik ini sukses menjadi focal point. Kanopi lebar dari bahan plat besi tipis yang menaunginya makin memperkuat karakter detail ini.

RS House Teras Samping 4

Satu contoh inspiratif dalam mengolah material sederhana menjadi satu desain yang memiliki nilai lebih ditunjukkan dalam detail feature wall yang ditampilkan pada tampak depan dan satu bidang dinding di inner court.

RS House Inner Court 2

Material bata ringan berukuran 20cm x 60cm dipotong mengikuti panduan desain dari arsitek, dan disusun menjadi satu pola geometris pada sebidang dinding. Hasilnya adalah satu aksen desain yang memberikan satu karakter tersendiri pada desain fasad rumah tinggal ini. Dilihat sekilas, sulit mengira bahwa aksen pola geometris tersebut diperoleh dari penataan material sesederhana bata ringan.

RS House Fasad Depan 2

Lihat profil lengkap Axialstudio di sini:

http://bluprin.com/axialstudio

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

SUB Office - SUB

SUB Office yang berlokasi di Bintaro di area perkampungan warga memiliki akses jalan yang sempit dari perumahan besar Bintaro Jaya. Kaveling kecil dengan pemandangan sekitar ke arah perkampungan dengan tipologi rumah tinggal dan lanskap yang masih asri, juga berbatasan langsung dengan pagar perumahan mewah.

20 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Golkar Jakarta Office - Delution Architect

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar kantor partai politik? Bagi Delution, kantor politik khususnya di Indonesia memiliki kesan yang kaku, tertutup, tidak bersahabat, dan membentengi diri dari lingkungan masyarakat. Mungkin konflik yang sering terjadi baik di internal ataupun eksternal partai serta demo masyarakat menjadi alasan utama kantor partai terkesan seperti benteng dan tertutup. Padahal, secara filosofis hal tersebut sangat bertentangan dengan nyawa sebuah partai politik dan konstituennya yang merupakan masyarakat itu sendiri. Partai Golkar DPD DKI Jakarta, selaku pemilik proyek dan salah satu partai tertua di Indonesia berniat untuk melakukan suatu revolusi untuk menjadi partai yang lebih modern, transparan, kolaboratif, dan terbuka sehingga dapat menarik perhatian generasi muda yang tertarik dengan dunia politik untuk bisa berpraktik secara langsung. Tentunya semua visi itu harus sejalan dengan bangunan kantornya yang merupakan wadah utama aktivitas serta “wajah peradaban” dari partai politik ini.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

6 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

I-House - Andy Rahman Architect

Rumah rancangan Andy Rahman Architect yang berlokasi di Gayungsari, Surabaya ini bisa disebut sebagai I-House (baca: Ai-House), dan bisa dimaknai dari berbagai sisi yang berbeda. Pertama, rumah ini adalah rumah yang sangat personal, dan sangat khusus rancangannya diperuntukkan bagi si pemilik rumah, maka dinamakan I-House: Aku yang menyatu dengan Rumah.

13 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin