Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, ‘Kubu Tropis’ memiliki arti ‘Tropical House’. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari ‘Kubu Tropis’ itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

Foto: Eksterior 

Foto: Teras Kamar

Arsitektur sebagai Branding

Dalam lingkup modern saat ini, Branding menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk tujuan marketing. Dalam proyek ‘Kubu Tropis’ ini, branding tidak hanya akan diaplikasi pada digital branding saja, namun juga tercerminkan pada desain arsitektural bangunan. Sesederhana menerjemahkan “Kubu” dan “Tropis” ke dalam desain.

Foto: Kamar Tidur

Foto: Lampu Gantung Industrial

Artikel lainnya: Ahouse - Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Kubu = Home

Desain sebuah bangunan memiliki tipologi masing-masing, apakah desain bangunan tersebut terlihat seperti sebuah rumah, pabrik, kantor, sekolah, ataupun mal. Kami percaya bahwa interpretasi dari sebuah rumah bisa dilihat dari masa bangunan secara keseluruhan. Bentuk dari atap pelana dan jendela-jendela menjadi basis dasar dari bentuk sebuah rumah. Bentuk-bentuk ini sudah tertanam di dalam pikiran kita karena ini merupakan bentuk rumah yang kita gambar saat kita masih di usia kanak-kanak.

Foto: Eksterior

Foto: Kamar Tidur

Rumah Tropis

Kata tropis memiliki arti yang bermacam-macam. Di Indonesia, tropis itu sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa daerah dan setiap tempat memiliki iklim yang berbeda. Desain ‘Kubu Tropis’ sendiri mengacu pada iklim lokasi bangunan itu berada, iklim tropis Bali. Penerapannya dapat dilihat pada teritis atap yang lebar untuk proteksi terhadap hujan, area teras yang semi-kering dan basah, bukaan jendela untuk pencahayaan alami, dan cross-ventilation untuk sirkulasi udara yang baik. Hal-hal tersebut menjadi kualitas dari desain ‘Kubu tropis’.

Foto: Balkon Kamar

Foto: Pencahayaan Alami Kamar Mandi 

Tentunya, di sini bisa dilihat bahwa arsitektur juga dapat menjadi sebuah branding dimana logo dari ‘Kubu tropis’ itu sendiri didasarkan pada bentuk dasar dari desain arsitekturnya.

Foto: Taman Rumah

Project Infomation: KUBU TROPIS LODGE ACCOMODATION

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

SUB Office - SUB

SUB Office yang berlokasi di Bintaro di area perkampungan warga memiliki akses jalan yang sempit dari perumahan besar Bintaro Jaya. Kaveling kecil dengan pemandangan sekitar ke arah perkampungan dengan tipologi rumah tinggal dan lanskap yang masih asri, juga berbatasan langsung dengan pagar perumahan mewah.

20 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Golkar Jakarta Office - Delution Architect

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar kantor partai politik? Bagi Delution, kantor politik khususnya di Indonesia memiliki kesan yang kaku, tertutup, tidak bersahabat, dan membentengi diri dari lingkungan masyarakat. Mungkin konflik yang sering terjadi baik di internal ataupun eksternal partai serta demo masyarakat menjadi alasan utama kantor partai terkesan seperti benteng dan tertutup. Padahal, secara filosofis hal tersebut sangat bertentangan dengan nyawa sebuah partai politik dan konstituennya yang merupakan masyarakat itu sendiri. Partai Golkar DPD DKI Jakarta, selaku pemilik proyek dan salah satu partai tertua di Indonesia berniat untuk melakukan suatu revolusi untuk menjadi partai yang lebih modern, transparan, kolaboratif, dan terbuka sehingga dapat menarik perhatian generasi muda yang tertarik dengan dunia politik untuk bisa berpraktik secara langsung. Tentunya semua visi itu harus sejalan dengan bangunan kantornya yang merupakan wadah utama aktivitas serta “wajah peradaban” dari partai politik ini.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Djati Lounge and Bungalow - MINT-DS

Djati Lounge and Bungalow merupakan kompleks bungalo (Djoglo Bungalow) dan lounge (Djati Lounge) yang berada di kota pegunungan Araya, Malang di Jawa Timur. Kompleks ini terdiri dari sebelas bungalo yang tersebar di situs sebelah lapangan golf dan ruang restoran/multifungsi. Memiliki total luas site sebesar 13.302 m², proses desain dimulai dari Desember 2013  sampai Maret 2014. Djati Lounge atau Hall memiliki luas 1.395 m², sedangkan Djoglo Bungalow Superior yang terdiri dari 9 unit bangunan masing-masing memiliki luas 140 m². Terdapat pula Djoglo Bungalow President Suite dengan luas 260 m² dan Djoglo Bungalow Private seluas 385 m².

6 November 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

RS House - Axialstudio

Rumah tinggal yang berlokasi di kluster Sutera Buana, Alam Sutera ini didesain oleh arsitek Axialstudio dengan langgam tropis modern. Hal ini dapat dilihat dari tata massa yang hadir lewat garis dan geometri sederhana serta penerapan material pada badan bangunan yang dihadirkan untuk menguatkan kesan tropis.

26 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin