Foto: IS Residence ©MINT-DS

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siap-siap terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

Idealnya, sebelum musim hujan datang, Anda harus mengecek kondisi rumah, khususnya area-area yang rentan bocor seperti melihat apakah ada genting yang melorot, dak beton yang retak, nok yang lepas, dan sebagainya. Jika Anda menemukan kejanggalan, jangan ragu untuk segera memperbaikinya. Setidaknya, langkah ini akan mengurangi risiko rumah Anda bocor saat musim hujan.

Lantas, bagaimana jika Anda tidak sempat mengecek kondisi atas rumah sementara musim hujan sudah menyapa? Anda harus segera mendeteksi secara langsung seluruh rumah Anda di hujan pertama. Biasanya, masalah bocor akan langsung terlihat. Jika sudah diketahui ada masalah bocor, segera perbaiki. Inilah beberapa masalah dan solusi seputar bocor yang kerap melanda rumah.

Atap genting

Secara garis besar, ada 2 hal yang membuat atap genting rentan terkena masalah bocor. Pertama, kemiringan atap yang terlalu landai. Idealnya, standar kemiringan atap adalah 30—40 derajat. Jika terlalu landai rentan bocor, terlalu curam pun genting mudah lepas (melorot). Kedua, masalah di rangka, seperti pemasangan rangka yang tidak rata, rangka tidak mampu menahan beban penutup atap, atau rangka rusak sehingga atap bermasalah.


Foto: Sudut kemiringan atap yang tinggi memudahkan air hujan untuk mengalir. Vertical Courtyard house ©DDAP Architect

Nok

Plasteran untuk karpusan di nok merupakan sumber terbesar penyebab kebocoran di titik ini. Plasteran yang tidak sempurna dapat membuat area ini retak dan nok mudah terlepas. Selain itu, Anda wajib melapisi area ini dengan waterproofing, maksimal 2 tahun sekali.

Jurai

Jangan pilih material jurai yang mudah bocor seperti seng. Pilih juga material yang minim sambungan, apalagi jurai berfungsi sebagai talang air di atap. Ada sedikit lubang akan membuat rumah bocor.

Baca Juga: Tips Agar Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

Dak beton

Pemasangan dak yang tidak benar membuat atap dak rentan retak dan menjadi sumber bocor. Jadi, Anda wajib memasang dak beton secara benar. Kemiringan dak pun perlu diperhatikan agar air tidak menggenang. Selain itu, Anda wajib melapisi area ini dengan waterproofing, maksimal 2 tahun sekali,

Dinding

Membeli rumah di perumahan atau membangun rumah di lahan padat penduduk membuat rumah harus dibangun saling menempel. Air biasanya masuk melalui celah antar-dinding dan menyebabkan bocor. Idealnya, saat proses pengerjaan, tutup rapat celah pertemuan antar-dinding ini. Atau, jika Anda baru membeli rumah, Anda harus segera mengecek area ini. Jika ada celah, segera tutup.

.

Sudah diperbaiki tetapi masih bocor? Bisa jadi Anda salah waktu mengerjakan. Walau sudah diketahui sumber bocornya, menangani bocor dan rembes tidak bisa hari itu juga dilakukan. Minimalnya, dibutuhkan waktu 1x24 jam, hingga area bocor kering dan siap diperbaiki. Setelah diperbaiki dan diberi waterproofing, area tersebut masih membutuhkan waktu 1x24 jam. 

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja selama setahun ini? Yuk, sambut tahun baru yang sebentar lagi akan tiba dengan melakukan beberapa perbaikan pada tampilan rumah. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah warna pada ruang.

28 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inilah Kelebihan dari Interior Bergaya Industrial

Ingin hunian Anda layaknya sebuah tempat nongkrong yang asyik? Gaya industrial yang banyak diterapkan di kafe-kafe ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah. Dinding ekspos, adanya kabel atau pipa yang menjuntai, serta penggunaan material alam kerap menjadi ciri khas yang menandai konsep desain industrial.

19 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Material Untuk Desain Carpot yang Kokoh

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi carport bukan hanya sekadar tempat mobil untuk “beristirahat”. Kini, keberadaannya juga dapat menambah estetika rumah. Selain itu, desain carport yang bagus dapat menunjang keindahan fasad hunian Anda.

17 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Tren Warna: Warna Lembut dengan Aksen Kontras Mendominasi

Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, membuat orang cenderung lebih mudah merasa lelah, stres, dan capek. Saat pulang ke rumah, mereka butuh sesuatu yang membuat rileks dan nyaman sebagai penyeimbang dari padat dan beratnya aktivitas yang telah dijalani seharian. Salah satu yang dapat membuat seseorang nyaman tinggal di dalam rumah adalah pemilihan warna yang tepat.

7 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin