Fengshui biasanya dihubungkan dengan mitos turun-temurun dari masyarakat Tionghoa. Citra 'klenik' memang sangat melekat, namun fengshui ternyata dapat diterapkan secara logis pada desain bangunan. Fengshui merupakan suatu kegiatan yang dicatat secara turun temurun yang mempelajari tentang keseimbangan antara angin dan air.

“All about matter of balance"

Dari ketertarikannya mempelajari fengshui, Endhi Purnomo, dosen arsitektur Universitas Trisakti sekaligus arsitek utama dari konsultan arsitek bernama EIP Architect dan rekan ini berguru secara langsung pada Lilian Too yang merupakan pakar fengshui terkenal di Hongkong. Dengan mengantongi sertifikat ilmu fengshui, konsep tersebut selalu diterapkan pada desain bangunan rancangannya, baik yang dasar hingga pada detail pemilik.

 

Foto: Unsur air pada area Mall Senayan City untuk keseimbangan berdasarkan fengshui bangunannya ©Staticflickr

Pada dasarnya, fengshui berfokus pada 3 aspek kehidupan, yaitu langit (tien), manusia (ren), dan bumi (tie). Oleh karena itu, terdapat rumus umum berdasarkan analisis letak lahan dan fungsi bangunan (bumi) ataupun spesifik tergantung pada pemilik (manusia).

Artikel Lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!


Foto: Keseimbangan antara unsur air dan angin dalam hunian - Cipete House ©Fabelio Design and Build

Jika ditinjau dari aspek bumi(tie), fengshui dapat diterapkan secara langsung tanpa menganalisis tahun lahir Anda. Berikut tipnya:

  • Hindari memilih lokasi rumah yang terletak di bawah jalan.
  • Usahakan agar letak pintu rumah tidak berhadapan langsung dengan rumah ibadah, rumah makan, tiang bendera, tugu, gardu listrik, menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), papan reklame, rumah yang sudah tua, ataupun sesuatu yang menghalangi. Apabila letak pintu rumah Anda tidak dapat diubah, maka Anda dapat meletakkan cermin cembung di area pintu rumah Anda.
  • Hindari memilih atau membangun rumah pada ujung jalan (tusuk sate). Apabila tidak dapat dihindarkan, maka dapat dinetralisir dengan tanaman.
  •    Hindari letak tempat tidur di bawah balok, karena dipercaya dapat memberikan efek tertekan, sakit kepala, dan menstimulasi pengaruh negatif dalam diri).
  •     Hindari letak dapur di bawah kamar tidur dan kamar mandi.
  •     Hindari letak kamar mandi di atas kamar tidur.
  •     Usahakan tidak memilih rumah di samping sungai dengan arus yang deras.
  •   Meminimalisir sudut tajam (poison error), karena dipercaya dapat mengalirkan energi negatif pada area yang dihadapkan langsung pada sudut tajam tersebut.

Mengetahui Zonasi Positif Pada Rumahmu Berdasarkan Tahun Lahir


Foto: Ruang tengah sebagai area netral yang dapat digunakan untuk ruang makan - Budisari Residence ©ARCHID Design&Build

Selain untuk menangkap keberuntungan dan menghindari kesialan, konsep keseimbangan antara air dan angin dalam fengshui memiliki peran besar dalam menjaga kondisi kesehatan Anda di dalam rumah. Tidak ada salahnya mencoba perhitungan sederhana berdasarkan tahun kelahiran Anda maupun pasangan agar peletakkan fungsi ruang dalam rumah tepat sesuai energi pada diri Anda. Perhitungan ini disebut Fengshui KUA Number yang akan diterjemahkan dengan teori Eight Mansion dalam ilmu fengshui.

Nomor KUA Anda ditentukan oleh 2 digit terakhir tahun kelahiran, jenis kelamin, dan periode tahun kelahiran Anda. Berikut langkah-langkah perhitungannya.

Artikel Lainnya: Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

Laki-laki:

a.    Jumlahkan 2 digit angka terakhir tahun lahir Anda [apabila Anda lahir sebelum tahun baru Cina (25 Januari 1982), setelah menjumlahkan 2 digit angka terakhir tahun kelahiran, kurangi dengan angka 1]

b.    Pastikan angka sudah terdiri dari 1 digit sebelum melanjutkan ke poin c, apabila masih terdiri dari 2 digit, maka jumlahkan keduanya satu sama lain (contoh: 12 menjadi 1+2=3)

c.    (Tahun lahir sebelum tahun 2000)           Selisihkan angka tersebut dengan 10

d.    (Tahun lahir sesudah tahun 2000)           Selisihkan angka tersebut dengan 9

Perempuan:

a.    Jumlahkan 2 digit angka terakhir tahun lahir Anda [apabila Anda lahir sebelum tahun baru Cina (25 Januari 1982), setelah menjumlahkan 2 digit angka terakhir tahun kelahiran, kurangi dengan angka 1]

b.    Pastikan angka sudah terdiri dari 1 digit sebelum melanjutkan ke poin c, apabila masih terdiri dari 2 digit, maka jumlahkan keduanya satu sama lain (contoh: 12 menjadi 1+2=3)

c.    (Tahun lahir sebelum tahun 2000)           Tambahkan angka tersebut dengan 5

d.    (Tahun lahir sesudah tahun 2000)           Tambahkan angka tersebut dengan 6

Pada gambar di bawah ini terlampir contoh perhitungannya:


Angka yang menjadi hasil dari proses tersebut merupakan angka KUA Anda. Setelah itu, bagi lahan rumah Anda menjadi 9 bagian (grid) sesuai mata angin agar Anda dapat dengan mudah mengetahui bagian mana saja yang baik bagi Anda sesuai dengan tabel Eight Mansion Fengshui. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menempatkan kamar tidur utama, kamar tidur anak, atau ruang kerja pada bagian positif yang sesuai dengan Anda. Sementara, ruang pendukung lainnya seperti kamar mandi, dapur, dapur bersih, atau gudang dapat Anda tempatkan pada bagian yang kurang sesuai dengan Anda. Sesuaikan hasil KUA Anda pada daftar Eight Mansion Fengshui berikut:


Perhitungan tersebut adalah yang paling sederhana yang dapat diterapkan pada hunianmu. Jika demi kesehatan Anda tidak ada salahnya menerapkan fengshui agar rumah menjadi tempat yang nyaman bagi Anda. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©Adsttc- feng-shui.lovetoknow

Artikel Lainnya: Tip Dekorasi Interior Cantik dengan TanggaMelayang

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

Setelah Anda menentukan arsitek pilihan, apa yang harus Anda lakukan dengan arsitek? Gambar apa saja yang didapatkan dari arsitek pilihan yang merancang hunian Anda?Idealnya, terdapat beberapa tahap dalam proses desain yang dilalui oleh arsitek saat merancang hunian. Di tahap tertentu akan dibutuhkan banyak koordinasi antara arsitek dan pemilik agar desain hunian menjawab semua kebutuhan hunian impian Anda. Berikut tahapannya!

27 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

RUU Arsitek telah disahkan! Apa manfaatnya bagi masyarakat?

Arsitek adalah seseorang yang menghasilkan karya Arsitektur meliputi perencanaan, perancangan, pengawasan, dan/atau pengkajian untuk bangunan gedung dan lingkungannya, serta yang terkait dengan kawasan dan kota. Dalam prosesnya, selama ini belum ada pengaturan mengenai arsitek yang dapat memberikan pelindungan dan kepastian hukum untuk arsitek, pengguna jasa arsitek, praktik arsitek, karya arsitektur, dan masyarakat.

14 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

Diperlukan desain yang baik agar hunian menjadi tempat yang layak untuk dihuni, baik dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan keamanan bangunan. Oleh karena itu, pemakaian jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda menjadi solusinya. Dengan  menggunakan jasa arsitek, maka perencanaan dan pembangunan menjadi lebih optimal dan kesalahan dalam pengerjaan pun dapat  lebih diminimalisir.Sebelum menetapkan arsitek, Anda dapat memperkirakan biaya untuk jasa arsitek terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk menghitung anggaran jasa arsitek, yaitu dengan persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan harga per meter persegi.

7 July 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

Membangun rumah membutuhkan beberapa tahapan, termasuk proses perizinannya. Salah satunya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB merupakan perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Dibutuhkan kelengkapan berkas untuk dapat segera diproses oleh pihak yang berwenang. Pada segmen kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus perizinan untuk membangun rumah tinggal.

22 June 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri