Foto: Tokoh arsitek Indonesia menjelang pengesahan RUU Arsitek ©Imelda Akmal

Arsitek adalah seseorang yang menghasilkan karya Arsitektur meliputi perencanaan, perancangan, pengawasan, dan/atau pengkajian untuk bangunan gedung dan lingkungannya, serta yang terkait dengan kawasan dan kota. Dalam prosesnya, selama ini belum ada pengaturan mengenai arsitek yang dapat memberikan pelindungan dan kepastian hukum untuk arsitek, pengguna jasa arsitek, praktik arsitek, karya arsitektur, dan masyarakat.

Oleh karena itu, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sudah lama menggagas UU Arsitek ini dalam merespon kebutuhan jaminan hukum. Gagasan ini juga didukung dengan adanya persaingan dari program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diberlakukan sejak tahun 2016. Dengan adanya MEA, arsitek asing bebas berkarya dalam lingkup negara ASEAN salah satunya Indonesia, sehingga undang-undang arsitek ini berguna untuk melindungi profesi arsitek lokal dan karyanya.


Foto: Summarecon Serpong ©Baskoro Tedjo & Associates

Dalam undang-undang yang baru disahkan pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, pemilik properti atau pengguna jasa arsitek juga mendapatkan manfaat dari pengesahan UU ini. Pengguna jasa arsitek dapat menggunakan hak hukumnya apabila dirugikan terkait penyalahgunaan dan kelalaian dari sang arsitek.

Sehingga segala kecelakaan dalam masa periode bangunan tersebut digunakan dapat dipertanggungjawabkan keamanan dan keselamatan penghuninya oleh arsitek yang bersangkutan. Selain itu, dengan adanya UU ini Anda lebih mudah menentukan arsitek, karena arsitek yang sudah memiliki karya nyata adalah yang sudah terverifikasi pengalaman dan kompetensinya.

Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?


Foto: Denpasar Residence ©Atelier Cosmas Gozali

Berkaitan dengan malpraktik dalam jasa arsitek, kualitas arsitek lokal menjadi poin penting yang dibahas dalam pasal-pasalnya. Persyaratan arsitek yang diperbolehkan berpraktik adalah mereka yang sudah teregistrasi dan memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh organisasi profesi arsitek. Organisasi profesi ini bekerja sama dengan pemerintah sehingga standar kriteria arsitek yang dapat bekerja secara profesional bersifat objektif.


Foto: Medan Focal Point ©URBANE

Dengan adanya ketentuan ini, maka dapat dijamin arsitek yang menjadi pelaku praktik profesional hanya yang berpengalaman dan berkompeten. Kecelakaan dalam bangunan yang disebabkan kelalaian perancangan dari arsitek yang belum berpengalaman dapat lebih diminimalisir.

Tidak hanya arsitek lokal, arsitek asing juga diatur dalam praktiknya di Indonesia. Mereka harus memenuhi persyaratan kompetensi dan persyaratan perizinan menurut hukum negaranya dan harus diregistrasi di Indonesia. Selain itu, arsitek asing harus bekerja sama dengan arsitek lokal, dengan ketentuan arsitek lokal yang menjadi penanggung jawab praktik arsitek di Indonesia.


Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Semoga dengan pengesahan UU Arsitek ini dapat menjadi awal mula yang baik untuk kemajuan para pelaku industri arsitektur dan konstruksi. Masyarakat juga diharapkan dapat lebih mudah menentukan arsitek pilihan untuk desain bangunan yang tidak hanya indah, tapi juga aman dan nyaman untuk dihuni. Berikut daftar jasa arsitek, desainer interior, serta kontraktor yang ada di Indonesia.

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Arsitek Indonesia Tampilkan Karya di Korea Selatan

Tanggal 2 September 2017 lalu, Indonesian Architect Week Seoul (IAWS) 2017 mulai dibuka dengan menghadirkan 54 karya arsitek Indonesia. Wujud apresiasi jelas terlihat dari 198 arsitek Indonesia yang turut hadir meramaikan acara pembukaan pameran bertaraf Internasional ini. Acara ini dapat dinikmati oleh penikmat arsitektur maupun arsitek mancanegara di ART Space: cultural complex Haenghwa-Tang 613-11 Ahyeon-Dong, Mapo-gu, Seoul hingga 10 September mendatang.

5 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

Pertimbangkan hal ini saat memilih jasa kontraktor atau mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

24 August 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri