Foto: Tokoh arsitek Indonesia menjelang pengesahan RUU Arsitek ©Imelda Akmal

Arsitek adalah seseorang yang menghasilkan karya Arsitektur meliputi perencanaan, perancangan, pengawasan, dan/atau pengkajian untuk bangunan gedung dan lingkungannya, serta yang terkait dengan kawasan dan kota. Dalam prosesnya, selama ini belum ada pengaturan mengenai arsitek yang dapat memberikan pelindungan dan kepastian hukum untuk arsitek, pengguna jasa arsitek, praktik arsitek, karya arsitektur, dan masyarakat.

Oleh karena itu, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sudah lama menggagas UU Arsitek ini dalam merespon kebutuhan jaminan hukum. Gagasan ini juga didukung dengan adanya persaingan dari program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diberlakukan sejak tahun 2016. Dengan adanya MEA, arsitek asing bebas berkarya dalam lingkup negara ASEAN salah satunya Indonesia, sehingga undang-undang arsitek ini berguna untuk melindungi profesi arsitek lokal dan karyanya.


Foto: Summarecon Serpong ©Baskoro Tedjo & Associates

Dalam undang-undang yang baru disahkan pada tanggal 12 Juli 2017 lalu, pemilik properti atau pengguna jasa arsitek juga mendapatkan manfaat dari pengesahan UU ini. Pengguna jasa arsitek dapat menggunakan hak hukumnya apabila dirugikan terkait penyalahgunaan dan kelalaian dari sang arsitek.

Sehingga segala kecelakaan dalam masa periode bangunan tersebut digunakan dapat dipertanggungjawabkan keamanan dan keselamatan penghuninya oleh arsitek yang bersangkutan. Selain itu, dengan adanya UU ini Anda lebih mudah menentukan arsitek, karena arsitek yang sudah memiliki karya nyata adalah yang sudah terverifikasi pengalaman dan kompetensinya.

Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?


Foto: Denpasar Residence ©Atelier Cosmas Gozali

Berkaitan dengan malpraktik dalam jasa arsitek, kualitas arsitek lokal menjadi poin penting yang dibahas dalam pasal-pasalnya. Persyaratan arsitek yang diperbolehkan berpraktik adalah mereka yang sudah teregistrasi dan memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh organisasi profesi arsitek. Organisasi profesi ini bekerja sama dengan pemerintah sehingga standar kriteria arsitek yang dapat bekerja secara profesional bersifat objektif.


Foto: Medan Focal Point ©URBANE

Dengan adanya ketentuan ini, maka dapat dijamin arsitek yang menjadi pelaku praktik profesional hanya yang berpengalaman dan berkompeten. Kecelakaan dalam bangunan yang disebabkan kelalaian perancangan dari arsitek yang belum berpengalaman dapat lebih diminimalisir.

Tidak hanya arsitek lokal, arsitek asing juga diatur dalam praktiknya di Indonesia. Mereka harus memenuhi persyaratan kompetensi dan persyaratan perizinan menurut hukum negaranya dan harus diregistrasi di Indonesia. Selain itu, arsitek asing harus bekerja sama dengan arsitek lokal, dengan ketentuan arsitek lokal yang menjadi penanggung jawab praktik arsitek di Indonesia.


Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Semoga dengan pengesahan UU Arsitek ini dapat menjadi awal mula yang baik untuk kemajuan para pelaku industri arsitektur dan konstruksi. Masyarakat juga diharapkan dapat lebih mudah menentukan arsitek pilihan untuk desain bangunan yang tidak hanya indah, tapi juga aman dan nyaman untuk dihuni. Berikut daftar jasa arsitek, desainer interior, serta kontraktor yang ada di Indonesia.

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

The Hotel Week Indonesia 2017: Tawarkan Ajang Diskusi, Kompetisi dan Solusi dari Tantangan Industri Hospitaliti Masa Kini

Senin, 13 November 2017 The Hotel Week Indonesia menggelar press conference di Hotel Grand Sahid Jakarta membahas isu yang diangkat dari penyelenggaraan The Hotel Week Indonesia kali ini. Persoalan akan kondisi kelebihan pasokan kamar (oversupply) yang terjadi di kota-kota besar, kekurangan tenaga kerja tersertifikasi (brain drain), dan tergerusnya keuntungan dari pemilik/operator hotel karena online travel agency yang meminta komisi lebih tinggi dari travel agency konvensional yang menjadi perhatian. Para profesional mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapi industri perhotelan di Indonesia.

13 November 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

HDII AWARD 2017 Lahirkan Desainer Interior Muda Indonesia Berkelas Dunia

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

11 October 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Firmitas: Mengupas ‘Rahasia Dapur’ Aboday Design

Jumat, 15 September 2017 berlokasi di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Aboday Design meluncurkan buku keduanya yang berjudul Firmitas. Dengan pengemasan buku yang lebih ringan, penulis konsisten mengusung huruf F sama seperti judul buku pertama mereka “Fame, Fortune, and Flirt”. Bukan karena hanya mengejar kata dengan awalan huruf F, tetapi pada masa ini firmitas dirasa menjadi kata kunci yang merefleksikan nilai dan semangat desain yang berkembang dalam dinamika biro arsitek Aboday Design sekarang.

17 September 2017 / ARCHITECTURE / By Aisya Putri

ARCHITECTURE​​ FAIR​​ 2018

“Architecture​​ as ​​Catalyst”Apakah Anda pernah mendengar acara AFAIR? AFAIR sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk penempatan instalasi publik interaktif, ​talkshow​, ​workshop​, sayembara berlevel internasional, serta pameran yang merespon isu-isu hangat dan solusi desainnya melalui arsitektur.

6 September 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin