Foto: CP Residence ©Rakabentuk ID

Menghias dinding rumah ataupun meja kecil disebelah tempat tidur dengan bingkai foto atau lukisan dapat membuat ruangan menjadi lebih berwarna. Bingkai foto atau lukisan ini berfungsi selain untuk mempermanis ruang juga dapat berbicara sebagai kenangan yang diabadikan.


Foto: Taman Sari Apartment ©Cipta Desain

Agar penempatan bingkai di dinding sesuai dan tidak berkesan monoton, bingkai yang digunakan dapat bervariasi mulai dari aspek warna, bentuk maupun ukurannya. Dari segi ukurannya , sebaiknya pertimbangkan ruang kosong yang ada.


Foto: Trilium Apartment ©BW Design Consultant

Bila Anda memiliki bidang dinding yang cukup luas, Anda dapat menghiasnya dengan beberapa bingkai berukuran besar dan dikombinasikan dengan beberapa bingkai berukuran kecil. Mungkin akan lebih hidup jika Anda menggunakan beberapa warna untuk bingkainya.

Saat akan menyusun bingkai di dinding ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti :

Pilih Foto Atau Lukisan Yang Kontras

Dinding rumah Anda dapat lebih menarik dengan menampilkan gambar atau foto yang kontras dengan ruangan dan warna disekitarnya. Nantinya siapapun yang masuk ke ruangan, pandangannya akan terarah pada bingkai lukisan atau foto tersebut.


Foto: AT House ©Robert Kwok Architect

Desain Layout Dinding Foto

Perkembangan teknologi membuat Anda leluasa untuk melihat layout dinding foto agar dapat memilih berbagai desain menarik dalam mengatur bingkai foto. Walaupun terkesan sederhana ternyata menata foto tidak boleh sembarangan atau diletakkan begitu saja.

Artikel Lainnya: PORO(CITY): Pemenang Sayembara FuturArc2017 - Kategori Mahasiswa


Foto: Pasar Baru Mansion ©Pureline Living

Untuk menghasilkan ruangan ala desainer interior profesional Anda harus melakukan hal yang sama dengan para profesional tersebut, seperti mendesain layoutnya terlebih dahulu. Ada beberapa desain layout bingkai foto minimalis yang bisa Anda gunakan, yaitu :


Foto: R Apartment ©AW.D

  • Desain garis lurus yaitu penataan bingkai foto disusun dengan rapih mengikuti pola garis lurus, baik dari samping kanan ke kiri atau dari bawah ke atas.


Foto: Pluit Mas House ©10x10 Design

  • Desain imajinatif yaitu Anda dapat mendesain bingkai foto atau lukisan sesuai dengan imajinasi Anda sendiri. Anda dapat menyusun bingkai searah jarum jam plus dengan jarum jam di bagian tengahnya. Aturlah sedemikian rupa sehingga dapat berbentuk oval atau mirip daun.


Foto: Budisari Residence ©Bluprin

  • Desainlah bingkai seperti desain cerita sejarah keluarga yang dibentuk seperti kotak dimana bingkai-bingkai yang berukuran kecil diatur seolah mengelilingi sebuah foto atau lukisan besar yang menjadi pusat cerita sejarah sebuah keluarga. Pada bingkai tambahkan beberapa kata-kata yang menarik.

Artikel Lainnya: Vindo Design - Mencerahkan Rumah Dengan Desain Pop Art

Atur Bingkai Sesuai dengan Layout Dinding

Perhatikan bidang dinding untuk mendapatkan layout dinding yang cocok dan sesuai. Setelah itu cobalah untuk menempelkan kertas-kertas di dinding yang direkatkan dengan menggunakan plester dengan ukuran bingkai yang sudah disesuaikan dengan keinginan. Bila layout leyak bingkai foto sudah sesuai maka dapat dibeli atau dibuat sendiri bingkai yang sesuai dengan layout ukuran kertas yang telah disusun sebelumnya.


Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Warna Bingkai Hitam Putih Untuk Kesan Minimalis

Biasanya desain interior rumah minimalis adalah hitam putih. Jadi, usahakan bingkai foto untuk rumah bergaya minimalis tidak menggunakan beraneka ragam warna. Cukup gunakan warna hitam dan putih agar kesan elegan nya lebih menonjol.


Foto: CP Residence ©Rakabentuk ID

Padukan Lukisan dan Foto

Bingkai foto tidak harus selalu diisi dengan foto. Untuk menata bingkai foto sebaiknya tidak harus diisi dengan foto keluarga. Cobalah untuk memadukan antara foto dan lukisan untuk mendapatkan sentuhan yang unik pada dinding. Cobalah untuk meletakkan lukisan di tengah yang dikelilingi foto seluruh anggota keluarga dalam ukuran yang lebih kecil.


Foto: Art Deco Styled Residence ©Moxie Creative House


Foto: Rumah Bapak Edwin ©DesignDee

Atur Bingkai Sebagai Pemanis Tangga

Ada perbedaan dalam menata bingkai foto di dinding ruangan dengan dinding tangga. Bagi rumah dengan desain minimalis dua lantai, manfaatkan bagian dinding tangga untuk menempelkan bingkai-bingkai foto. Bingkai dapat disusun sesuai dengan bentuk tangganya, misalkan dari arah atas ke bawah.


Foto: Modern Urban House ©Vindo Design

Bila saat ini Anda ingin menata ruangan Anda sesuai dengan selera maka sangat disarankan untuk melihat layout dinding foto di internet agar rumah Anda terkesan ditata oleh desain interior ruangan yang professional. Jadi Anda dapat menghemat penggunaan desain interior professional dengan mempelajari sendiri melalui bantuan internet mengenai bagaimana menata bingkai foto minimalis.


Foto: Pluit Mas House ©10x10 Design

Artikel Lainnya: Tip Mendekorasi di Hari Raya

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin