Tentu kita semua suka berada di ruangan yang nyaman. Anda bisa mengeksplorasinya dengan mengganti furniture ataupun mendesain ulang interior Anda. Namun Anda juga dapat melakukan beberapa hal ini untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih fresh dan baru tanpa harus repot melakukan perubahan besar. Di antaranya adalah dengan penataan / penempatan asesoris pendukung, penggunaan materi dekorasi yang sesuai kebutuhan, ataupun dengan menggunakan karya seni wallart di berbagai dinding ruangan yang sesuai dengan pribadi kita sendiri.

Desain Ruangan Rumah Minimalis

Foto: Chicken Skin Blue Black ©Spasium feat Natisa Jones

Artikel lainnya: 5 Ide Penyimpanan di Dapur Mungil

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan bila ingin menggunakan karya seni wallart untuk mempercantik ruangan:

Perhatikan komposisi warna ruangan Anda dengan komposisi warna pada wallart

Komposisi warna antara wallart dengan ruangan berperan penting dalam mendukung suasana.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 1

Foto: Candyland Runner ©Spasium feat Marcilea Adinda

Penggunaan wallart dengan tema warna yang sama dengan furniture menghadirkan kesan harmonis, seperti contoh di atas.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 2

Foto: Red Dream ©Spasium feat Septian Budiyanto

Penggunaan wallart dengan warna yang kontras dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 3

Foto: Untitled 7 ©Spasium feat Monica Hapsari

Penggunaan wallart dengan kombinasi warna cerah dengan elemen polos (empty space) yang dominan dapat memberikan kolaborasi visual yang selaras dan berimbang untuk ruangan minimalis, karena wallart dapat menjadi focal point dan aksentuasi pada ruangan semacam ini.

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Campin Pemanis Rumah

Perhatikan ukuran dan bentuk wallart untuk mengeksplorasi kesan luas dan mewah

Ruangan yang sempit dapat terkesan lebih luas, ruangan yang sederhana dapat terkesan lebih mewah dengan komposisi bentuk wallart yang tepat.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 4

Foto: Sleepless Generation ©Spasium feat Sanchia Hamidjaja

Penggunaan wallart dengan format horisontal / panorama dapat menghadirkan kesan luas untuk ruangan yang cenderung lebar. Bahkan wallart dengan format panorama dapat membuat ruangan terlihat lebih megah. Hindari penggunaan wallart panorama untuk ruangan kecil.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 5

Foto: Above ©Spasium feat Aditya Putra

Penggunaan wallart dengan format kotak berukuran sedang bisa menjadi pilihan bila Anda ingin menghadirkan kesan lega untuk ruangan yang cenderung kecil.

Anda dapat mempercantik suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan menarik dengan melakukan eksplorasi wallart seperti yang sudah diulas diatas. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: 5 Cara Kreatif Memperluas Ruang dengan Cermin

You May Also Like

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Dekorasi Hunian Menyambut Hari Kemerdekaan

Suka cita menyambut momen kemerdekaan bisa diaplikasikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengikuti upacara bendera, mengikuti lomba hingga menghias rumah dengan nuansa merah dan putih. Mendekorasi rumah dengan nuansa kemerdekaan patut Anda coba bersama keluarga. Selain untuk membuat rumah menjadi lebih semarak, bisa dibilang mendekorasi dapat disebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air.

14 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

9 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Tepat Merancang Area Servis

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerja, ruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

7 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin