Tentu kita semua suka berada di ruangan yang nyaman. Anda bisa mengeksplorasinya dengan mengganti furniture ataupun mendesain ulang interior Anda. Namun Anda juga dapat melakukan beberapa hal ini untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih fresh dan baru tanpa harus repot melakukan perubahan besar. Di antaranya adalah dengan penataan / penempatan asesoris pendukung, penggunaan materi dekorasi yang sesuai kebutuhan, ataupun dengan menggunakan karya seni wallart di berbagai dinding ruangan yang sesuai dengan pribadi kita sendiri.

Desain Ruangan Rumah Minimalis

Foto: Chicken Skin Blue Black ©Spasium feat Natisa Jones

Artikel lainnya: 5 Ide Penyimpanan di Dapur Mungil

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan bila ingin menggunakan karya seni wallart untuk mempercantik ruangan:

Perhatikan komposisi warna ruangan Anda dengan komposisi warna pada wallart

Komposisi warna antara wallart dengan ruangan berperan penting dalam mendukung suasana.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 1

Foto: Candyland Runner ©Spasium feat Marcilea Adinda

Penggunaan wallart dengan tema warna yang sama dengan furniture menghadirkan kesan harmonis, seperti contoh di atas.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 2

Foto: Red Dream ©Spasium feat Septian Budiyanto

Penggunaan wallart dengan warna yang kontras dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 3

Foto: Untitled 7 ©Spasium feat Monica Hapsari

Penggunaan wallart dengan kombinasi warna cerah dengan elemen polos (empty space) yang dominan dapat memberikan kolaborasi visual yang selaras dan berimbang untuk ruangan minimalis, karena wallart dapat menjadi focal point dan aksentuasi pada ruangan semacam ini.

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Campin Pemanis Rumah

Perhatikan ukuran dan bentuk wallart untuk mengeksplorasi kesan luas dan mewah

Ruangan yang sempit dapat terkesan lebih luas, ruangan yang sederhana dapat terkesan lebih mewah dengan komposisi bentuk wallart yang tepat.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 4

Foto: Sleepless Generation ©Spasium feat Sanchia Hamidjaja

Penggunaan wallart dengan format horisontal / panorama dapat menghadirkan kesan luas untuk ruangan yang cenderung lebar. Bahkan wallart dengan format panorama dapat membuat ruangan terlihat lebih megah. Hindari penggunaan wallart panorama untuk ruangan kecil.

Desain Ruangan Rumah Minimalis 5

Foto: Above ©Spasium feat Aditya Putra

Penggunaan wallart dengan format kotak berukuran sedang bisa menjadi pilihan bila Anda ingin menghadirkan kesan lega untuk ruangan yang cenderung kecil.

Anda dapat mempercantik suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan menarik dengan melakukan eksplorasi wallart seperti yang sudah diulas diatas. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: 5 Cara Kreatif Memperluas Ruang dengan Cermin

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista