Foto: Modern Pantry ©Vindo Design

Salah satu ruang paling sibuk di dalam rumah adalah dapur. Dari pagi hingga petang, aktivitas tak pernah berhenti di ruangan ini. Para ibu selalu sibuk membuatkan makanan untuk keluarga di rumah. Bahkan, jika tak dipakai untuk memasak pun, terkadang area dapur yang memiliki meja bar pun sering digunakan untuk duduk santai sambil menikmati secangkir kopi.

Melihat banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan di dapur, sudah sepantasnya area ini didesain sedemikian rupa hingga menjadi area yang menyenangkan bagi para ibu yang selalu sibuk di  sini. Untuk itu, yuk mulai semarakkan suasana dapur Anda dengan memberikan warna ke dalamnya. Jangan hanya memberikan warna putih dan hitam di dapur. Mulai coba warna-warna lain untuk tampilan yang lebih ceria. Berikut inspirasinya.

Pilih Hijau Tosca

Meski mungil, dapur ini dapat tampil semarak dengan pencampuran warna putih dan hijau tosca.

Foto: Meski mungil, dapur ini dapat tampil semarak dengan pencampuran warna putih dan hijau tosca. Monochrome Interior House At Tambun ©VA'astu Arsitektur Studio

Untuk warna yang tidak terlalu bold, Anda bisa memilih warna hijau tosca. Tak perlu seluruhnya dicat dengan warna ini. Seperti dapur yang satu ini, cukup cat kabinet bawah dan beberapa kabinet atas dengan warna ini. Selebihnya, Anda tetap dapat mempertahankan warna asli dari kabinet sebagai penyeimbang.

 Bermain di Tegel dan Elektronik

Warna biru muda yang tampak kalem sangat pas untuk konsep dapur Skandinavia

Foto: Warna biru muda yang tampak kalem sangat pas untuk konsep dapur Skandinavia. Scandinavian Pejaten ©Interiores

Memberikan warna di dapur tidak harus di banyak sisi. Dapur ini hanya memberikan warna pada kulkasnya yakni warna biru muda. Kemudian pada bagian backsplash diberikan tegel dengan motif dan warna yang beragam. Cara ini cukup ampuh untuk menyemarakkan dapur Anda.

Semangat Berkat Si Merah

Backsplash dari kaca tepat diletakkan di belakang kompor sehingga mudah dibersihkan bila terkena cipratan minyak.

Foto: Backsplash dari kaca tepat diletakkan di belakang kompor sehingga mudah dibersihkan bila terkena cipratan minyak. Permata Mediterania Residence ©PGDS

Warna merah memang dipercaya dapat membangkitkan semangat seseorang. Untuk itu, contoh inspirasi dapur yang satu ini. Salah satu sisi dari backsplash diberikan warna merah terang. Namun, sisi yang lain tidak, hanya saja ditambahkan kaca sehingga terkesan semua sisi backsplash diberikan warna merah.

Baca Juga: Ubah Dapur Jadi Kekinian

Merah Muda untuk Si Shabby Chic

Warna putih yang bersanding dengan merah muda berhasil membuat dapur ini tampil begitu cantik.

Foto: Warna putih yang bersanding dengan merah muda berhasil membuat dapur ini tampil begitu cantik. http://www.bluprin.com/project/dgracias-kitchen-show ©DTarchitekt

Apakah Anda mengusung konsep Shabby Chic di hunian Anda? Jika ya, inspirasi dapur satu ini dapat menjadi pilihan. Tidak berlebihan, warna merah muda tepat diletakkan di bagian bawah  dari rak meja bar. Kemudian, Anda dapat manfaatkan warna vas bunga yang senada untuk menambah kecantikan dapur Anda. Tak lupa, pasangkan bantal motif bunga-bunga khas Shabby di kursi bar Anda.

Ceria Dengan Si Oranye

Dapur ini terbagi atas tiga warna yakni oranye, hitam dan putih.

Foto: Dapur ini terbagi atas tiga warna yakni oranye, hitam dan putih. Orange in Black and White Kitchen Set ©Michel Sen Architect

Pilihan warna lainnya yang dapat menampilkan kesan ceria adalah oranye. Warna yang identik dengan warna buah jeruk ini sangat pas untuk warna ruang dapur. Namun, Anda mesti pintar-pintar dalam mendesainnya. Jangan campurkan warna ini dengan warna yang terang juga. Anda dapat pilih warna monokrom yakni hitam dan putih agar tampilannya tidak terlihat norak.

Cokelat dan Hijau

Kombinasikan dapur bentuk L dengan perpaduan warna yang pas seperti cokelat dan hijau tosca

Foto: Kombinasikan dapur bentuk L dengan perpaduan warna yang pas seperti cokelat dan hijau tosca. Tuscany Kitchen ©WAI Architects

Tampak manis. Dapur ini mencampurkan antara warna cokelat dengan warna hijau tosca. Bukan pada dinding, melainkan penerapan dua warna ini ditempatkan pada kabinetnya. Pada kabinet yang besar (tempat kulkas), warna cokelat hadir di sini. Sedangkan pada ambalan dan hingga rak-rak bagian atas kabinet diberikan warna hijau tosca. Perpaduan yang cantik.

Ramaikan dengan Motif Tegel

Penggunaan warna cokelat pada furnitur dan kuning pada lampu membuat dapur ini terasa hangat.

Foto: Penggunaan warna cokelat pada furnitur dan kuning pada lampu membuat dapur ini terasa hangat. L Apartment ©Koerie Design

Kesan semarak di dapur tak hanya tampil dengan permainan warna saja. Anda dapat mencoba cara lain dengan mempergunakan tegel. Ya, beragam motif dan warna dari tegel dapat memberikan kesan ramai ke dalam ruang. Tambahkan hidden lighting agar tegel di backsplash dapat menjadi focal point.

Baca Juga: Renovasi Backsplash Dapur Dengan Motif Tegel

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

4 Pilihan Material Meningkat Rumah

Ada berbagai macam material yang bisa Anda pilih untuk menambah lantai atau meningkat rumah. Material yang paling sering digunakan adalah dak beton. Material ini banyak digunakan karena kekuatannya. Tapi risikonya, pengerjaan dak beton membutuhkan area yang cukup luas untuk aktivitas pencampuran material dan akan membuat area rumah Anda kotor.

23 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Cara Membuat Hunian Menjadi Ramah Anak

Banyak orang berpendapat bahwa rumah merupakan tempat paling aman. Ya, ini tidak salah karena rumah memang mampu melindungi anggota keluarga dari hujan, badai, dan panas matahari. Namun, tahukah Anda bahwa meski berada di dalam rumah, kecelakaan bisa saja terjadi terutama pada anak-anak. Rumah bisa menjadi area yang cukup berbahaya untuk si kecil. Aktifnya mereka dan tidak mengerti mana yang berbahaya dan yang tidak menjadi risiko si anak terkena benda tajam, tersetrum, hingga terpeleset. Oleh sebab itu, pastikan kondisi rumah Anda aman untuk meminimalkan risiko kecelakaan pada anak. Inilah beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ekstra dari Anda sebagai orang tua.

21 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Pentingnya Mengecek Struktur Sebelum Meningkat Rumah

Mengecek struktur bangunan rumah lama yang akan ditingkat adalah pekerjaan yang wajib Anda lakukan. Jangan pernah sesekali mengabaikan pekerjaan ini dan langsung meningkat rumah tanpa mengetahui apakah bangunan tersebut mampu menambah beban tambahan atau tidak. Jika tak kuat menahan beban, rumah Anda bisa saja ambruk seketika. Jika sampai terjadi, tentunya ini sangat merugikan Anda. Tak hanya Anda kehilangan uang yang sangat besar, tetapi ada potensi membahayakan nyawa Anda dan keluarga.

16 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Meningkat Rumah Cepat dan Hemat

Ketika jumlah keluarga bertambah, maka kebutuhan ruang pun ikut bertambah. Bila terbentur lahan, maka solusi satu-satunya adalah menumbuhkannya secara vertikal (menambah lantai ke atas). Dulu, menambah lantai (ngedak) kerap dilakukan dengan cara konvensional, yakni mengecor beton langsung di tempat. Namun, berkat perkembangan teknologi material,  pekerjaan ngedak bisa dilakukan dengan material instan yang praktis dan hemat waktu.

10 November 2017 / INTERIOR / By Bluprin