Foto: ©pinimg

Area yang satu ini biasanya identik dengan sifat kotor dan kerap disembunyikan. Bahkan area yang disebut sebagai area servis ini kerap tidak dimasukkan ke dalam rancangan desain sehingga kondisinya tidak terawat dan terkesan berantakan. Padahal, area servis memiliki peran penting karena merupakan area penunjang aktivitas utama di dalam rumah.

Yang termasuk ke dalam area servis antara lain dapur, ruang cuci-setrika-jemur, gudang, dan garasi. Di Indonesia, area servis sering kali identik dengan area kerjaruang tidur, dan kamar mandi asisten rumah tangga.

Area servis yang meliputi dapur, ruang cuci dan setrika

Foto: ©hgtvhome

Idealnya, area servis harus mudah diakses dan tidak mengganggu aktivitas lainnya. Dengan kata lain, inti dari area servis ini adalah alur sirkulasi dapat diakses dengan mudah oleh pemilik rumah, tetapi lokasinya tetap tersembunyi dari pandangan para tamu. Tidak heran, jika banyak pemilik rumah yang menempatkan area servis di bagian belakang rumahnyaHanya, keterbatasan lahan yang dimiliki hunian sekarang membuat pemilik rumah harus merancang dengan tepat keberadaan area servis ini.

Tidak Ada Standar Ideal

Pada dasarnya, area servis tidak memiliki pakem khusus mengenai ukuran luas ruangnya. Bila lahan rumah Anda luas dan masih memiliki area kosong yang tidak terpakai, maka area servis dapat dibuat dengan leluasa. Beda halnya dengan mendesain area servis di lahan terbatas.

Artikel lainnya: Tip Menyiasati Hunian Mungil

Luasan ruang servis bergantung pada kebutuhan penghuni

Foto: ©pinimg

Ukuran ruang servis sangat bergantung kepada kebutuhan pengguna, jumlah pengguna, dan luas area yang tersedia. Selain itu, juga bergantung kepada konsep ruang yang diinginkan. Untuk mengetahui berapa ukuran yang diperlukan, Anda dapat mengasumsikannya dengan melihat kebutuhan, konsep ruang, luas area, dan jumlah pengguna.

Mendesain ruang servis di lahan terbatas dibutuhkan desain yang efeketif dan efisien

Foto: ©hgtvhome

Misalnya, kebutuhan pengguna yang memiliki hobi memasak, maka ukuran dapur harus dibuat lebih besar. Sementara itu, bila luas area rumah lebih kecil maka ukuran area servis pun dibuat lebih kecil pula. Sehingga, ukuran area ini pun sangat fleksibel mengikuti luas area yang tersedia.

Bila Lahan Terbatas

Merancang area servis di lahan terbatas dapat diakali dengan menggabungkan dua ruang sekaligus. Misalnya, area dapur yang menyatu dengan ruang cuci jemur. Pada kebanyakan rumah tinggal, area servis biasanya di tempatkan di area belakang rumah.

Posisi area servis tidak harus di bagian belakang rumah

Foto: ©pinimg

Namun, pada dasarnya area servis diletakkan sesuai dengan kebutuhan ruang, frekuensi aktivitas, serta konsep ruang yang diinginkan. Area servis yang diletakkan di bagian belakang rumah menandakan bahwa pemilik rumah memisahkan secara tegas area penunjang dengan area publik dan privat.

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

Area servis diletakkan sesuai kebutuhan ruang

Foto: ©homebnc

Saat ini, mulai banyak orang yang berani menempatkan area servis di depan hunian. Tujuannya, selain untuk memudahkan akses, juga dapat mencegah akses orang asing masuk ke rumah terlalu dalam. Dengan begitu, area servis tidak lagi perlu mempermasalahkan ruang. Asal mudah diakses dan memiliki alur sirkulasi yang jelas, serta mendukung aktivitas utama, area servis pun dapat diletakkan di mana saja.

Kemudahan akses menjadi faktor penting yang menentukan peletakkan ruang servis

Foto: ©homebnc

Artikel lainnya: Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Pentingnya Skylight pada Hunian

Salah satu solusi terbaik untuk memasukkan cahaya alami serta udara ke dalam rumah selain menggunakan jendela adalah dengan membuat bukaan pada atap atau biasa disebut skylight. Sebenarnya, skylight hampir serupa dengan jendela, yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

22 August 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

Rancangan desainer dan arsitek Jepang terkenal dengan prinsip minimalismenya. Mereka menerapkan kesederhanaan Zen, yang juga menjadi tren di negara-negara Barat saat ini. Kesederhanaan desain ala Jepang yang memberikan pengalaman damai ini tentunya bisa kita terapkan apalagi lebih lagi bagi kita yang ingin memiliki tempat istirahat di kota yang sibuk dan padat.

20 August 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista

Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

Bangunan berfungsi baik apabila ruang di dalamnya dapat efektif dan nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak dapat dipungkiri, selain ketersediaan ruang, konsep dan suasana ruang dalam menjadi kebutuhan penghuni untuk menciptakan kenyamanan. Hal ini membuat desain interior menjadi kebutuhan banyak orang. Sebelum menentukan desainer interior pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya jasa desainer interior dari kebutuhan ruang yang akan dirancang.

17 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri

Inspirasi Dekorasi Warna Merah: Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya sejak 72 tahun silam. Tidak hanya itu, hari kelahiran bangsa ini menstimulasi tren pemakaian warna merah. Demi menyambut semarak hari kemerdekaan Indonesia, berikut inspirasi dekorasi warna merah yang dapat diterapkan pada hunian Anda!

15 August 2017 / INTERIOR / By Aisya Putri