Foto: Rumah Puri Surya Jaya ©Andyrahman Architect

Tinggal di negara tropis membuat Anda terbiasa hidup dengan hawa panas. Belum lagi jika tinggal di kota besar, di mana hawa terasa lebih panas karena banyaknya kendaraan dan sedikit pohon. Umumnya masyarakat memilih untuk menggunakan pendingin ruangan (air conditioner/AC) sebagai solusi cepat mendinginkan hawa dalam rumah.

Tapi hal tersebut tentunya membawa konsekuensi tagihan listrik yang tinggi. Adakah cara untuk memiliki rumah yang sejuk dengan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan?

Mengoptimalkan Pergerakan Udara dengan Membuat Lubang Angin

Budisari Residence oleh ARCHID design&build - Menggunakan Ventilasi Udara pada Rumah Tinggal

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Banyak orang merancang rumahnya agar tidak memiliki lubang angin dan hanya jendela saja. Hal ini sebenarnya merugikan bagi penghuni rumah karena membatasi pergerakan angin di dalam rumah. Udara bergerak (angin) terjadi paling maksimal jika ruangan dapat dilalui udara dari dua sisi.

Diagram Sirkulasi Udara dalam Bangunan

Foto: Diagram Sirkulasi Udara dalam Bangunan ©autodesk

Di sisi lain, tidak adanya lubang angin juga membahayakan karena meniadakan pertukaran udara dari dalam ke luar rumah. Jika anda takut rumah anda dipenuhi dengan nyamuk dan serangga lainnya, pemasangan kawat nyamuk bisa menjadi solusi.

FULMAR House oleh RDMA - Menggunakan Kisi pada Hunian untuk Sirkulasi Udara yang Baik

Foto: FULMAR House ©RDMA

Artikel Lainnya: Tip Agar Hunian Ramah Penyandang Disabilitas

Menghindari Cahaya Matahari Langsung

Tinggal di daerah tropis dengan cahaya matahari yang selalu ada sepanjang tahun sebenarnya merupakan suatu berkah, Anda tidak perlu memasang pemanas ruangan dan menyalakan lampu terlalu lama. Namun begitu, jika cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah, hal ini dapat membuat rumah menjadi panas dan tidak nyaman.

DAN House oleh RDMA - Atap Rumah dengan Tritisan Atap yang Lebar

Foto: DAN House ©RDMA

Dalam merancang rumah, sebaiknya jendela-jendela dirancang agar tidak berada di sisi timur dan barat dikarenakan di kedua sisi inilah matahari terbit dan terbenam. Tetapi jika lahan yang dimiliki tidak memungkinkan, Anda dapat merancang kanopi untuk mencegah cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah.

Babatan House oleh AIGI Architect + Associates - Rumah Tinggal dengan Kanopi Lebar

Foto: Babatan House ©AIGI Architect + Associates

Menanam Tumbuhan Hijau

Tip yang ini tidak hanya membuat rumah anda menjadi lebih sejuk tapi juga membuat udara di rumah Anda lebih segar. Menanam pohon terbukti membuat suhu udara di sekitar bertambah sejuk 3-40 Celcius.

DJ House oleh Sontang M Siregar - Menanam Pohon untuk Kesejukan Rumah

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Jika rumah Anda mungil dan tidak memiliki halaman untuk menanam pohon, merawat tanaman dalam pot dan tanaman gantung dapat menjadi solusi. Tanaman gantung juga bisa ditempatkan di depan jendela, mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk langsung ke dalam rumah.

Budisari Residence oleh Archid Design and Build - Memanfaatkan Dinding Rumah untuk Vertical Garden

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Demikian beberapa tip sederhana yang dapat diterapkan di rumah Anda. Rumah semakin sejuk, tagihan listrik pun berkurang. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

27 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

21 September 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

18 September 2017 / INTERIOR / By Jovita Calista